Mau Mandi Sauna Ala Drama Korea? Ini Panduan Masuk ke Tempat Sauna yang Belum Kamu Ketahui

Di Korea Selatan seperti Seoul atau Busan, banyak bertebaran tempat – tempat sauna untuk masyarakat yang ingin relaksasi. Masyarakat Korea meyakini, bahwa mandi sauna di tempat Jjimjilbang, adalah cara efektif dan murah untuk melepaskan kepenatan maupun stres.

Otot – otot dan syaraf yang tegang akan segera rileks dan mengendur setelah terkena uap hangat yang memberikan kenyamanan dan membius urat syaraf. Yuk, intip bagaimana tata cara mandi di tempat sauna khas Korea, Jjimjilbang:

1. Membayar tiket di resepsionis

Selayaknya memasuki fasilitas publik lain, terdapat meja resepsionis yang akan menerima pengunjung dengan ramah. Kemudian, setelah membayar, kamu akan diberikan kunci loker untuk menyimpan barang – barang seperti tas, jaket, ransel dan sebagainya.

Simpan kunci loker dengan baik dan jangan sampai hilang. Karena nantinya akan menjadi “penukar” barang – barang kita yang sudah disimpan. Usai pembayaran selesai, umumnya pengunjung akan langsung diberi jubah untuk mandi, handuk, dan pakaian ganti yang berbeda warna antara pria dan wanita.

2. Kunci ruang loker

Kunci loker menjadi penentu segalanya. Termasuk ketika memasuki ruang loker yang besar dan rak – rak bersusun sangat banyak. Cari nomor sesuai yang tertera di kunci. Menariknya, kamu juga bisa memakai kunci loker ini ditangan karena ada semacam gelang karet agar membawanya lebih praktis.

Kunci loker ini juga bisa dipakai untuk membeli makanan di kantin. Tinggal tunjukkan saja kunci lokermu, nantinya tagihan akan dikenakan saat kamu mengambil barang – barang atau saat akan keluar Jjimjilbang.

3. Lepas alas kaki di ruang sauna

Resepsionis akan menunjukkan lokasi area terpisah antara laki – laki dan perempuan. Saat masuk, alas kaki harus dilepas dan cari laci loker yang sesuai nomor. Sejumlah Jjimjilbang mewajibkan pengunjung untuk melepaskan semua pakaian dan hanya mengenakan handuk yang dililitkan di tubuh.

Untuk perlengkapan mandi seperti sabun, shampoo, pasta gigi dan sikat gigi, ada Jjimjilbang yang menyediakan secara gratis, tapi ada juga yang harus membayar atau dibeli. Jika ingin lebih hemat, bawa saja peralatan mandi dari rumah.

Baca juga:

4. Jika tidak terbiasa telanjang bulat di tempat umum

 

Meskipun ruang sauna dihuni oleh sesama kaum hawa, akan tetapi bagi yang tidak terbiasa dan menganggap telanjang bulat adalah hal tabu. Masih bisa menikmati ruang sauna yang kering dan fasilitas lain yang digunakan saat memakai pakaian seragam Jjimjilbang.

Perlu diingat bahwa tujuan utama sauna adalah mengeluarkan racun – racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat. Nah, bagi warga Korea jika memakai baju saat berada di ruang sauna, maka proses detoks tidak akan maksimal dan justru berbahaya bagi tubuh. Karena bahan – bahan kimia pada pakaian bisa menghalangi proses detoks.

5. Setelah relaksasi di ruang sauna

Jika memutuskan untuk mengakhiri mandi uap sauna. Segera berendam di kolam atau masuk ke sauna basah. Bisa juga melihat – lihat di sauna kering. Tidak ada batasan jam menikmati rileksasi di sauna, karena harga yang sudah dibayarkan bukan per jam melainkan full seluruh fasilitas hingga jam operasional tutup.

6. Peraturan mandi di kolam sauna basah

Di sejumlah Jjimjilbang, kolam yang tersedia ada beberapa jenis. Misalnya kolam air hangat, kolam air dingin, hingga jacuzzi yang bisa menimbulkan efek seperti riak aliran air.

Tak cukup itu, ada juga air kolam sauna yang sudah dicampur dengan ekstrak ginseng, green tea, bahkan anggur merah.

Nah, untuk memasuki kolam atau berendam. Peraturannya sama, yaitu harus telanjang bulat. Agar kolam tetap bersih dan bebas kotoran termasuk keringat.

Dan sebelum memasuki satu kolam ke kolam lain, tubuh harus dibilas terlebih dahulu.

Cobalah untuk mengenali jenis ruang sauna karena ruang – ruang sauna sangat banyak. Jika kamu diberi jubah mandi, kemungkinan besar maka ruang sauna terpisah antara laki – laki dan perempuan.

Sementara jika tidak ada jubah mandi dan hanya diberi pakaian seragam, maka ruang sauna bercampur antara laki – laki dan perempuan.

Pastikan untuk selalu membawa handuk kemana pun kamu pergi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.