Melancong ke Tenggarong, 5 Tempat Wisata Terbaik yang Harus Disinggahi

Ketika memasuki waktu liburan, memang akan sangat membingungkan untuk memilih destinasi mana saja yang akan disinggahi. Tidak perlu jauh-jauh ke Amerika atau Eropa, berkunjung ke destinasi wisata lokal di Indonesia saja tentu sudah sangat mengasyikkan. Bagaimana tidak? Indonesia memiliki wisata-wisata yang tak terhitung dari ujung barat hingga ke timur.

Salah satunya adalah kawasan Kota Raja Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Kota Tenggarong nyatanya memiliki beragam destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Apa saja destinasi wisata yang patut Anda kunjungi saat berlibur ke Tenggarong? Simak berikut ini.

1.    Pulau Kumala

Yang pertama adalah obyek wisata Pulau Kumala. Bagi para pejalan kaki, bisa melewati jembatan Repo-repo yang telah berdiri sejak bulan Maret 2016 silam. Tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Kutai Kartanegara dan pengunjung luar kota. Tentu akan semakin ramai ketika menjelang weekend.

Wisata ini menyediakan berbagai keseruan yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah tempat penyewaan sepeda, mobil, motor, atau yang lainnya sehingga Anda bisa berkeliling kawasan ini Bersama kerabat atau saudara.

Kalimantan terkenal dengan sungainya yang berjumlah ratusan. Salah satu sungai yang menakjubkan adalah Sungai Mahakam di Tenggarong. Nah, objek wisata Pulau Kumala adalah taman rekreasi yang berada di tengah sungai Mahakam. Di dalamnya terdapat berbagai wahana permainan. Tak jauh dari Pulau Kumala terdapat Museum Mulawarman, museum bukti sejarah dari Kerajaan Kutai.

2.    Museum Mulawarman

Museum Mulawarman merupakan Istana Kesultanan Kutai Kartanegara yang berdiri sejak tahun 1963. Tempat ini menjadi pengganti dari istana sebelumnya yang terbakar. Istana ini akhirnya diresmikan di tanggal 25 November 1971 dan diserahterimakan pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 1976.

Anda dapat menemukan Balai Kedaton, tempat keidaman Sultan Aji Muhammad Salehuddin II. Dalam lingkungan istana terdapat pemakaman keluarga kerabat Kerajaan Kutai dan juga Masjid Jami’ Aji Hasanuddin.

Di dalam museum ini terdapat berbagai benda bersejarah yang digunakan oleh Kesultanan, mulai dari singasana, tempat peraduan, tombak, keris, pakaian kebesaran, kalung, Meriam, serta Prasasti Yupa dan Koleksi keramik Cina.

Museum ini memiliki dua lantai. Lantai bawah adalah koleksi keramik Cina, sedangkan lantai diatasnya berisi koleksi peninggalan bercorak kesenian. Jika Anda berjalan ke belakang museum, Anda akan menemukan beragam cinderamata khas budaya Dayak, perhiasan, dan yang lainnya.

3.    Museum Kayu

Selain Museum Mulawarman, Museum Kayu juga harus Anda kunjungi. Lokasinya tidak jauh dari Kawasan Waduk Panji Sukarame, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Museum ini merupakan bangunan kayu panggung dengan ukuran 20×20 meter. Dibukanya objek wisata ini karena terdapat buaya yang diawetkan dalam museum kayu.

Sesuai Namanya, museum ini menyimpan beragam jenis kayu yang ada di Kalimantan. Tentu sangat mengedukasi pengunjung segala usia, bukan?

baca juga:

Jelajahi Surga Indonesia, 4 Destinasi Berpanorama Dramatis di Sumba

 

4.    Waduk Panji

Kalimantan memang menyimpan keindahan alam yang memikat, salah satunya adalah Waduk Panji. Waduk ini terletak di kawasan Rondong, Demang, Kecamatan Tenggarong tepatnya tak jauh dari Stadiuo Rondong Demang.

Telaga ini dibendung untuk keperluan persawahan penduduk setempat. Kegiatan pembendungan mengakibatkan sebuah danau buatan yang dikelilingi dengan panorama alam dan hutan yang rimbun. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merilekskan tubuh dan pikiran.

5.    Planetarium

Selanjutnya adalah wisata Pendidikan Planetarium yang terletak di Jalan Pangeran DIponegoro, tepatnya di sebelah kiri Museum Mulawarman. Planetarium berdiri pada tahun 2002 dan diresmikan di tahun 2003. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga yang mendidik karena mengajarkan indahnya alam semesta seperti bintang, panet, dan yang lainnya.

Planetarium menjadi tempat Teater Bintang atau teater alam. Disini Anda dapat melihat isi alam semesta dan susunannya. Objek wisata ini akan memberikan pengetahuan lebih mengenai meteorology.

Bagaimana? Dari beberapa wisata diatas, wisata mana dulu yang ingin Anda singgahi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.