Mengeksplor Keindahan Pulau Morotai Yang Penuh Dengan Sejarah

Maluku Utara menyimpan potensi wisata yang cukup besar. Salah satunya adalah Pulau Morotai. Mungkin belum banyak yang mengetahui destinasi wisata mengagumkan ini, karena lokasinya yang cukup jauh dan sulit. Pulau ini dikelilingi oleh lautan luas, yaitu Samudra Pasifik, Laut Sulawesi, Laut Halmahera, dan Selat Morotai. Selain itu pulau ini bisa dikatakan sangat dekat dengan dua negara tetangga, yaitu Republik Palau dan Philipina.

Bagi rekan traveler yang ingin menilik keindahan pulau ini, bisa menggunakan moda transportasi udara menuju Bandara Sultan Babullah di Ternate. Setelah itu traveler bisa memilih untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Morotai menggunakan jalur udara maupun laut. Bagi mereka yang memilih jalur laut dapat menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Ahmad Yani di Kota Ternate menuju kota Daruba di Pulau Morotai. Sayangnya, jadwal kapal feri ini hanya tiga kali seminggu.

Sarana transportasi darat yang menghubungkan desa dan kecamatan di Pulau Morotai sendiri sudah cukup lengkap. Traveler dapat memilih dari antara ojek, sepeda motor, becak, angkutan umum, maupun bis. Sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki ya.

Sebagian besar penginapan di Pulau Morotai bisa kamu temui di kota Daruba, yang merupakan ibukota Kabupaten Pulau Morotai. Bagi kamu yang ingin lebih berhemat dalam travelling di Pulau Morotai, kamu juga bisa memilih beberapa home stay yang disediakan oleh warga setempat.

Sekali melangkahkan kaki ke Pulau Morotai, manfaatkan waktu untuk mengunjungi beberapa tujuan wisata. Salah satunya adalah Tanjung Gorango, yang berlokasi di di antara desa Gorua dan Korago, kecamatan Morotai Utara. Tempat ini akan membuatmu terkagum-kagum akan keindahan alamnya, laut nan biru, pepohonan hijau, dan hamparan pasir putih di sepanjang tepi pantai. Dari kota Daruba menuju ke Tanjung Gorango ini memakan waktu sekitar 3 jam. Tempat ini masih belum memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga kamu perlu mempersiapkan bekal terlebih dahulu sebelum berkunjung di tempat ini.

 

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata yang Ada di Pulau Morotai (Bag. 4)

 

Belum puas menjelajahi wisata bahari yang ditawarkan, coba deh ke Pantai Gorua, yang tidak jauh dari Tanjung Gorango, yaitu di desa Gorua, Kecamatan Marotai Utara. Selain dikenal dengan keramahan warganya, di pantai ini kamu akan melihat pasir putih yang indah dan juga terdapat sejumlah kuburan tua yang dikenal masyarakat setempat sebagai tempat sakral.

Lanjutkan menyeberang ke Pulau Dodola, yang memiliki hamparan pantai pasir putih yang sangat luas. Pantai di pulau ini merupakan salah satu pantai terunik di Indonesia, karena hamparan pasirnya dapat menghubungkan dua pulau sekaligus, yaitu Tuplau Dodola Besar dan Dodola Kecil. Di sini kita akan menemukan pasir dengan dua tipe berbeda, yakni kasar dan halus. Akses menuju pulau Dodola sangat mudah, dari kota Daruba menuju pulau ini bisa menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Buat penyuka olaharaga diving, pasti tidak ingin cepat beranjak dari Pulau Morotai. Ada lebih dari 28 titik tempat diving di sekitaran pulau, yang menawarkan keragaman pemandangan bawah laut yang sangat indah. Selain keindahan ikan-ikan dan penghuni laut lainnya, ada juga peninggalan sejarah yang berada di dasar laut. Bagi yang berencana diving di sekitaran Morotai, kamu harus mempersiapkannya dengan matang, karena kamu harus menyelam di kedalaman 40-50 meter. Hal ini diperlukan agar bisa melihat keindahan bangkai-bangkai pesawat tempur jaman Perang Dunia II,  yang sudah ditumbuhi karang dan menjadi rumah bagi makhluk-makhluk laut.

Selain diving, kamu juga bisa melakukan olahraga penguras adrenaline lainnya, surfing. Tanjung Sopi merupakan surga bagi pecinta surfing lokal maupun asing, karena ombaknya yang sangat bagus. Untuk bisa mencapai daerah ini, kamu bisa menyewa mobil dari kota Daruba. Selain terkenal sebagai tempat surfing, di Tanjung Sopi juga tedapat mercusuar raksasa yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Sopi dan sekitarnya dari ketinggian.

Pulau Kolorai merupakan pulau berpenduduk yang memang di arahkan pengembangannya sebagai salah satu desa wisata. Selain bisa melihat kegiatan masyarakat setempat dan mengenal kehidupan mereka, di sini juga terdapat pantai berpasir putih yang sangat indah. Jangan lupa untuk membeli hasil olahan laut dari warga setempat yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Seru kan kunjunganmu ke Pulau Morotai. Tunggu apalagi! (jari adventure-det-image : picture.triptrus.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *