Menggali Wisata Alam Unik Pulau Lampu, Pangkal Pinang

Pulau Lampu – Terletak di ibukota Bangka Belitung Kota Pangkalpinang Kecamatan Belinyu. Jika pertama kali menginjakkan kaki di Belinyu ini sensasi yang diciptakan oleh kecamatan yang terkenal dengan otak-otak paling enak di Bangka sungguh menjadi daya tarik tersendiri. Dilengkapi dengan pepohonan yang rindang, pantai yang berpasir putih dan bebatuan granit di sekelilingnya, air laut yang jernih dan yang paling menjadi ciri khas Pulau Lampu adalah terdapat mercusuar. Mercusuar yang menjulang tinggi ini yang menjadikan pulau ini dinamakan Pulau Lampu, cahaya yang dihasilkan dari mercusuar menjadi sumber cahaya terang yang diibaratkan lampu.

Mercusuar ini termasuk bangunan peninggalan Belanda di tahun 1893 dengan tinggi 50 meter. Kita bisa menikmati suguhan alam dari kejauhan yang biru, keindahan hamparan lautan biru yang bertatahkan pulau-pulau kecil serta laut yang tenang di Pantai Lampu ini dengan berada diatas mercusuar. Berlibur di Pulau Lampu ini bisa melepaskan penat akibat aktivitas sehari-hari karena disini kita bisa bermain sepuasnya sampai kapanpun di pantai. Sedikitnya wisatawan asing dan lokal yang mengakses pulau ini menjadikan pulau ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Kita bisa bermain air, membangun istana pasir jika membawa balita, snorkeling. Namun untuk snorkeling di Pulau Lampu ini kita harus membawa peralatannya sendiri dari rumah, karena pulau ini tidak ada tempat untuk menyewakan alat snorkeling.

Alat Transportasi         

Pemandangan yang memanjakan mata kita ini tak cukup hanya dari satu sisi pantai saja, kita juga bisa untuk berkeliling pantai dengan menyewa perahu mesin atau biar lebih sehat lagi kita bisa berjalan kaki. Jika berjalan kaki kita lebih bisa menikmati hawa atau budaya masyarakat Pulau Lampu karena kita akan melewati rumah-rumah penduduk sekitar.

Berkeliling dengan memilih menggunakan perahu mesin ini memang alternative yang cepat , namun soal harga kita harus melakukan negosiasi kepada pemilik perahu. Biasanya dalam satu perahu bisa memuat hingga 12 penumpang dengan biaya kurang lebih Rp 100.000 hingga 200.000. Jangan lupa setelah sampai di tempat tujuan kalian harus mencatat nomor telepon pengemudi boat, karena ditakutkan pada saat kita sudah selesai menikmati panorama pantai dan sekitarnya , kita tidak dijemput kembali. Waktu yang diperlukan untuk berkeliling menggunakan perahu ini tidaklah banyak melihat pulau ini bisa dibilang kecil.

Perlengkapan dan Kehidupan Sosial

Jangan lupa kita siapkan kamera yang bagus untuk menangkap setiap sudut keindahan Pulau Lampu. Bagi kalian yang sangat mendambakan mendapatkan hasil potret yang maksimal, bisa banget untuk mampir ke rumah masyarakat sekitar agar bisa menangkap semua momen kebiasaan masyarakat sekitar.

Membicarakan soal perlengkapan yang harus dibawa sendiri. Hal yang sama juga harus kita siapkan yakni membawa bekal makanan sendiri. Hal ini sangat dianjurkan bagi wisatawan karena tidak adanya warung atau bahkan supermatket. Kita bisa mempersiapkannya mulai dari minum,snack, serta makanan berat.

Alam yang luar biasa indahnya, keanekaragaman budanya, dan uniknya makanan-minuman yang khas di Pangkalpinang. Patut dijadikan destinasi saat kalian berlibur membutuhkan tempat wisata yang super komplit. Wisata kuliner tersebut bisa kita temui di Kelekak. Di sana kita bisa mengetahui bagaimana rasa unik dari makanan-minuman ciri khas Bangka. Mengenal bagaimana budaya orang Bangka dan tarian khas Bangka. Serta kebiasaan warga Bangka yang tidak kita temui di lingkungan tempat tinggal kita.

Apalagi kini sudah tersedianya penerbangan yang langsung menuju Pangkalpinang. Untuk memudahkan wisatawan asing maupun lokal. Agar bisa langsung terbang dari kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Wisata Bahari

Wisata bahari yang dimiliki Pangkalpinang dapat kita kunjungi. Untuk berpartisipasi memajukan pariwisata Indonesia di mata dunia. Jadi, kita sebagai masyarakat Indonesia wajib untuk terus menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Dengan memelihara dan ikut serta mempromosikan keindahan alam di Indonesia ini.

Tetap memelihara dan menjaga kelestarian alam. Agar keindahannya terjaga dan terkenal di mata dunia. Banyak potensi yang bisa mengangkat suatu pulau menjadi terkenal yaitu dengan kesadaran masyarakat itu sendiri. Serta adanya investor yang ikut andil dalam pengembangan pulau tersebut. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *