Mau Liburan Murah Ke Jogja? Coba Backpacker-an Dengan 7 Tips Ini

Travelling dengan biaya terbatas mulai menjadi tren di kalangan wisatawan. Di zaman ekonomi serba mahal, tak berarti liburan atau bertualang menjadi terhalang. Saatnya mencoba sensasi bertualang baru dengan cara backpacker. Hanya berbekal uang saku yang terbatas dan sebuah tas ransel di punggung, ternyata banyak traveller yang bisa menuntaskan hasrat berlibur bahkan hingga ke luar negeri.

Nah, jika kamu juga tertarik untuk join komunitas backpacker. Coba saja liburan murah ke Jogja. Tidak hanya dekat karena masih di dalam negeri, di tanah Sri Sultan Hamengkubuwono X ini, wisatawan bisa memilih akomodasi dan tour wisata bervariasi budget. Mulai dari yang puluhan ribu hingga puluhan juta semua komplit!

Intip yuk tips – tips berlibur ala backpacker di Jogja berikut:

Pikirkan Transportasi Yang Akan Anda Gunakan

Sebelum berangkat ke Jogja, anda harus benar – benar merencakan semua hal, tak terkecuali dengan transportasi yang akan anda gunakan untuk berangkat kesana. Banyak pilihan yang harganya pas di kantong, seperti bus atau kereta. Tentunya kelas kereta yang dipilih adalah ekonomi ya, namanya juga backpacker.

Lebih Banyak Berjalan Kaki

Selain sehat, berjalan kaki ketika melancong akan membuat anda lebih berhemat. Namun jangan lupa untuk membawa tabir surya agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Yang nikmat dari berjalan kaki ketika jalan – jalan ke Jogja adalah anda akan merasakan asyiknya jalanan Jogja. Jadi meski backpacker, anda tetap bisa menikmati liburan dengan menyenangkan.

Bila Tidak Memungkinkan, Gunakanlah Kendaraan Umum (Trans Jogja)

Tak semua destinasi wisata dapat dicapai dengan berjalan kaki, maka dari itu anda juga harus menyiapkan budget sendiri untuk kendaraan umum. Salah satu kendaraan umum yang bisa digunakan di Jogja adalah Trans Jogja. Biaya transportasi umum yang satu ini tergolong murah yakni hanya sekitar Rp 3.500, dan kelebihan dari Trans Jogja sendiri ialah bisa menjangkau beberapa titik yang dekat dengan tempat wisata.

Baca juga:

Pesan Akomodasi Jauh – Jauh Hari

Sebagai seorang backpacker, ada baiknya anda mencari akomodasi dari jauh – jauh hari. Persiapan ini berguna agar bisa membandingkan penginapan mana yang paling murah alias sesuai dengan budget yang telah anda siapkan. Anda bisa gunakan jasa booking di berbagai aplikasi yang menawarkan akomodasi. 

Mencari Tempat Wisata Yang Bisa Dijangkau, Sehingga Low Budget

 

Jogja memang kaya akan objek wisatanya, namun bila anda memang berniat untuk backpacker demi menghemat budget, anda bisa mencoba cara yang satu ini. Coba kunjungi destinasi wisata yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau pun menaiki transportasi umum dengan biaya yang terjangkau. Beberapa wisata yang dekat dengan pusat kota misalnya saja Malioboro, Tugu Jogja, Kraton Yogyakarta, Taman Sari, Alun – Alun Kidul atau Taman Pintar. Eits, tapi jangan lupa untuk mempersiapkan informasi mengenai akses jalan dan segala macamnya agar semua terencana dengan baik.

 

Hindari Belanja Oleh – Oleh Berlebihan

 

Bagi seorang backpacker, oleh – oleh mungkin tidak terlalu penting. Namun bila anda tetap ingin membeli buah tangan untuk sanak saudara, lebih baik untuk membuat catatan terlebih dahulu barang apa saja yang ingin dibeli. Jangan sampai anggaran untuk berpetualang, malah dihabiskan untuk membeli oleh – oleh. Anda juga harus pintar dan tidak mudah terkecoh dengan keramahan penjual atau harga barang yang murah.

 

Mencari Tempat Makan Rekomendasi Dengan Harga Miring

 

Jogja memang surga bagi para pecinta kuliner. Selain harganya yang murah – murah, yang unik dari masakan Jogja adalah kebanyakan bercita rasa manis. Beragam makanan bisa anda coba, tentunya dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah angkringan Jogja yang menjual nasi bungkus dan bermacam – macam sate, seperti sate telur puyuh, sate usus, sate cecek dan sate usus. Meski tidak terlalu mengenyangkan, setidaknya lumayan untuk mengganjal perut.

 

Salah satu warung angkringan yang terkenal adalah Angkringan Tugu atau Angkringan Lek Man. Dengan merogoh kocek 10.000 hingga 15.000 saja, anda sudah dapat menikmati kopi joss dan nasi kucing beserta lauknya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *