Sungai Sebong, Tempat Wisata Unik di Pulau Bintan

Sungai SebongPulau Bintan merupakan Pulau terbesar di Kepulauan Riau. Selain terkenal dengan keindahan pantainya.  Pulau Bintan juga terkenal dengan keindahan dan keaslian lingkungan alamnya. Dengan keadaan alam yang masih asri kawasan hutan bakau menjadi salah satu ciri khas Pulau Bintan. Hutan Bakau di Pulau Bintan masih kaya akan flora dan faunanya, hutan bakau di kawasan ini dinobatkan sebagai obyek wisata ekologi terbaik pada tahun 2003. Kebayang gak si betapa asrinya, selain itu kita juga bisa menemukan beberapa tempat wisata alam salah satunya yaitu Sungai Sebong.

Lokasi Sungai Sebong

Sungai Sebong terletak di Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Untuk perjalanan menuju Pulau Bintan, biasanya wisatawan transit terlebih dahulu di Pulau Batam. Untuk menuju Pulau Batam kita bisa memilih dua jalur, bisa jalur udara atau jalur laut. Akses untuk menuju Batam dengan melewati jalur udara terbilang mudah karena Batam memiliki Bandara Udara Internasional yang setiap harinya terdapat rute penerbangan dari kota-kota besar.

Untuk menuju lokasi dapat ditempuh pula dengan menaiki moda transportasi udara melalui Bandara Udara Internasional Hang Nadim namanya.

Sementara, jika ingin bertualang dengan kapal laut wisatawan dapat menggunakan jalur laut dengan beberapa jalur laut yang cukup banyak menggunakan kapal ferry menuju Batam, terutama dari kota-kota  di Sumatera, seperti Palembang, Pekanbaru, Jambi, Dumai dan lain-lain. Bonusnya lagi, wisatawan juga dapat dengan mudah menjangkau negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia melalui jalur laut dan udara.

Singgah ke Sungai Sebong

Bagi teman-temn yang sudah melakukan petualang ke Sungai Sebong seharian tidak perlu khawatir untuk memikirkan tempat peristirahatan, karena disekitar kawasan byek wisata Sungai Sebong terdapat fasilitas-fasilitas penginapan yang dikelola oleh warga setempat. Terdapat warung makan yang menyediakan makanan-makanan yang siap untuk memanjakan lidah dan perut Anda. Dan pastinya terdapat berbagai outlet yang menjual benda-benda kerajinan yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat Anda di rumah ya.

Alternatif wisata

Sungai? Jauh-jauh ke Pulau Bintan cuma mau lihat sungai. Yah mending cari sungai yang dekat-dekat aja.  Eitss… jangan memandang sebelah mata dulu. Sungai yang ini beda. Pemerintah Kabupaten Bintan telah menetapkan kawasan ini menjadi salah satu objek wisata andalan. Karena Sungai Sebong memiliki daya tarik alam yang sangat eksotis dengan keunikannya Sungai Sebong saat ini dijadikan objek memancing oleh masyrakat setempat. Oleh sebab itu jangan heran ya kalau Sungai Sebong ramai dikerumunin para nelayan.

Keunikan warga lokal

Cara nelayan untuk menangkap ikan bisa dikatakan sangat unik. Salah satu cara yang dilakukan oleh para nelayan untuk menangkap ikan yaitu dengan menggunakan alat-alat tradisional, seperti jala, bubu dan tangkul. Jika Anda berkunjung ke Sungai Sebong dijamin deh kegiatan wisata kali ini sangat sederhana,  tapi pastinya bakal seru dan tiada duanya.

Karena para nelayan akan dengan senang hati mengajari para wisatawan cara menangkap ikan maupun membawa wisatawan mengarungi Sungai Sebong dengan menggunakan perahu tradisional yang sering kita sebut sampan. Sambil berkeliling menikmati sejuknya udara kawasan Sungai Sebong Anda juga bisa melihat keunikan lainya. Karena  Sungai Sebong juga memiliki ciri khas, yaitu pohon kacang-kacang. Masih banyak lagi, hal-hal unik ditempat wisata Sungai Sebong yang harus Anda saksikan sendiri.

Baca Juga: Serunya Jelajahi Pesona Pulau Bintan

Anda tak perlu khawatir jika ingin berkeliling sesuka hati karena setiap penjelajahan para pengelola tempat wisata akan memberi Anda satu pemandu wisata khusus, sehingga Anda bisa lebih ngerti tentang Sungai Sebong dan ekosistem hutan baku.

Jadi ketika nanti Anda pulang ke rumah bukan buah tangan berupa makanan atau benda unik aja yang bisa Anda suguhkan ke saudara dan kerabat tapi Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa pengetahuan baru tentang Sungai Sebong.

Wisata kuliner Sungai Sebong

Setelah lelah berkeliling menyusuri Sungai Sebong, diakhir perjalanan wisatawan akan disuguhi makanan khas daerah Bintan, seperti Siput Gonggong dan Mie Lendir. Jangan mengernyitkan dahi dulu mendengar namanya, karena makanan tersebut cita rasanya sangat gurih. Sembari menikmati makanan khas Bintan wisatawan juga akan dihibur oleh para penari lokal dengan tarian tradisional Melayu. Wah, dijamin tidak akan kecewa karena tak tanggung-tanggung lho Anda juga bisa ikut menari bersama.

Tips wisata ke Sungai Sebong

Wisata ke Sungai Sebong akan mengingatkan Anda dengan jenis wisata sungai seperti yang ada di Thailand atau Venesia. Kalau di Thailand ada sungai Chao Praya dan di Venesia ada Sungai Venice dengan perahu gondola yang fenomenal, maka di Indonesia ada Sungai Sebong ciri khas Kep. Riau. Pada dasarnya, ada beberapa tips aman dan penting diperhatikan sebelum berkunjung dan berwisata ke Sungai Sebong. Baiklah, segera tengok yuk:

1. Perhatikan musim

Wisata sungai atau wisata di sekitar perairan memang sangat menyenangkan dan menyejukkan hati. Namun, alangkah bijak jika para wisatawan tetap memperhatikan masalah keamanan dan keselamatan. Terutama, ketika bulan-bulan di penghujung tahun seperti bulan Desember atau Januari di mana dikhawatirkan intensitas curah hujan yang tinggi dapat mengganggu keceriaan liburan karena sungai yang meluap. Ditambah lagi, cuaca hujan dan mendung kurang aman untuk mengarungi sungai.

2. Peralatan keamanan

Ketika mengarungi sungai sebong pastikan untuk selalu membawa peralatan keamanan seperti pelampung, ban atau lainnya untuk sekadar berjaga-jaga untuk kondisi darurat. Wilayah perairan di kep. Riau umumnya cukup dalam meskipun hanya sungai namun menjadi salah satu jalur transportasi laut utama yang cukup ramai dengan lalu lalang moda transportasi laut seperti perahu boat, kapal, atau sampan nelayan.

3. Membawa anak-anak

Beberapa wisatawan yang berasal dari kalangan keluarga tidak perlu cemas jika ingin membawa serta buah hati untuk mengarungi sungai sebong. Pasalnya, dengan peralatan keamanan yang memadai maka sungai sebong cukup aman untuk pengunjung atau wisatawan keluarga.

4. Waktu yang tepat

Berkunjung di pagi hari hingga siang hari akan menjadi momen yang pas ketimbang datang di waktu sore hari. Pasalnya, hampir separuh kawasan sungai sebongmasih didominasi dengan hutan-hutan bakau yang lebat dan rimbun. Selain, sudah  banyak perahu nelayan yang kembali ke rumah, di malam hari jarak pandang juga terbatas dengan kondisi yang gelap.

5. Belajar hal baru

Bagi wisatawan yang membawa anak-anak atau buah hati, sungai sebong bisa dijadikan bahan edukasi yang menarik sembari mengajarkan mereka tentang ekosistem lingkungan sungai dan kelestarian hutan bakau. Hutan bakau memang sebaiknya tetap dijaga kelestariannya untuk menahan kondisi abrasi air laut yang dapat menerjang pemukiman penduduk.

Hutan bakau juga merupakan rumah atau habitat dari berbagai jenis hewan yang hidup di area sungai seperti ikan-ikan air tawar, burung, dan sebagainya. Kelestarian lingkungan ini pastinya juga akan turut memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia yang bertempat tinggal di sekitar sungai sebong.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk panduan wisata teman-teman ya. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

 

 

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *