Menengok Rumah Adat Dinasti Joseon, Perkampungan Tradisional Korea Selatan

Pengaruh musik, film, hingga fashion dari Korea Selatan membuat banyak orang punya impian untuk menjejakkan kaki di Negeri Ginseng tersebut.

Mumpung punya kesempatan untuk berlibur, tidak ada salahnya mengunjungi Korea Selatan yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya tersebut.

Selain mengunjungi kuil dan istana kerajaan Korea, kebudayaan Korea juga terlihat jelas dari kampung yang didiami penduduk lokal.

Pasalnya, perkampungan ini masih dipertahankan keasliannya, terutama penggunaan rumah tradisional Korea, Hanok. Ingin tahu beberapa desa tradisional khas Korea Selatan yang wajib didatangi? Simak daftarnya berikut ini.

Minsok Village

www.amaztravel.com

 

Berada tepat di Kota Yongin, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, perkampungan ini lokasinya berdekatan dengan Everland, taman hiburan terbesar di Korea.

Banyak yang menyebut desa ini sebagai museum hidup atau taman budaya, karena menampilkan banyak kebudayaan tradisional khas Korea Selatan.

Selain memiliki banyak replika rumah tradisional dari berbagai kelas sosial yang berbeda, kampung ini juga punya pasar jalanan, restoran, museum, hingga berbagai pertunjukan budaya berupa pertunjukan tari hingga upacara pernikahan.

Bukchon Hanok Village

blogunik.com

Kawasan ini dulunya merupakan kawasan rumah para bangsawan dan pejabat dari dinasti Joseon. Tidak heran jika desa yang ada di area Bukchon ini dikenal memiliki rumah tradisional Korea yang berukuran besar dan megah.

Telusuri gang-gang sempit, berliku, dan menanjak dengan hanok di bagian kanan dan kirinya. Sering digunakan sebagai lokasi syuting drama atau film Korea, Bukchon Hanok Village juga sering dimanfaatkan sebagai pusat kebudayaan tradisional Korea, termasuk kulinernya.

Di setiap sudut tersedia toko – toko souvenir maupun kedai makanan yang menyajikan kuliner khas Korea Selatan yang unik. Seperti es krim berbagai varian rasa yang berbentuk unik hingga oleh – oleh khas Seoul atau pernak – pernik cinderamata.

Hahoe Folk Village

squarespace.com

 

Tercatat sebagai salah satu situs warisa dunia, desa tradisional Korea yang sudah ada sejak dinasti Joseon ini memiliki berbagai keistimewaan. Mulai dari gaya arsitektur tradisional Korea yang tetap dipertahankan, buku-buku berharga, hingga tradisi kuno.

Jeonju Hanok Village

wikimedia.org

Berada di jantung kota jeonju, pengunjung bisa mengunjungo desa tradisional ini dengan menempuh 3 jam perjalanan dari Seoul.

Uniknya, walau mempertahankan desa hanok, transportasi dan jalan modernya terlihat layaknya kota besar.

Memiliki 700 hanok yang dibangun pada masa dinasti Joseon, rumah-rumah penduduk ini tampak sangat terawat.

Selain bisa berjalan-jalan mengagumi keindahan arsitektur hanok, pengunjung juga bisa menginap, melakukan wisata kuliner, hingga belanja oleh-oleh di desa hanok ini.

3 Kampung di Pulau Jeju

smarttravel.vn

 

Pulau Jeju bisa dibilang spot wisata yang kini makin banyak diminati wisatawan dari seluruh dunia. Selain keindahan alamnya, jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke 3 kampung rakyatnya.

Pertama, Seongeup Folklore Village yang masih mempertahankan hanok dan gaya hidup khas rakyat Jeju.

Ada juga Jeju Folk Village Museum yang sebenarnya merupakan museum outdoor yang sengaja dibangun untuk memperlihatkan kebudayaan pulau Jeju.

Terakhir, Folklore and Natural History Museum. Museum ini dirancang sedemikian rupa hingga mirip dengan desa rakyat. Memiliki 4 ruang utama, pengunjung bisa belajar aneka kebudayaan dari warga Pulau Jeju.

Karena keindahannya, Pulau Jeju sering menjadi tempat syuting film drama Korea atau tempat syuting video klip musik.

 

Baca juga:

Wujudkan Liburan Impian Nan Romantis Bareng Kekasih? Begini Tipsnya

***

Mau liburan ke destinasi dalam negeri atau mancanegara? Pastikan hanya Jari Adventure tour and travel yang menemani perjalanan wisata Anda.

Paket wisata liburan yang lengkap dan hemat bisa dipesan secara online melalui HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999.

Satu lagi keunggulan Jari Adventure tour and travel, kami juga menyediakan jasa exhibition atau event organizer untuk acara sosial, entertainment, talent show, dan sebagainya.

Perjalanan wisata Anda ke berbagai destinasi di Nusantara atau mancanegara akan berlangsung lebih nyaman, praktis dan menggoreskan pengalaman tak terlupakan.

Yuk, rencanakan liburan mengunjungi perkampungan tradisional di Korea selatan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.