Mengapa Harus ke Belgia? Banyak Destinasi Cantik Memikat Mata

Salah satu negara monarki yang ada di kawasan Eropa Barat dan patut untuk Anda eksplor adalah Belgia. Meskipun memiliki wilayah yang kecil, Belgia ternyata negara dengan penduduk yang cukup padat.

Belgia dibagi menjadi 3 bagian region. Flemish atau Flanders yang rata-rata menggunakan bahasa Belanda,  Wallon atau Wallonia dengan bahasa Prancis, serta  Brussels Capital Region, kawasan region bilingual.

Ibu kota dari Belgia ada di Brussels. Penduduknya menggunakan 3 bahasa resmi yaitu Belanda, Jerman, dan Perancis.

Belgia juga memiliki banyak destinasi wisata cantik dan memukau mata. Jika Anda berlibur ke Belgia, maka pastikan untuk mengunjungi semua tempat yang akan dibahas di bawah ini.

1. Brussels

Brussels adalah kota region yang didalamnya terdiri atas 19 kotamadya, salah satunya adalah City of Brussels yang menjadi ibu kotanya. Jumlah penduduknya mencapai 11 juta jiwa di tahun 2016 lalu.

Masyarakatnya kebanyakan menggunakan bahasa Belanda, namun ada juga yang menggunakan bahasa Prancis karena merupakan region bilingual yang berarti menggunakan 2 bahasa.

Brussels menjadi kota pusat politik Internasional sejak Perang Dunia II berakhir. Di sini Anda bisa menemukan kantos pusat NATO dan beberapa objek wisata seperti Grand Palace, Town Hall, Mini-Europe, Atomium dan yang lainnya.

2. Bruges

Bruges menjadi ibu kota dari provinsi West Flanders di region Flemish, tepatnya di wilayah barat-laut Belgia. Anda bisa melihat pemandangan kanal-kanal yang cantik, bangunan klasik khas abad pertengahan, serta gang kecil di setiap jalannya.

Jumlah penduduknya hanya mencapai 118 ribu jiwa di tahun 2016. Bruges memiliki julukan berupa Venice of the North. Area Old Town di kota ini bahkan masuk dalam UNESCO World Heritage Site yang bernama Historic Centre of Bruges.

Landmark dari kota ini adalah Menara lonceng yang sudah ada sejak abad ke- 13, gereja Church of Our Lady, Beguinage, Basilica of the Holy Blood, dan yang lainnya.

3. Antwerp

Kota yang berada di sepanjang Sungai Scheldt ini merupakan ibu kota dari provinsi Antwerp, region Flemish. Kota ini memiliki Pelabuhan Antwerp yang menjadi pelabuhan terbesar nomor dua di Eropa, dan salah satu yang terbesar di dunia.

Jumlah penduduknya mencapai 517 ribu jiwa di tahun 2016. Anda bisa mengunjungi beberapa objek wisata yang menjadi landmark Antwerp yaitu Antwerp Zoo, City Hall, Cathedral of Our Lady, Museum Vleeshui, dan yang lainnya.

4. Ghent

Kota Ghent berada di provinsi East Flanders, region Flemish. Kota yang berada di persimpangan Sungai Scheldt dan Sungai Leile ini memiliki penduduk sebanyak 257 ribu jiwa di tahun 2016.

Ghent telah menjadi salah satu kota terbesar juga terkaya di wilayah Eropa sejak abad pertengahan. Ghent juga terkenal akan kota pelabuhan serta perguruan tingginya Ghent University, salah satu universitas terbaik di dunia.

Landmark dari kota ini antara lain Gravensteen Castle, Saint Bavo Cathedral, Ghent Belfry, Ghent Altarpience, dan yang lainnya.

Baca juga:

Plesiran Sendirian, 5 Kota Teraman untuk Dikunjungi Traveler Wanita

5. Liege

Liege adalah kota di provinsi Liege, region Wallona yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Prancis. Kota Liege berada di lembah Sungai Meuse dengan total penduduk sebanyak 197 ribu jiwa di tahun 2016.

Pelabuhan Liege di kota ini menjadi pelabuhan sungai terbesar nomor 3 di Eropa. Beberapa landmark dari kota ini adalah Prince Bishop’s Palace, Place du Marche, Curtis Museum dan Liege Cathedral.

6. Leuven

Leuven merupakan kota di provinsi Flemish Brabant sekaligus ibu kotanya. Penduduk yang menghuni kawasan ini hanya mencapai 99 ribu jiwa di tahun 2016.

Salah satu perguruan tinggi katolik tertua di dunia berada di kawasan ini, yaitu Katholieke Universiteit Leuven. Bahkan, UZ Leuven, rumah sakit di universitas tersebut merupakan rumah sakit terbesar di Eropa.

Landmark yang bisa Anda kunjungi adalah Leuven Town Hall, St. Peter’s Chrch, Linen Hall dan yang lainnya.

7. Dinant

Kota kecil di kawasan provinsi Namur, region Wallonia ini memiliki penduduk yang rata-rata menggunakan bahasa Prancis. Jumlah penduduknya mencapai 13 ribu jiwa saja di tahun 2016.

Dinant sendiri memiliki arti Sacred Valley. Landmark utama dari kota ini adalah gereja Notre Dame de Dinant, Citadel of Dinant, Rocher Bayard, dan yang lainnya.

***

Dapatkan paket tour wisata ke berbagai destinasi di Indonesia dan mancanegara hanya di agen travel wisata, Jari Adventure.

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.