Membelah Gunung dan Berkelok, Ini 7 Jalan Terindah di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar karena memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari hutan, gunung, hingga pantainya.

Berbagai lokasi wisata di Indonesia juga menjadi sasaran para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berlibur. Maka dari itu, tak heran lagi jika akses jalan di Indonesia memang sering dilakukan atau diperbaiki.

Keindahan alam Indonesia sangatlah memukau dan harus didukung dengan akses jalannya.

Kali ini, kita akan membahas apa saja jalanan indah yang ada di Indonesia. Siapa tahu salah satunya ada di tempat tinggal Anda. Check this out!

1.    Jalan Slamet Riyadi – Solo

Ternyata, jalan utama kota Solo – Jawa Tengah ini telah dinobatkan sebagai jalan terpanjang yang ada di Asia Tenggara.

Tentu saja jalan ini memiliki keunikan tersendiri. Biasanya, rel kereta api serta jalan raya akan memiliki Batasan sendiri agar pengguna jalan aman dan tidak melewati rel.

Namun, untuk rel kereta api jurusan Solo-Wonogiri ini sedikit berbeda. Pembangunan jalannya berdekatan dengan jalan raya bahkan tidak ada pembatas antara rel dengan jalan raya.

Tak ada pembatas atau pagar di sepanjang jalannya. Sebagai pembatas, jalan ini hanya menggunakan symbol garis kuning di sepanjang rel kereta api.

2.    Jalan Kelok 9 – Sumatera Barat

Untuk jalan yang satu ini mungkin sudah pernah Anda dengar. Jalanan ini akan membuat Anda kagum akan arsitektur rumit yang indah di belantara hutan lengkap dengan panorama yang akan sulit ditemui di tempat lainnya.

Bahkan, waktu dan keberanian yang cukup harus Anda siapkan untuk menemukannya.

Jembatan kelok 9 ini memiliki panorama bukit barisan yang terletak di Sumatera Barat. Banyak pengguna jalan yang menyempatkan diri untuk berhenti hanya sekedar berfoto ria atau menikmati sejuknya udara di Bukit Barisan.

3.    Jalan Heat Tembagapura – Papua

Papua terkenal akan pertambangannya, namun pernahkan Anda membayangkan jalan pertambangan yang keren? Jalur yang panjangnya 8 km ini pasti akan memukau diri Anda. Jalan ini membelah perbukitan di Tembagapura Papua.

Jalan pertambangan ini berfungsi sebagai jalur utama pengiriman alat berat menuju area tambah. Jalurnya memang terletak di area free port Indonesia setinggi 4250 km.

Jalan pertambangan ini menawarkan indahnya lekukan jalan yang dipenuhi panorama perbukitan serta tebing dan jurang yang curam.

4.    Jalan Situbono – Banyuwangi

Selanjutnya ada jalan Situbondo yang menghubungkan Situbondo dengan Banyuwangi. Kawasan Waktu Dodol yang ada di Banyuwangi berbatasan langsung dengan kawasan Selat Bali.

Dari arah Banyuwangi, cobalah lihat pemandangan di kiri dan kanan yaitu bukit Waktu Dodol serta Selat Bali yang mempesona.

Selain itu, ada batu besar yang tingginya 6 meter yang berada di tengah jalan raya.

5.    Jalan Kelok 44 – Sumatera Barat

Sempatkan diri Anda untuk berkunjung ke Kabupaten Agam ketika Anda berada di sekitar kawasan Padang.

Di sinilah tempat dari jalan kelok 44 yang cantik. Memang, jalan ini berkelok dan berliku, namun panoramanya sangat indah dan menakjubkan.

Sesuai Namanya, setidaknya ada 44 kelokan di jalan ini. Aspalnya sudah dibangun dengan baik sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir untuk jatuh asal hati-hati.

Ada banyak tikungan yang curam serta tajam, maka berkonsentrasilah ketika melewati jalanan yang satu ini.

6.    Jalur Lingkar Nagreg – Jawa Barat

Kawasan Jawa Barat memang terkenal ddengan area perbukitannya yang eksotis. Ketika berada di Jawa Barat, sempatkan diri Anda untuk berkunjung ke jalur lingkaran Nagreg.

Jalan ini menjadi primadona semua orang saking eksotisnya. Titik utamanya adalah dibagian terowongannya yang memiliki kontruksi bangunan sangat unik.

Baca juga:

Cocok Buat Petualang, Yuk Liburan Asyik ke 5 Destinasi Terapik di Magelang

 

7.    Simpang Susun Semanggi – Jakarta

Keindahan dari lampu LED di Kota Jakarta memang tidak perlu dipungkiri lagi keindahannya. Salah satunya adalah kawasan Simpang Susun Semanggi yang eksotis akan kerlap kerlip lampu di malam hari.

Bahkan, kawasan ini menjadi salah satu ikon baru di kota Jakarta.

Oleh karena itu, Simpang Susun Semanggi diusulkan sebagai jalan yang masuk dalam agenda hari bebas kendaraan yang dilaksanakan tiap hari minggu. Proyek ini memang dirancang untuk mengurangi kemacetan.

Keindahan di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Selain keindahan alamnya, jalanannya pun terlihat sangat eksotis. Jalanan mana yang pernah Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.