Menakjubkan! 8 Jalur Trekking dan Hiking Terbaik di Spanyol

Ingin hiking dengan udara segar dengan panorama alam Eropa yang indah? Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa yang sangat populer untuk penggemar hiking.

Negara ini memiliki berbagai lokasi dan track hiking terindah di dunia dengan berbagai pilihan sesuai dengan keinginan anda.

Mulai dari jalur hiking di perbukitan dan pegunungan yang menawan, hingga jalur pantai yang sejuk dan eksotis. Jalur trekking dan hiking di Spanyol menjulang dari Camino de Santiago, Taman Nasional Picos de Europa, dan Vias Verdes.

Berikut beberapa informasi tentang jalur trekking dan hiking di Spanyol terbaik dan terpopuler.

1. Ruta del Cares, Picos de Europa

Jalur satu ini menyajikan panorama lembah dengan ukiran batu alami dan sungai yang jernih. Lebih sering disebut dengan “The Divine Gorge” oleh para wisatawan. Rute trekking memiliki jalur dari Ponce Bos di Asturias, menuju Cain di Leon.

Memiliki jarak tempuh sepanjang kurang lebih 12 meter. Ruta del Cares merupakan rute paling populer untuk trekking di Taman Nasional Picos de Europa yang wajib anda kunjungi.

2. Penalara

Berikutnya adalah rekomendasi tempat hiking terbaik yang terletak di dekat ibu kota Madrid. Penalara merupakan sebuah puncak gunung yang berlokasi di Sierra de Guadarrama, berdekatan dengan provinsi Guadalajara.

Dalam perjalanan hiking, anda akan melewati sebuah rute bernama Parque Natural de Penara, dimana merupakan sebuah ekosistem bagi berbagai jenis reptil.

Untuk mendaki Penalara, anda membutuhkan waktu 3 setengah jam dengan jarak kurang lebih 11 kilometer.

3. Camino de Santiago

Satu lagi rute trekking yang terkenal di Spanyol adalah Course the Camino de Santiago. Rute ini juga terkenal dengan sebutan The Way of St. James.

Dalam rute trekking ini, anda akan melalui berbagai situs ziarah kuno. Dimulai dari berbagai lokasi yang berdekatan dengan perbatasan dengan negara Perancis dan berakhir di Katedral Santiago de Compostela di Galicia.

Adapun pilihan rute lain untuk variasi yang berbeda. Anda bisa melalui rute Cami Catala yang dimulai dari biara Montserrat di Barcelona yang nantinya juga akan bergabung dengan jalur Camino de Santiago hingga akhir perjalanan trekking.

4. Cumbre Vieja, La Palma

The Cumbre Vieja merupakan salah satu gunung terkenal di Spanyol sebagai lokasi hiking. Gunung ini berlokasi di pulau La Palma yang merupakan bagian dari Kepulauan Canary.

Lokasi ini cocok untuk anda yang ingin melakukan perjalanan hiking dengan rute yang panjang. Dengan jarak tempuh sepanjang 150 kilometer, perjalanan akan memakan waktu sekitar sepuluh hari.

Ada dua pilihan rute yang bisa anda tempuh. Rute de la Cresteria dan Rute Gunung Berapi. Keduanya memiliki panorama alam yang berbeda yang unik.

5. Caminito del Rey, Malaga

Caminito del Rey merupakan rute trekking ekstrem yang berlokasi di Malaga. Rute ini sempat ditutup selama bertahun-tahun karena memiliki jalur yang berbahaya dengan tebing yang curam dan sangat mustahil untuk dilalui dengan aman.

Namun pada tahun 2015, Caminito del Rey kembali dibuka setelah mengalami renovasi besar. Telah ditambahkan tangga dan jembatan yang aman.

Trekking di jalur ini akan memacu adrenalin anda dan memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan. Rute trekking ini memiliki panjang 7.7 kilometer yang bisa ditempuh selama 4 jam.

baca juga:

Siapkan Fisik Anda! 5 Tips Hiking di Camino de Santiago Spanyol yang Perlu Diingat

 

6. Pico Sobarcal, Pyrenees

Pico Sobarcal merupakan sebuah jalur pegunungan untuk aktivitas hiking yang populer di Spanyol. Jalur hiking ini berdekatan dengan perbatasan Navarre dan Prancis.

Dengan jarak tempuh sepanjang 15.6 kilometer dan estimasi waktu 5 jam setengah, anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan ketika sudah sampai di puncak.

Di sisi timur laut, anda kan melihat Anguja Sur de Ansabere, sebuah puncak gunung berbatu, serta pemandangan Pyrenees Prancis yang tak kalah menawan.

7. GR92, Costa Brava

Berikutnya adalah rute trekking yang berada di sepanjang pesisir Catalonia, daerah pantai di utara-selatan Spanyol.

Jalur ini dimulai dari Portbou yang tepat berada di perbatasan Perancis, lalu berjalan menuju Ulldecona, berjarak sekitar 200 kilometer di selatan Barcelona.

Ada berbagai rute yang bisa anda pilih, mulai dari yang memakan waktu berhari-hari hingga yang hanya bisa diselesaikan dalam hitungan jam.

Dalam jalur ini, anda akan melihat pemandangan pantai, tebing, hingga savanna hijau di pinggir pantai. Cocok dijadikan jalur trekking pada musim panas.

8. Las Canadas

Berikutnya adalah Taman Nasional Las Canadas del Teide yang merupakan salah satu jalur hiking gunung berapi terkenal di Spanyol. Gunung ini berlokasi di Kepulauan Canary. Puncak yang dituju adalah puncak Gunung Teide yang merupakan gunung tertinggi di Spanyol.

Anda akan melihat kawah sepanjang 80 meter di puncak gunung ini. Anda bisa mendatangi gunung ini untuk hiking pada musim panas dengan pemandu gunung untuk perjalan hiking yang lebih aman.

Itu tadi beberapa rekomendasi jalur trekking dan hiking di Spanyol paling populer dengan pemandangan terbaik.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.