Menggoda Selera! Kuliner Khas Batak yang Wajib Dicoba

Salah satu suku dengan kekayaan budaya yang sangat popular ialah suku batak. Suku ini tinggal di Provinsi Sumatera Utara, namun Anda bisa bertemu berbagai masyarakat suku Batak di seluruh pulau Sumatera.

Hingga kini, suku ini memegang teguh budaya dan keaslian leluhur mereka. Anda dengan mudahnya bertemu orang suku Batak yang masih melestarikan acara adat istiradat, baju tradisional, hingga makanan khasnya.

Ada berbagai jenis makanan tradisional khas Batak yang bisa Anda jumpai di pulau Sumatera, bahkan di seluruh Indonesia. Setiap masakan memiliki citra rasa khas yang menjadi pembeda dengan masakan suku lainnya.

Meski identic dengan cita rasa pedas seperti halnya masakan Padang, namun cita rasa pedas khas Batak sedikit berbeda. Biasanya rasa pedas berasal dari bumbu andaliman.

Tak perlu berlama-lama, mari kita simak beberapa makanan khas Batak yang wajib Anda coba.

 

Arsik

Bagi para pecinta kuliner, terutama yang berasal dari Sumatera mungkin sudah tak asing lagi dengan masakan yang satu ini. Arsik merupakan makanan khas Batak, terbuat dari daging ikan dengan berbagai bumbu rempah di dalamnya seperti kunyit dan asam, serta andalannya yaitu bumbu andaliman.

Masakan arsik umumnya disajikan untuk acara tertentu, seperti pesta atau acara adat, hingga sebagai sajian saat keluarga berkumpul.

Uniknya, Arsik menyimpan filosofi atau arti dari setiap penyajiannya. Dengan begitu, Anda tak perlu heran jika penyajian makanan ini juga cukup berbeda dari yng lainnya. Soal kelezatannya? Tak perlu diragukan lagi!

 

Naniura

Sama seperti Arsik, masakan khas Batak yang satu ini berbahan dasar ikan. Bagi para pecinta sushi, tentu harus mencoba masakan ini karena sering dibilang sebagai sushinya orang Sumatera Utara.

Naniura sendiri merupakan makanan berbahan dasar ikan mas mentah dengan tambahan bumbu rempah yang nikmat serta perasan air asam pada ikan. Inilah yang membuat Naniura semakin lezat.

Tak perlu ragu dengan rasanya, telah dibuktikan dengan banyaknya wisatawa yang datang ke Sumatera Utara dan mencoba masakan yang satu ini.

Terlebih lagi dengan ikan yang digunakan di menu Naniura sangat terbatas dan yang mudah ditemui di perairan Danau Toba.

 

Kopi Silintong

Minum kopi di kafe-kafe kota sudah biasa. Namun, sudah pernah mencoba kopi yang satu ini?

Kopi silintong merupakan salah satu jenis kopi white yang terkenal, dengan aroma yang kuat serta rasa tak kalah nikmat dari kopi di kafe-kafe kesayangan Anda.

Kopi ini bertekstur cukup kental untuk sebuah kopi white, rendah kafein, dan dapat dikonsumsi berbagai kalangan usia. Kini, kopi silintong bisa dengan mudah Anda temukan karena telah diproduksi masal.

baca juga:

Jelajah Daratan Kroasia, Serunya Menemukan Reruntuhan Kuno dan Kota Mistis Tersembunyi

 

Lapet

Masakan yang satu ini merupakan makanan ringan dengan rasa begitu lezat. Lappet biasanya disajikan pada acara adat atau saat keluarga berkumpul.

Proses pembuatannya tidak memakan waktu lama. Rasanya yang lezat membuat kue ini diburu oleh wisatawan untuk dicicipi dan di jadikan oleh-oleh.

 

Mie Gomak

Mie Gomak merupakan mie kuning yang terbuat dari mie lidi. Sekilas, mie ini terlihat mirip dengan Spagheti. Mie Gomak biasanya menjadi menu sarapan pagi yang diincar wisatawan lokal maupun mancanegara.

Gomak sendiri berarti menggunaka tangan, itu karena mie ini disajikan langsung dengan tangan. Namun tak perlu heran jika melihat pedagang yang menyajikannya dengan centong atau sumpit.

Anda bisa mencoba mie gomak dalam dua versi, yaitu berkuah dan tidak berkuah. Yang mana kesukaan Anda?

 

Pohul-pohul

Mendengar nama jajanan ini memang sedikit menarik dan lucu. Bentuk kue yang sebesar kepalan tangan ini menjadi asal isil nama Pohul-pohul yang berarti kepalan tangan.

Kue ini berbahan dasar sama seperti lappet, perbedaan signifikan hanya terletak di bentuknya saja. Tak kalah dengan lappet, Pohul-pohul juga menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Medan atau Sumatera Utara.

Tak hanya ke 6 makanan di atas, masih banyak masakan khas Batak yang harus Anda cicipi saat bertandang ke Sumatera.

 

Jika rindu akan rasa khas nya, cobalah berkunjung ke berbagai restoran Batak di lokasi terdekat. Dari 6 masakan di atas, manakah yang pernah Anda coba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.