Mau Naik Gunung? Gak Boleh Sembarangan, Cek Dulu Aturan Terbaru Pendakian 2018

Buat para pecinta alam yang suka naik gunung, tahun 2018 ini bakal ada beberapa perubahan signifikan yang mempengaruhi rutinitas pendakian. Kalau dahulu kamu bisa bebas turun dan naik lokasi pendakian tanpa syarat yang rumit, awal tahun 2018 akan menjadi titik perubahan terutama dari soal perizinan.

Biasanya, untuk naik gunung, para pendaki diharuskan mengantongi surat izin dari para ranger setempat yang berisi secarik kertas dengan nama dan tandatangan pihak berwenang.

Ranger juga memberikan syarat agar para pendaki selalu menjaga ketertiban dan kebersihan di atas gunung. Misalnya dengan membawa turun sampah – sampah sisa berkemah dalam kantong plastik. Aturan lain, tidak diperbolehkan menggunakan sabun atau bahan kimia untuk mandi di sekitar danau atau telaga yang ada di atas gunung.

Meski banyak peraturan dan lebih “ketat” namun sebagai pecinta alam tentu sudah paham. Bahwa hal ini tentu juga demi kelestarian lingkungan termasuk hutan, danau dan gunung serta laut.

Nah, buat yang akan menghabiskan liburan akhir pekan ke gunung, bukan berarti kamu harus berkecil hati atau mengurungkan niat ya. Karena, berbekal aturan tak tertulis ataupun tertulis yang menjaga kelestarian alam, semua orang masih boleh berwisata ke gunung rame-rame.

Berikut aturan yang baru dirilis 2018 untuk para pendaki perhatikan ya:

Peraturan Naik Gunung Semeru

tribunnews

Jika dahulu para pendaki boleh naik ke gunung Semeru setelah melewati pos pertama di rute Ranu Pane tanpa repot mengantri lama. Saat ini, untuk menggapai puncak gunung tertinggi di Jawa Timur ini, kamu harus rela antri panjang berbulan – bulan. Pasalnya, saat musim liburan, tingkat kunjungan para pendaki bakal membludak hingga 300%.

Tak heran deh, gunung Semeru lebih mirip sama pasar daripada gunung. Tenda – tenda warna – warni mudah dijumpai di tepi danau Ranu Kumbolo.

Sebelum mendaki ke gunung Semeru, para pendaki diwajibkan mengisi formulir secara online di link url : https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.

Karena para pendaki bisa dilihat databasenya secara online, jadi pihak pengelola wisata taman nasional jadi lebih mudah mengorganisir dan tanggap jika ada kondisi darurat.

Peraturan Naik Gunung Gede Pangrango

traviamgz.com

Tidak jauh berbeda, saat ini pemerintah di bawah naungan Departemen Kehutanan dan bekerja sama dengan sejumlah lembaga pemerhati lingkungan, mewajibkan para pendaki untuk mendaftarkan diri secara online bersama tim atau rombongan yang akan naik ke Gede Pangrango di link url: http://booking.gedepangrango.org. Agar tak kecewa, mendaftarlah sejak jauh – jauh hari. Karena ada batasan waktu maksimal 2 hari sebelum pendakian.

Baca juga:

Bertualang di Akhir Pekan, Taklukkan 5 Gunung Terpopuler Versi Pendaki Jaman Now

 

Peraturan Naik Gunung Marapi

limakaki.com

Gunung yang berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat ini memiliki ketinggian yang tercatat ‎2.891 m. Saking tingginya, jika kamu ada di kota Bukittinggi, maka puncak ‎Gunung Marapi bakal terlihat sejauh mata memandang. Dikarenakan masih berstatus sebagai salah satu gunung berapi yang aktif, maka demi menjaga keselamatan para pendaki, pihak pengelola taman nasional Gunung Marapi, Tanah Datar, Sumatera Barat memberlakukan peraturan hanya pendaki yang berusia 17 tahun yang boleh mendaki.

Ada banyak pertimbangan dan faktor penyebab diberlakukannya aturan ini. Salah satunya medan atau jalur pendakian yang cukup terjal dan curam, kurang ramah untuk anak –anak jika dibandingkan dengan jalur lain seperti gunung Bromo atau Semeru.

Pihak pengelola taman nasional Gunung Marapi, Tanah Datar, Sumatera Barat, mengklaim bahwa hal ini untuk keselamatan dan keamanan semua pihak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti terjatuh, atau kelelahan dan dehidrasi.

Peraturan Naik Gunung Rinjani

josstoday.com

Jalur pendakian ke Gunung Rinjani benar – benar menghipnotis banyak pendaki. Alhasil, dalam sebulan saja, permintaan untuk mendaki ke puncak gunung yang berada di Lombok ini luar biasa tinggi. Bisa mencapai ribuan orang.

Selain, ditakutkan bisa merusak lingkungan alam di sekitar taman nasional Gunung Rinjani, jika terlalu banyak pengunjung juga dikhawatirkan kurang kondusif untuk mengorganisir soal sampah dan fasilitas lain.

Jadi, bagi yang ingin naik ke gunung Rinjani bisa langsung mendaftarkan rombongan atau timnya ke link url : https://www.tnrinjani.net/home.

Jangan sampai sudah jauh – jauh datang, ternyata kamu belum terdaftar di situs resmi gunung terpopuler di atas ya. Enjoy your adventure with Jari Adventure, mitra perjalanan wisata terbaik untuk plesiran ke seluruh Indonesia..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.