Menengok Sejarah Budaya Nusantara, 7 Museum di Solo Ini Bikin Nyesel Kalau Tak Dikunjungi

Kota Solo atau Surakarta sejak lama selalu menjadi kota unik yang menyenangkan untuk dijelajahi. Kota kelahiran Presiden ke-7 RI, Bpk. Joko Widodo ini sejatinya menyimpan banyak sejarah dan kebudayaan yang adi luhung.

Sangat rugi jika berkunjung ke Solo hanya sekadar belanja atau jalan- jalan ke sekitar kota tanpa mampir dulu ke pusat pengetahuan sejarah dan budaya kota Solo.

Tambahlah wawasan dan pengetahuan Anda tentang kebudayaan serta sejarah kota Solo di 7 museum unik dan antik berikut ini ya..

1. Museum Radya Pustaka

Menjejakkan kaki di Museum Radya Pustaka, pelancong akan segera dibuat takjub dengan bangunan antik khas Belanda. Maklum saja, museum ini merupakan salah satu museum tertua yang ada di Nnusantara. Radya sendiri berarti pemerintah, sedangkan pustaka adalah surat. Jadi, museum ini adalah tempat untuk menyimpan arsip surat – surat kerajaan.

Diresmikan pada 28 Oktober 1890, Museum Radya Pustaka menempati sebuah bangunan tempat tinggal bekas kediaman warga kolonial bernama Johannes Busselaar. Berisi aneka pusaka kerajaan, patung – patung, topen, baju adat, wayang kulit, buku, foto – foto kuno dan gamelan kerajaan.

2. Museum Batik Danar Hadi

Sebagai salah satu kota penghasil batik yang cukup terkenal, kota Solo juga memiliki museum batik yang legendaris. Dipelopori oleh perusahaan batik Danar Hadi dengan kualitas yang terjamin. Di dalam museum yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi nomor 261 ini, ada berbagai koleksi batik. Mulai dari batik Belanda, batik Hokokai, Batik Cina, Batik Keraton dan masih banyak lagi. Setelah puas berkeliling museum, pengunjung juga bisa membeli oleh – oleh batik di toko souvenir yang disediakan.

3. Museum Keris Nusantara

Selain batik, pasti masyarakat juga mengenal keris sebagai alat senjata tradisional khas Solo. Nah, di sini ada berbagai koleksi senjata tradisional dari berbagai daerah di tanah air. Sebagian besar berasal dari Solo dan sekitar tanah Jawa. Total ada sekitar 233 keris dan tombak yang dipajang, sementara sisanya disimpan dan dipajang setiap 3 bulan sekali. Ada juga keris dari abad ke-8 dan ke-9 yang berasal dari kerajaan Singosari, Majapahit, dan Mataram. Luar biasa, kan?

4. Monumen Pers Nasional

Di Jalan Gajah Mada Nomor 76 Banjarsari, Timuran, Solo, Monumen Pers Nasional berdiri dengan gagahnya. Memajangs ekitar 15 ribu judul buku yang bisa dipinjam oleh masyarakat umum. Arsip – arsip yang ada di dalam museum terdiri dari koran dan majalah yang berasal dari seluruh Nusantara. Mulai dari tahun 1945 hingga saat ini.
Baca juga:

Situs Istana Kota Piring, Keunikan Istana Kesultanan Riau

 

5. Museum UNS

Menjadi salah satu universitas favorit di tanah air, ada banyak arsip dan peninggalan bersejarah dari civitas akademis yang dapat disaksikan. Seperti sejarah nama universitas, proses berdirinya dan barang – barang bersejarah dari tahun 1952 – 1980.

6. Museum Prasejarah Cluster Dayu

Berada di kota Karanganyar, museum yang terbuka untuk umum masih dalam naungan kompleks situs Sangiran. Pengunjung bisa menyaksikan lapisan tanah dari zaman prasejarah sejak jutaan tahun lampau.

Ada beberapa artefak kuno yang sangat mengundang rasa penasaran tentang ilmu arkeolog dan geologi untuk diketahui. Jam operasional museum prasejarah, dibuka pada Selasa s.d Minggu dari pukul 08.00 – 16.00. Ingat ya, hari Senin tutup, jadi datanglah pada hari – hari yang ditentukan.

7. Museum Keraton Kasunanan Hadiningrat

Terakhir yang tak boleh terlewatkan adalah Museum Keraton Surakarta. Museum berisi berbagai benda peninggalan keraton Surakarta seperti kereta kencana, senjata, replika kuda, foto – foto raja dan keluarganya. Namun, para pengunjung diharapkan memakai busana tertutup yang sopan. Disediakan kain pantai untuk menutupi anggota tubuh yang terbuka agar bisa tetap mengelilingi kawasan keraton.

***

Dijamin unik dan berkesan, apalagi selepas berkeliling kota Surakarta, Anda dapat mencicipi aneka kuliner khas seperti Thengkleng, Sego Liwet atau Timlo. Berkeliling ke Surakarta sebaiknya Anda memakai pemandu lokal. Mereka akan memberi banyak informasi unik dan tersembunyi tentang kota Surakarta yang tidak pernah terungkap sebelumnya.

Pastikan Anda menggunakan jasa agen travel profesional, Jari Adventure. Kebutuhan perjalanan wisata mulai dari tour guide, akomodasi, tiket pesawat dan lain – lain sudah dipersiapkan dengan baik dan bisa disesuaikan budget. Enjoy your trip to Solo…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.