Mau Rekreasi? Pantai Sungai Lepah Tempatnya

Pantai Sungai LepahBintan merupakan salah satu pulau terbesar di Kepulauan Riau, yang terdiri  kurang lebih tiga ribu pulau-pulau besar dan kecil, yang terbentang dari sebrang Singapura dan Johor Baru, daerah Malaysia.  Pulau Bintan melebar dari Malaka hingga ke Laut Cina Selatan. Ibukota dari Bintan adalah Tanjung Pinang, Tanjung Pinang terletak di pantai barat Selatan Bintan.

Pulau Bintan terkenal akan tempat wisatanya,  maka tidak heran jika Pulau Bintan ramai dikunjungi wisatawan asing. Nah, kali ini penulis akan membahas keindahan dan keunikan salah satu tempat wisata yang ada di Pulau Bintan tepatnya Pantai Sungai Lepah. Pantai Sungai Lepah merupakan pantai yang dijadikan objek paling utama oleh warga setempat. Pantai Sungai Lepah paling ramai dikunjungi wisatawan setiap hari sabtu dan minggu. Selain itu untuk hari-hari besar juga Pantai Sungai Lepah tetap beroperasi.

Favorit di hari libur

Pantai Sungai Lepah merupakan tempat yang sangat favorit bagi warga setempat dan para wisatawan. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengunjung yang datang. Baik tua, muda maupun anak-anak, mereka mengisi hari libur dengan berwisata ke Pantai Sungai Lepah. Selain itu banyak wisatawan domestik yang berasal dari Tanjung Pinang, Kijang dan Kota-kota lain yang berdekatan dengan Tanjung Uban karena keindahan pantainya.  Pantai Sungai Lepah sangat  terkenal dengan keindahan hamparan pasir putihnya serta kejernihan airnya. Pantai Sungai Lepah memiliki kedalaman pantai sekitar 1 meter sampai 2.5 meter. Tapi jika pantai mulai surut biasanya mencapai paha orang dewasa.

Pantai Sungai Lepah juga mempunyai ekosistem alam yang sangat baik. Hal ini terbukti karena Pantai Sungai Lepah jauh dari udara yang bisa menyegarkan suasana setelah anda melakukan banyak aktivitas selama satu pekan. Selain untuk tempat melepas letih selama aktivitas satu pekan.  Pantai Sungai Lepah juga menjadi salah satu incaran Perguruan Pencak Silat Alam Rasa Bintan, Alasan mereka memilih Pantai Sungai Lepah untuk tempat berlatih adalah mereka sangat percaya bahwasanya tempat-tempat seperti pantai, gunung dan seperti tempat-tempat yang memiliki ladang luas dipastikan sangat bisa membantu proses latihan. Karena ketika mereka melakukan latihan, mereka sangat membutuhkan energi. Agar bisa berinteraksi dengan alam sekitar. Dan energi yang paling besar bisa kita temui di daerah pantai-pantai dan gunung.

Untuk tempat Pencak Silat

Pencak Silat adalah salah satu seni tradisional yang dimiliki pleh Bintan, oleh sebab itu kekayaan seni tradisional ini sangat perlu untuk terus dijaga dan dikembangkan. Itulah sebabnya para kelompok Perguruan Pecak Silat Alam Rasa mencari tempat terbaik untuk melaksanakan latihan. Karena seperti yang kita tau bahwasanya untuk melakukan latihan pencak silat banyak latihan-latihan yang harus dilakukan dan itu sangat membutuhkan konsentrasi yang cukup. Misal sebelum memulai latihan para anggota harus melakukan kegiatan seperti meditasi alam sekitar dan melakukan atraksi alam sekitar. Ternyata latihan pencak silat yang mereka lakukan di Pantai Sungai Lepah bukan sekedar latihan. Banyak para wisatawan yang juga sangat berantusias dan ikut meramaikan  menyaksikan latiha dan atraksi tim Perguruan Pencak Silat Alam Rasa. Hal ini menjadi nilai tambahan yang dirasakan sendiri oleh para pengunjung wisatawan, itulah sebabnya Pantai Sungai Lepah sangat digemari oleh para wisatawan.

Selain itu para wisatawan jga bisa menyaksikan aktivitas warga yang kesehariannya bekerja mencari sebagai pencari gonggong. Teripang dan kerang. Tentunya para wisatawan boleh-oleh saja dong untuk ikutan nimbrung cari-cari hewan laut tersebut. para warga justru sangat senang jika ada wisatawan yang ingin ikutan mencari gonggong. Yah hitung-hitung sebagai pengalaman wisatawan deh, jadi anda datang ke Pantai Sungai Lepah bukan sekedar berwisata air melainkan bisa belajar dan mengenal lebih kehidupan dan seni tradisional di daerah Pantai Sungai Lepah ini.

Tips wisata ke Pantai Sungai Lepah

Rekreasi ke Pantai Sungai Lepah hampir sama dengan kebanyakan pantai yang ada di Pulau Bintan, namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan para wisatawan yang memilih berkunjung ke Pantai Sungai Lepah, coba cek daftar tips berikut ya…

1. Coba cek cuaca

Liburan ke pantai, pasti yang dibayangkan adalah berenang, atau bermain di sekitar pantai. Namun, keceriaan ini tidak akan berlangsung lama apabila cuaca sedang tidak mendukung. Hujan, petir dan angin kencang bisa mengganggu suasana liburan Anda di pantai jika memilih kondisi dan waktu yang tidak tepat.

2. Memilih tempat penginapan

Ada banyak tempat penginapan yang tersedia bagi para pengunjung. Umumnya, berupa guesthouse atau rumah-rumah penduduk yang sudah disulap untuk pondok dan penginapan yang nyaman. Rata-rata tarif yang dipatok sekitar mulai dari Rp 150.000-Rp 200.000,- tergantung kondisi bujet keuangan liburan Anda ingin memilih yang mana. Jika tidak ingin pusing, segera saja hubungi agen travel wisata untuk mengatur perjalanan wisata Anda lengkap dengan akomodasi yang nyaman dan tur wisata agar liburan Anda akan lebih nyaman dan aman. Kami siap melayani Anda.

3. Atraksi wisata

Pastinya, bagi Anda yang sudah jauh-jauh berkunjung ke lokasi Pantai Sungai Lepah, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencoba aneka atraksi air yang ditawarkan. Sebut saja seperti snorkeling, wisata perahu, banana boat dan berenang di sekitar bibir pantai.

4. Menjaga kebersihan

Pantai Sungai Lepah bisa dibilang ramai dikunjungi para pelancong saat libur akhir pekan. Kedatangan pengunjung yang ramai juga turut meramaikan kondisi lingkungan dengan sampah. Tentu saja, hal ini adalah hal yang memalukan, mengingat Pantai Sungai Lepah juga kerap didatangi para pelancong dari negeri Jiran seperti Singapura dan Malaysia. Jika Anda membawa perbekalan seperti makanan atau minuman sendiri dari rumah, tetaplah menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan, agar lingkungan Pantai Sungai Lepah tetap nyaman, bersih dan enak dipandang.

5. Menghidrasi tubuh

Minumlah air secukupnya, agar tubuh tidak kehilangan cairan yang bisa menyebabkan sakit kepala atau bahkan pingsan karena hawa di pantai yang panas. Bila perlu sediakan sebotol air minum di dalam tas agar lebih mudah minum kapan saja. Terutama bagi anak-anak yang masih rentan dengan dehidrasi.

6. Membilas tubuh

Bagi sebagian orang, air laut bisa menyebabkan reaksi alergi kulit seperti ruam-ruam, gatal-gatal hingga sunburn. Sebisa mungkin, usahakan untuk membilas tubuh dengan air bersih setelah mandi atau berenang di laut.

Akses lokasi

Untuk masalah perjalanannya jangan diragukan lagi, untuk jarak tempuhnya terbilang tidak terlalu rumit dan jauh. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Tanjung Uban Kepulauan Riau untuk bisa sampai di tempat wisata Pantai Sungai Lepah. Gimana? Gak ribet dan gak jauh kan, ayo gunakan hari pekan anda untuk berlibur di Pantai Sungai Lepah. Pantai yang terkenal bisa untuk tempat untuk berkreasi. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *