Mengenal Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan Jakarta

Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan – Penggemar lukisan? Bila Anda adalah penggemar karya seni yang satu ini juga kegiatan lukis melukis sekaligus, mungkin Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan (MUPH) adalah tempat yang wajib Anda kunjungi. Museum ini berlokasi di Jl. Menara Asia Lt.10, Bulevard,Diponegoro 101, Lippo Karawaci, Tanggerang dan bisa Anda kunjungi mulai Senin hingga Jumat dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Namun, sebelum datang berkunjung tak ada salahnya Anda mengetahui sedikit informasi tentang museum ini. Penasaran? Yuk, ikuti ulasan tentang Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan berikut ini…

Pendiri Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan

Siapa orang dibalik berdirinya Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan? Dialah pengusaha sukses pemilik Grup Lippo, James Riady, yang awalnya mencetuskan ide untuk mendirikan museum. Tak heran bila sebagian besar lukisan yang dipajang di museum ini adalah koleksi milik keluarga pengusaha Mochtar Riady dan juga putranya, James Riady, yang tenu saja telah dihibahkan untuk museum.

Asal Mula Dibangun

Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan merupakan sebuah pusat studi seni dan menjadi bagian dari Universitas Pelita Harapan. Museum ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan institusi pendidikan pada bidang seni rupa Indonesia yang kini perkembangannya sudah semakin pesat. Selain itu, didirikannya Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan ini juga memiliki tujuan untuk memberikan nuansa dan pemahaman dalam bidang seni pada kehidupan masyarakat, memberi ruang pengembangan ilmu pengetahuan dan apresiasi terhadap seni rupa Indonesia.

Menempati Gedung Menara Matahari di Lantai 3. Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan hingga kini telah memiliki sekitar 880 lukisan. Dengan beragam perupa mulai dari Raden Saleh, kelompok perupa Mooi Indie. Yang terdiri dari perupa Eropa yang tinggal di Indonesia pada masa penjajahan Belanda, kelompok perupa Persagi, perupa modern Indonesia. Hingga perupa karya-karya kontemporer. Karena keterbatasan ruang, lukisan yang dapat dipamerkan digaleri hanya sekitar 35 hingga 40 buah saja. Sayang sekali bukan?

Koleksi benda museum

Museum ini tak hanya memamerkan koleksi lukisan. Tapi juga mempunyai koleksi buku-buku perpustakaan literatur asing tentang seni rupa, arsitektur, permuseuman, dan sejarah. Serta katalog pameran lukisan baik dari dalam maupun luar negeri. Museum ini juga menyimpan database tentang perupa Indonesia yang pernah jaya. Total terdapat sekitar 1850 buah buku di perpustakaan museum.

Sebelum resmi dibuka pada 24 April 2000 (bertepatan dengan pembukaan Olimpiade Fisika Asia).  Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan sudah melakukan berbagai persiapan sejak 1993, seperti pengumpulan karya-karya seni rupa.

Museum untuk b\ahan edukasi

Sebagai bagian dari Universitas Pelita Harapan yang tak terpisahkan. Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan menyediakan sarana bagi seluruh mahasiswa UPH dan juga para pengunjung yang datang ke museum. Untuk melakukan penelitian baik itu penelitian primer maupun sekunder. Untuk penelitian primer, mahasiswa dan pengunjung dapat meneliti hasil karya seni yang ada di galeri museum secara langsung.

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta

Diharapkan dari kunjungan-kunjungan yang dilakukan. Baik itu dalam kelas-kelas apresiasi seni ataupun kunjungan perorangan, dapat memberikan gambaran dan juga pengalaman yang terkait dengan sejarah dan keindahan seni rupa Indonesia. Sedangkan untuk penelitian sekunder, mahasiswa dan pengunjung dapat memanfaatkan koleksi Perpustakaan museum dan menjadikannya sebagai sumber referensi yang sangat baik. Koleksi pepustakaan yang lengkap juga dapat dimanfaatkan untk membantu pengerjaan tugas-tugas para mahasiswa. 

Pameran ke luar negeri

Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan telah berpartisipasi dalam berbagai pameran, baik kelompok maupun tunggal. Pada 1998, MUPH menyelenggarakan pameran “The Optimist: Sudjojono” yang juga diadakan di Universitas Pelita Harapan sebagai dukungan dan perayaan open house universitas. Pameran umum ini banyak mendapat dukungan dari pecinta seni di seluruh Nusantara. Lukisan MUPH juga dipamerkan di luar negeri, seperti di Singapura, Australia, Hawaii, Belanda serta Korea.      

Tertarik untuk berkunjung ke Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan?  Ayo, tunggu apa lagi. Bila merasa sepi pergi sendiri. Anda dapat mengajak serta sahabat, pasangan maupun buah hati tercinta karena tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi dan bisa Anda jadikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga.

Untuk mencapai lokasi museum, Anda dapat menggunakan bus Lippo Karawaci yang shuttle dengan jadwal waktu pasti. Bus ini bisa Anda naiki dari Grogol, Blok M dan  Wisma Graha Citra Jalan Gatot Subroto. Selamat berkunjung! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *