Melarang Turis Memotret, 5 Destinasi Dunia yang Pantang Difoto

Berlibur dan berwisata bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi stress dan penat setelah menjalani hari-hari yang berat. Apalagi bila berwisata ke lokasi yang Anda impikan. Kebanyakan wisatawan akan mengabadikan momennya dengan berfoto di destinasi wisata. Namun, ternyata ada lho lokasi yang larang turis befoto!

Tidak semua objek wisata diperbolehkan untuk dipotret. Ada hukum dan konsekuensi bila Anda melanggarnya. Untuk menghindari hal itu, inilah 5 lokasi yang larang turis berfoto.

 

  1. Sistine Chapel

Bila Anda berkunjung ke Sistine Chapel, maka berhati-hatilah dalam menggunakan kamera. Destinasi wisata yang ada di Kota Vatikan ini melarang wisatawan untuk memotret atau video sembarangan.

Aturan ini muncul karena dulunya kapel ini direstorasi dengan dana mencapai USD 4,2 juta dari Nippon Television Network Corporation of Japan di tahun 1980 hingga 1994 lalu.

Restorasi ini disponsori oleh pihak Nippon, sehingga mereka memiliki hak eksklusif untuk memotret dan memfilmkan karya seni yang terdapat di dalam bangunan sebagai gantinya.

Hak ini berlaku selama 3 tahun, sehingga setelah 3 tahun terlewati, bagian dalam kapel bisa bebas diakses. Namun, kenapa masih ada larangan yang sama hingga kini?

Karena, Sistine Chapel tetap mempertahankan aturan ini untuk melindungi karya seni yang sangat berharga di dalamnya dari flash kamera yang bisa merusak.

 

  1. Westminster Abbey

Selanjutnya ada Westminster Abbey, sebuah gereja bersejarah yang dibangun di Inggris. Pasalnya, gereja bergaya Gothic ini telah berdiri sejak tahun 1066.

Adanya larangan bagi wisatawan untuk berfoto dalam bangunan gereja bukanlah tanpa alasan. Pihak otoritas gereja menginginkan wisatawan untuk fokus menikmati keindahan dari gereja ini.

Keindahan unik di gereja Westminster Abbey jangan sampai terganggu dengan fotografi. Mereka juga ingin mempertahankan atmosfer suci dan intim dari bangunan ini.

Peraturan yang boleh dan tak boleh dilakukan pengunjung bisa ditemukan di situs resminya.

 

  1. Menara Eiffel

Ternyata, Menara Eiffel juga mengeluarkan aturan dilarang memotret saat malam hari. Tindakan ini masuk dalam Tindakan illegal.

Larangan ini muncul tanpa kaitan apapun dengan bangunan Menara, namun berkaitan dengan pertunjukkan cahaya di Menara Eiffel di Pierre Bideau.

Pertunjukkan ini sudah ada sejak tahun 1985 dengan tampilan yang sangat artistic lengkap dengan perlindungan hak cipta. Lampu-lampu akan menyala setiap 5 menit hingga pukul 1 pagi.

Tanpa adanya lampu, Menara Eiffel akan terlihat gelap di malam hari sehingga terlihat tidak fotogenik. Untuk itu, mengambil foto Menara Eiffel saat malam hari dapat melanggar hak cipta dan juga tidak mungkin dilakukan.

baca juga:

Mampir ke Nepalnya Indonesia, Desa Butuh yang Lagi Hits di Dataran Tinggi Magelang

 

  1. Taj Mahal

Bangunan bersejarah yang satu ini juga mengeluarkan larangan memotret bagi wisatawan. Taj Mahal sering disalah artikan oleh banyak orang. Banyak yang menganggap Taj Mahal sebagai istana atau masjid karena bentuk bangunannya yang unik.

Pasalnya, bangunan ini merupakan mausoleum yang sengaja didirikan untuk mengenang istri Shah Jahan.

Bangunan ini begitu sakral, sehingga wisatawan tidak boleh memotret bagian dalam mausoleum. Tak hanya itu, wisatawan tidak boleh berisik di dalamnya.

 

  1. Supreme Court Washington D.C

Pengadilan Tinggi di Washington D.C adalah salah satu bangunan paling bersejarah yang berdiri di Amerika Serikat. Bangunannya yang unik membuat tempat ini sering dikunjungi wisatawan untuk berfoto di depan bangunan atau spot lainnya.

Namun, wisatawan dilarang berfoto di bagian dalam Pengadilan Tinggi. Apalagi bila siding sedang berlangsung.

Hal ini telah jelas tertera pada Federal Rule 53 yang berisi tentang larangan pengambilan foto di ruang siding selama proses peradilan bahkan penyiaran proses peradilan dari ruang siding, kecuali telah ditentukan oleh undang-undang atau aturan lainnya.

Untuk itu, Anda cukup berfoto di bagian depan bangunan yang sudah instagenik.

 

Adanya larangan berfoto tidak boleh menurunkan semangat Anda untuk berkunjung ke 5 lokasi di atas. Tanpa memotret, Anda dapat menikmati keindahan dengan fokus. Rasakan nuansa dan suasana asli yang diberikan ke 5 tempat di atas.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.