Mengagumkan! 7 Pantai Terindah di Jogja Untuk Liburan Akhir Pekan

Menjadi bagian dari kota Yogyakarta, Gunung Kidul sebagai salah satu kabupaten yang populer dengan aneka pantai – pantai yang indah dan asyik untuk surfing.

Pada sebagian besar kawasan pedesaan, banyak perbukitan kapur dan cadas yang tandus, namun siapa sangka di balik tandusnya daerah Gunung Kidul ada begitu banyak harta karun berupa wisata yang spektakuler.

Sebut saja seperti Pantai Baron, Pantai Krakal dan sebagainya, pantai – pantai tersebut sudah populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul.

Namun, jika kamu berkesempatan liburan selanjutnya ke Gunung Kidul, cob cek pantai – pantai yang menjadi surga liburan tersembunyi dan masih belum populer berikut ya..

Pantai Ngerenehan

mytrip123.com

 

Pasir putih yang halus terhampar di tepi pantai biru jernih menjadi ciri khas pantai – pantai yang ada di Gunung Kidul. Kebanyakan kapal – kapal nelayan yang mencari ikan ataupun wisata perahu bersandar di bibir pantai.

Fasilitas di sekitar lokasi pantai juga sudah lumayan memadai. Ada toilet, tempat parkir, dan tempat mushola. Lokasinya ada di Desa Kanigoro, Kec. Saptosari atau sebelah selatan Wonosari berjarak 30 km.

Pantai Gesing

eksotisjogja.com

 

Tanpa disadari banyak orang, pantai yang indah ini sebenarnya masih terjaga dan lestari. Pantai Gesing merupakan salah satu wisata pantai belum terjamah yang perairannya jernih dan bersih. Banyak perahu – perahu nelayan yang berlabuh setelah mencari ikan.

Karena masih ‘perawan’ dan belum terjamah, belum banyak fasilitas yang tersedia di Pantai Gesing. Tapi, ada keuntungan lain yaitu tiket masuknya cuma – cuma alias gratis. Waspada jalan menuju lokasi yang agak rusak dan sebaiknya memakai sepeda motor.

Pantai Nguyahan

wp.com

 

Sama seperti pantai – pantai tersembunyi lain, Pantai Nguyahan menyimpan keindahan tersendiri. Lokasinya berjarak 75 km dari Yogyakarta. Tepatnya, di desa Kanigoro, Kec. Saptosari. Tiket masuk seharga Rp 5.000 rupiah.

Pantai Kesirat

anekatempatwisata.com

 

Kalau berkunjung ke Pantai Kesirat jangan sungkan membawa tenda atau perlengkapan berkemah. Ada di desa Girikarto, Kec. Panggang, Pantai Kesirat cocok untuk pesta barbeque atau berkemah sembari menikmati panorama sunset atau sunrise di tepi pantai. Ada sebuah pohon besar yang disebut gebangkoro yang kerap menjadi latar belakang foto selfie favorit masyarakat.

Pantai Slili

blogspot.com

 

Hanya memiliki garis pantai sepanjang 100 kilometer, pantai ini berlokasi di Desa Sidoharjo, Kec. Tepus. Soal panorama, pantai Slili tak perlu diragukan lagi. Benar- benar indah untuk menyaksikan matahari terbit. Bagi pengunjung yang ingin rekreasi di tepi pantai sudah banyak penginapan yang harganya terjangkau.

Selain itu, ada juga fasilitas toilet, mushola dan para pedagang makanan serta gazebo untuk duduk – duduk di bibir pantai.

baca juga:

9 Pantai Eksotis di Kalbar Untuk Honeymoon Atau Family Holiday

Pantai Ngandong

nativeindonesia.com

 

Dikarenakan lokasi yang terpencil, maklum saja jika dibutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapai lokasi Pantai Ngandong di desa Sidoharjo. Tapi, jangan khawatir semua usahamu akan terbayar dengan panorama Pantai Ngandong yang menakjubkan.

Gelombang pantai Ngandong juga relatif tak terlalu tinggi, jadi masih aman dan tenang untuk bermain di sekitar pantai. Untuk memasuki lokasi, pengunjung diharuskan membayar Rp 10 ribu rupiah.

Pantai Sadeng

Tak kalah unik dan menarik, Pantai Sadeng menjadi wisata unggulan di Gunung Kidul. Pada jutaan tahun lampau, kawasan ini berupa sebuah muara dari Sungai Bengawa Solo purba. Akan tetapi, setelah terjadi gempa dan lempeng bumi bergeser, aliran sungai Bengawan Solo justru berbalik arah menuju ke Laut Jawa. Hingga kini masih bisa terlihat jelas sisa – sisa aliran sungai purba tersebut. Diapit oleh 2 lembah menghijau yang meneduhkan hati sejauh mata memandang.

Usai bermain air dan berfoto, pengunjung bisa menikmati kuliner berupa ikan segar yang murah. Banyak penjual atau warung yang bersedia menyajikan menu ikan hasil tangkapan dengan berbagai jenis menu. Misalnya, ikan bakar, asam manis atau ikan goreng dengan lalapan sambal.

Fasilitas di sekitar Pantai Sadeng juga sudah lumayan memadai. Seperti kamar mandi, warung makan di tepi pantai dan tempat parkir. Harga tiket masuk dan parkir sebesar Rp 2 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Liburan ke pantai yuk..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *