Menakjubkan, 4 Wisata Alami Banyuwangi yang Mendunia

Kota yang menjadi penghubung antara Jawa dan Bali ini memiliki destinasi yang sangat menakjubkan. Para traveller pasti jarang yang berpikir untuk berlibur ke Banyuwangi.

Padahal destinasi yang ditawarkan begitu banyak dan pastinya juga menakjubkan. Selain itu, Kota Banyuwangi pernah mendapat pujian dari Ibu Menteri Sri Mulyani karena keindahannya. Setidaknya ada 3 destinasi di Banyuwangi yang namanya sudah mendunia.

Tak hanya destinasi, di Banyuwangi pun memiliki tradisi kental yang sedikit mirip dengan tradisi di Bali, maklum lah karena letak antara Banyuwangi dan Bali yang cukup dekat membuat tradisi cukup mirip.

Kota yang terletak di ujung Jawa Timur ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat blue fire yang hanya ada di Banyuwangi dan Islandia. Blue fire sendiri bisa kamu temui di Kawah Ijen. Jadi, kamu tak perlu jauh – jauh ke Islandia untuk melihat blue fire. Wah, jadi semakin bangga ya sama Indonesia. Penasaran apa saja wisata Banyuwangi yang bikin takjub? Cek ulasan berikut yuk..

  1. Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Dengan suhu yang sejuk membuatmu harus membawa jaket tebal apalagi jika kamu ingin ke kawah ijen untuk menyaksikan blu fire.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi, jadi makin seru merasakan diri berada di antara 2 gunung sekaligus.

Yang paling hits adalah melihat blue fire yang hanya ada 2 di dunia yang berada disekitar kawah gunung ijen, anda dapat menumpai blue fire pada pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari.

Pengunjung dijamin akan takjub melihat blue fire yang langka ini, panorama alam yang begitu indah ini wajib kamu masukkan ke dalam list liburanmu. Untuk pendakian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena di sini tidak ada kendaraan umum.

  1. Taman Nasional Baluran

Taman yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo ini menyajikan berbagai fauna yang langka seperti banteng, ajag, wale ekor jarum dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang ingin mengenal fauna tapi bosen ke kebun binatang datang saja ke Taman Nasional Baluran yang ada di Banyuwangi ini. Selain itu, taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai dan masih banyak lagi.

Jadi bukan hanya fauna yang bisa kamu temui, berbagai macam hutan bisa kamu liat disini. Gerbang masuk ke Taman Nasional Baluran berada di 7°55’17.76″S dan 114°23’15.27″E. Nama Baluran sendiri diambil dari Gunung yang berada dekat dengan Taman Baluran ini.

Buat kamu yang ingin menambah pengetahuan tentang fauna, taman ini bisa dijadikan pilihan yang tepat selain bisa menambah wawasan kamu juga bisa berfoto dengan aneka hewan.

  1. Jawatan Benculuk

Disini kamu dapat menemukan pohon besar nana rindang dan menjulang tinggi yang menciptakan pemandanagan yang harmoni.

Benculuk sendiri merupakan nama dari desa yang ada di Banyuwangi. Tempat ini cocok digunakan untuk bersantai baik bersama teman, pacar, maupun keluarga. Jika kamu ingin mengambil gambar maka waktu sore hari adalah waktu yang tepat karena sinar matahari masuk menerobos melalui celah-celah yang ada di pohon.

Selain itu angin yang sepoi-sepoi bisa menambah tingkat keromantisamu bersama pasangan. Jadi semakin ingin berlibur bukan?

Baca juga:

Batu Secret Zoo, Tamasya Edukasi Keluarga Seru di Kota Wisata Batu, Malang, Jatim

  1. Hutan Mangrove Bedul

Lokasinya berada di Dusun Blok Solo, Desa Sumberasri ini menyimpan sejuta keindahan bagi para pengunjung. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa sampai ke dermaga dan pengunjung akan dihadiahkan pesona hijau hutan mangrove.

Bagi kamu yang kerja kantoran yang setiap hari mata merasa lelah karena menatap layar komputer, wisata ini salah satu alternatif. Masalah transportasi? Jangan khawatir, anda bisa naik Gondang-gandung untuk menuju hutan bakau dengan membayar 200.000/perahu yang bisa muat 10 sampai 15 orang. Cukup terjangkau, bukan?

Kawasan mangrove disini merupakan terbesar di Jawa Timur dengan luas 2.300 hektar. Waah kebayang kan berapa lama waktu yang digunakan untuk menyusuri hutan ini.

***

Jelajahi alam dan rimba Nusantara dengan agen travel wisata berpengalaman, Jari Adventure. Pastikan hanya Jari Adventure yang menjadi mitra terbaik perjalanan wisata Anda ke berbagai destinasi di Nusantara dan manca negara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.