Mengenal Lebih Jauh Dua Tanjung di Pulau Karimun

Tanjung Balai Karimun – Pulau Karimun adalah pulau yang berstatus Free Trade Zone. Hadir dengan masyoritas penghuninya adalah masyarakat bersuku Melayu, pulau ini menyuguhkan berbagai macam keunikan tersendiri.

Pulau Karimun ini memiliki  dua tanjung yang memiliki cerita dan sejarahnya serta destinasi wisata yang indah untuk bisa Anda kunjungi. Mari simak bersama!

Melihat Lebih Dekat Tanjung Balai Karimun

Tanjung Balai Karimun yang disingkat sebagai TBK  ini ternyata merupakan ibukota Kabupaten Karimun Kepulauan Riau.Tanjung Balai merupakan daerah perdagangan yang cukup strategis karena terletak persis di jalur pelayaran Internasional, ditambah jarak antara Negara tetangga hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit. Tanjung Balai Karimun berada di atas dataran yang menjorok ke laut. Ada sekitar 48 buah pulau dengan luas wilayah sekita 275 m2 .

TBK- Tanjung Balai Karimun memiliki sejarahnya sendiri. Konon dulunya pada masa kejayaan Kerajaan Indrasakti berkedudukan di Pulau Penyengat, pulau ini tidaklah aman dikarenakan banyaknya lanun [perompak] namun Raja Riau-Lingga berhasil membuat lanun [Perompak] tidak membuat keonaran dan mengganggu keamanan dengan cara mengangkat kepala lanun sebagai batin pertama di daerah tersebut.

Nama TBK- Tanjung Balai Karimun berasal dari seorang pedagang dari Gujarat [India], namun terdapat juga versi yang mengatakan bahwa nama tersebut adalah dari sepasang suami istri.

Rute Menuju TBK – Tanjung Balai Karimun

Jika Anda ingin mengunjungi TBK – Tanjung Balai Karimun ini, Anda bisa turun di Batam dan dilanjutkan menyebrang menggunakan kapal Feri. Sedangkan jika perjalanan Anda dimulai dari Tanjung Pinang Anda bisa menggunakan Operator Pelayaran MV. Arena dari Terminal Feri Sri Bintan Pura.

Jika Anda sudah sampai di  TBK – Tanjung Balai Karimun, Anda bisa menggunakan kendaraan yang mayoritas digunakan oleh  masyarakatnya disana sebagai angkutan umum yakni Oplet sebagai angkutan utama. Rute Oplet ini melewati Tanjung Balai hingga ke Meral. Nah selain itu Anda juga bisa naik bus untuk sekedar berkeliling di TBK – Tanjung Balai Karimun.

Destinasi Wisata  TBK – Tanjung Balai Karimun

TBK-Tanjung Balai Karimun merupakan tempat yang memiliki destinasi wisata yang cukup banyak. Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke TBK –Tanjung Balai Karimun, pasalnya di kota ini terdapat tempat-tempat unik yang bisa menjadi tujuan liburan anda. TBK- Tanjung Balai Karimun menyuguhkan pantai-pantainya yang indah seperti Pantai Telunas dengan keindahan dan keunikan rumah penginapan, Pantai Pongkar dan air terjunnya, Pantai Palawan yang banyak sekali bebatuan serta berbagai macam wisata, baik wisata religi, sejarah, alam bahkan bahari.

Jika Anda berniat untuk bermalam di TBK- Tanjung Balai Karimun, karena di sana Anda akan menemukan berbagai macam hotel mulai dari kelas yang berbintang hingga yang tidak seperti misalnya Holiday Karimun Hotel, Pardise Hotel atau Aston Karimun Hotel. Semua dapat Anda sesuaikan dengan budget masing-masing.

Baca juga: Liburan Seru ke Tempat Wisata di Bangka Belitung Ini

Nah, yang paling ditunggu-tunggu adalah pusat perbelanjaan. Di Karimuna memang tidak memiliki Shopping Center  layaknya di Batam namun jika Anda ingin berbelanja buah tangan khas Pulau Karimun, maka jangan khawatir karena Anda bisa mengunjungi pusat perbelanjaan yang bisa Anda temui di sepanjang jalan Nusantara yang berbentuk toko-toko.

Tak Hanya Tanjung Balai Karimun Tetapi Juga ada Tanjung Batu

Berbeda dengan Tanjung Balai Karimun yang merupakan kota kabupaten, Tanjung Batu justru  merupakan sebuah desa yang menjadi ibukota kecamatan  di kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun. Tanjung Batu merupakan salah satu kelurahan dari tiga kelurahan. Konon, berasal dari nama sebuah bunga yaitu bunga Tanjung di atas sebuah batu.

Di Tanjung Batu ini terdapat sebuah keunikan yaitu terdapat di Pantai Gading, Tanjung Batu. Nah, jika Anda berkunjung ke desa ini terdapat tangga yang menurut masyarakat di sana merupakan tangga keramat. Tangga tersebut bernama tangga Gading.

Tapaki 60 anak tangga

Uniknya tangga yang berjumlah kurang lebih 60 buah ini jika Anda menghitung saat di awal naik akan berbeda dengan ketika Anda menghitung di saat turun. Namun konon katanya hanya orang-orang tertentulah yang bisa merasakannya. Anda bisa menjumpai tangga ini setelah melewati jalan berbatuan sejauh 300 meter. Dari arah Pantai Gading yang memiliki pasir yang putih. Selain itu, dibutuhkan daya tahan fisik dan stamina yang prima untuk bisa melewati anak tangga yang cukup banyak tersebut.

Tidak hanya Pantai Gading yang terdapat di Tanjung Batu namun juga beberapa destinasi wisata lain yang bisa mengisi liburan anda. Nah, jika Anda ingin berkunjung ke Gading sekaligus menikmati pantainya. Anda bisa memulai perjalanan dari Tanjung Batu kota, karena jaraknya tidak begitu jauh.

Jika Anda ingin mengunjungi Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Batu maka persiapkan keperluan. Termasuk kamera untuk mengabadikan momen perjalanan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.