Mengenal Lebih Dekat 3 Keunikan “Tanjung” di Bintan

Tanjung Pinang – Bagi Anda yang menyukai menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat dalam mengisi waktu liburan, Pulau Bintan wajib menjadi salah satu daftar perjalanan yang harus dijelajahi, meskipun ada banyak wisata indah yang disuguhkan Indonesia untuk kita seperti Wkatobi misalnya atau Lombok.  Namun Bintan dengan segala keindahan dan segala bentuk ciri khasnya, tentulah akan begitu berbekas bagi siapapun yang datang berkunjung ke sana.

Pulau yang bernaung dalam Kepulauan Riau ini, memang lengket dengan adat Melayunya, hal ini jelas tergambar pada beberapa bangunan yang berhias warna-warna kuning serta bahasa  dan dialek Melayu yang kental tentunya. Selain itu keunikan Pulau Bintan ini ialah memiliki nama- nama daerah yang penyebutannya awalnya menggunakan kata ‘Tanjung’. Jika Anda berkunjung ke pulau yang kaya akan keindahan alam laut dan pulaunya ini jangan lupa berkunjung kesalah satu ‘Tanjung’ yang terdapat di sana.

Makna Tanjung

‘Tanjung’ sendiri berarti adalah daratan yang menjorok atau menonjol ke laut.  Tanjung banyak ditemui di sekitar pantai, terutama pulau-pulau besar  di wilayah Kepulauan. Nama ‘Tanjung’ memang seringkali menjadi nama awalan daerah yang banyak ditempati penduduk asli suku Melayu. Seperti di Pulau Kalimantan misalnya, di sana justru penggunaan ‘Tanjung’ dipakai pada beberapa nama desa yang terletak di pinggiran sungai. Tentunya setiap tanjung memiliki ciri khas masing-masing. Penasaran apa saja ‘Tanjung’ tersebut dan keunikannya?Yuk simak sama-sama ulasan berikut .

Tanjung Pinang

Kota Tanjung Pinang merupakan Ibu Kota provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.  Memiliki banyak area wisata dan tentunya pintu masuk utama Pulau Bintan adalah Tanjung Pinang. Anda bisa singgah di Pelabuhan Sri Binta Pura menggunakan kapal Feri.  

Baca Juga: Serunya Jelajahi Pesona Pulau Bintan

Kota Tanjung Pinang yang berada pada koordinat 104027 Bujur Timur ini memiliki banyak sekali destinasi wisata seperti, Pantai Trikora dan area Pulau Penyengat yang berjarak kurang lebih 2 mil dari pelabuhan

Tanjung Uban

Tanjung Uban merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bintan Utara. Penduduk asli di Tanjung Uban mayoritas asli suku Melayu. Nama Tanjung Uban memang cukup menarik untuk diulas bagaimana sejarahnya. Konon nama Tanjung Uban ini berasal dari sebuah pohon yang telah berusia tua dan memiliki daun dan akar berwarna putih yang menjutai ke bawah, akar dan daun yang berwarna putih ini jika dilihat dari laut seperti uban atau rambut yang telah berubah menjadi putih.

Jika Anda berkunjung ke Tanjung Uban, jangan khawatir hanya singgah tanpa menemukan keindahan. Di sini Anda akan bisa melihat dan beribadah di bangunan masjid nan indah yang berdiri di atas bukit. Masjid tersebut bernama Masjid Baitul Makmur Tanjung Uban. Tempat ibadah ini memiliki keindahan sendiri yang membuat pikiran menjadi tenang.

Tanjung Uban memiliki pantai yang begitu indah yaitu Pulau Sakera. Pulau sakera terletak tepat di Kelurahan Tanjung Uban Utara, 10 menit dari Kota Tanjung Uban.

Tanjung Berakit

Tanjung Berakit merupakan salah satu detinasi wisata yang terus dikembangkan oleh pemerintah Pulau Bintan. Pemerintah setempat juga sedang mengupayakan pengembangan pembangunan Pelabuhan Internasional Tanjung Berakit hal ini akan menjadi salah satu upaya menarik minat para wisatawan untuk datang ke Tanjung Berakit. Jika Anda mengunjungi Tanjung Berakit jangan lupa untuk melihat keindahan ‘Kampung Wisata Panglong’ yang terletak kurang lebih 200 meter dari pelabuhan Internasional Tanjung Berakit.

Di Kampung WIsata Panglong yang terdapat di desa Berakit ini memiliki keunikan tersendiri. Jika Anda mengujungi tempat ini, Anda akan melihat rumah-rumah yang terbuat dari tumpukan batu bata mnyerupai rumah orang-orang ‘Eskimo’. Rumah-rumah ini berfungsi sebagai tempat pembuatan arang, namun saat ini pembuatan arang sudah diberhentikan oleh pemerintah setempat.

Selain itu, tentunya Tanjung Berakit memiliki pantai yang indah yang bisa menyegarkan mata para wistawan. Anda perlu sekali mencicipi keindahan pantai di Tanjung Berakit ini.

                                 

Nah, bagaimana? Anda pasti tertarik mengunjung 3 Tanjung di atas. Semoga informasi di atas dapat menjadi acuan liburan Anda dan keluarga.  Selamat berlibur! (jariadventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *