Menelusuri Keindahan Pesona Pulau Belakang Padang, Batam

Pulau Belakang Padang – Kota Batam seolah tak pernah berhenti menarik wisatawan untuk berkunjung.  Salah satunya adalah Pulau Belakang Padang di Kota Batam.

Lokasi Pulau Belakang Padang

Masih satu kecamatan dengan Kota Batam, pulau ini sangat dekat dengan perbatasan Selat Malaka yang memamerkan gedung – gedung menjulang di Singapura. Sebagai kawasan pesisir, Pulau Belakang Padang memang menawarkan wisata bahari dan pesisir.

Rute transportasi

Tidak sulit untuk mencapai lokasi Pulau Belakang Padang. Cukup mengarahkan kemudi ke Pelabuhan Pancung – Sekupang dari Kota Batam.

Kemudian, pengunjung dapat menumpang perahu pancung dengan kapasitas penumpang sekitar 10 – 12 orang. Perahu ini bermesin diesel dengan posisi tempat duduk saling membelakangi. Perjalanan menuju ke Pulau Belakang Padang biasanya memakan waktu kurang lebih 15 menit saja.

Pulau Dendang

Masih berada di sekitar kepulauan, ada juga Pulau Dendang yang berlokasi di sekitar Pulau Belakang Padang. Luasnya sekitar 82 hektar. Pulau Dendang menyuguhkan panorama pantai dengan air jernih yang memukau pengunjung. Bahkan, selepas mata memandang, terlihat panorama kota Singapura yang modern di seberang lautan.

Pantai Indah di Lengkana

Dijangkau dengan moda transportasi perahu alias kapal motor. Ada pantai yang sangat indah di Lengkana. Sesuai namanya, pantai Indah ini dihiasi pasir putih berkilau dengan laut biru dan sudah ada fasilitas yang modern. Seperti restoran kecil, tempat berjemur dan toilet. Pantai Indah Lengkana terletak di sebelah barat dari Belakang Padang.

Atraksi wisata yang ditawarkan

Tentu saja, seperti kebanyakan wisata bahari lainnya. Di Pulau Belakang Padang, wisatawan bisa berenang dengan bebas dan berjemur sembari menatap indahnya deburan ombak yang mengetuk bibir pantai.

Pantai- pantai yang berada di sekitar Pulau Belakang Padang juga menawarkan panorama berhadapan langsung dengan kota Singapura yang modern dan megah. Selain itu, dari kota Batam menuju Singapura hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan kapal motor.

Baca juga: Curug Cibeureum, Permata Tersembunyi Lereng Gunung Gede Pangrango

Sea Eagle Boat

Pada bulan Juli atau Agustus, agenda tahunan kerap diadakan oleh pemerintah setempat untuk menarik wisatawan berkunjung ke Pulau Belakang Padang. Yaitu Sea Eagle Boat. Para peserta dari dalam negeri dan luar negeri akan meramaikan pulau ini dengan kemeriahan lomba memacu perahu dan kekompakan tim mengayuh perahu.

Tips wisata ke Pulau Belakang Padang

Dengan jarak sekitar 15 menit dari Pelabuhan Sekupang – Batam, sebenarnya tidak ada kesulitan untuk mencapai lokasi. Hanya saja, karena merupakan sebuah pulau yang dikelilingi perairan laut lepas, maka pengunjung harus menaiki perahu pancung untuk mencapai lokasi.

Tidak terdapat biaya untuk memasuki areal wisata, namun sekadar biaya transportasi menaiki perahu pancung pengunjung dipatok tarif rata – rata sekitar Rp 10 ribu – Rp 15 ribu.

Berikut beberapa tips wisata ke Pulau Belakang Padang:

1. Memakai pelindung kulit dan tabir surya

Kenakan atau oleskan tabir surya untuk menjaga kulit dari sengatan paparan sinar matahari yang membahayakan kesehatan kulit. Tak lupa, bawa juga topi lebar atau topi cap, selendang/ syal lebar, dan sebagainya.

2. kenakan busana yang nyaman

Secara garis besar, busana yang nyaman akan membuat perjalanan wisata jadi lebih menyenangkan. Karena lebih sering berada di udara terbuka atau outdoor, sebaiknya kenakan kaus atau celana bahan yang menyerap keringat dan membuat tidak semakin gerah.

3. Akses internet

Setibanya di Pulau Belakang Padang, para pengunjung akan disambut dengan sebuah papan yang memberikan ucapan selamat datang hangat. Berbunyi “Selamat Datang di Pulau Penawar Rindu – Kec. Belakang Padang”, Papan ini ditempel di tembok pelabuhan Pancung. Masyarakat lokal menyebutnya dengan Elang – Elang Laut.

Selain menawarkan estetisme wisata, Elang – Elang Laut juga merupakan spot untuk memancarkan sinyal internet bagi wisatawan yang ingin tetap terhubung dengan dunia maya atau sekadar mengunggah foto liburan ke akun media sosial pribadi. Hot spot internet di sekitar kawasan ini bahkan tidak berbayar alias gratis.

4. Atraksi wisata

Berada di sekitar kawasan pulau. Wisatawan diberikan beberapa akses wisata yang cukup menyenangkan. Di antaranya, renang, menyelam / diving, ski arid an sebagainya. Samar – samar keindahan kota Singapura juga bisa terpampang di depan mata.

Mari berlibur ke Pulau Belakang Padang, kota Batam bersama agen perjalanan wisata, Jari Adventure yuk…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *