Mau Liburan ke Maluku? Ayo Semua Mampir ke Festival Teluk Jailolo!

Siapa yang tidak antusias ketika mendengar kata liburan? Momen liburan selalu ditunggu oleh siapa saja, baik dari yang muda hingga tua.

Berlibur di tanah air selalu menarik untuk dibicarakan, mengingat keindahan alam Indonesia yang tidak ada tandingannya.

Tentunya daya tarik Indonesia bukan hanya keindahan alamnya saja, namun juga pada berbagai festival yang diadakan.

Salah satu festival yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Festival Teluk Jailolo. Apakah sudah ada yang pernah tahu tentang festival ini? Nah berikut adalah beberapa fakta mengenai Festival Teluk Jaijolo yang harus kita tahu!

 

Diadakan di Maluku Utara

Siapa sih di antara kita yang sudah pernah berlibur ke Maluku? Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sering menjadi destinasi wisata karena keindahan alamnya.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke provinsi inilah yang membuat pemerintah mengadakan Festival Teluk Jaijolo di sini. Festival ini digadang-gadang meningkatkan jumlah wisatawan di Maluku Utara lho!

 

Melibatkan fotografer internasional

Keseruan Festival Teluk Jaijolo tidak perlu diragukan lagi mengingat banyak fotografer internasional yang meliput jalannya festival ini lho!

Tercatat ada fotografer internasional yang berasal dari 11 negara pada Festival Teluk Jaijolo tahun lalu, tepatnya pada tahun 2019.

Hal ini juga membuktikan jika Festival Teluk Jaijolo tidak hanya dilirik warga Indonesia saja namun juga mendapat perhatian dari kancah internasional. Suatu prestasi yang membanggakan dari Indonesia kan?

 

Merupakan festival tahunan

Pastilah banyak dari kita yang bertanya-tanya kapan Festival Teluk Jaijolo diselenggarakan. Meskipun termasuk salah satu festival yang baru, Festival Teluk Jaijolo ini diselenggarakan dalam kurun waktu yang cukup lama lho yaitu sekitar 5 hari!

Biasanya Festival Teluk Jaijolo diselenggarakan pada awal Mei berlokasi di Kota Jaijolo, tepatnya di kawasan kebun rempah obyek wisata Desa Idamdehe.

Siapa sih yang bisa menolak berkunjung ke festival yang diadakan di alam terbuka khas Maluku Utara yang memang dikenal akan keindahannya?

 

Harga tiket

Mengingat lokasi Maluku yang berada di luar Pulau Jawa, maka bukan rahasia lagi pastinya jika kita perlu menyiapkan dana lebih untuk mengunjungi festival satu ini.

Kita perlu memperhitungkan betul harga tiket bolak-balik dari Maluku ke kota asal kita. Meskipun begitu, harga tiket pesawat yang mahal akan terbayarkan dengan keseruan Festival Teluk Jaijolo.

Festival Teluk Jaijolo hanya diselenggarakan sekali setahun ! Jangan sampai tabungan kita habis hanya karena ingin melihat keseruan Festival Teluk Jaijolo ya!

festival teluk jailolo
festival teluk jailolo

baca juga:

Festival Teluk Jailolo, Bersatunya Keindahan Alam dan Budaya

 

Menampilkan kuliner tradisional khas Maluku Utara

Indonesia bukan hanya dikenal akan keindahan alamnya saja ataupun keragaman budayanya namun juga kelezatan kuliner yang tidak ada duanya.

Salah satu hal spesial yang bisa kita temui di Festival Teluk Jaijolo adalah adanya berbagai makanan khas Maluku Utara, baik yang tradisional dan yang sudah sulit untuk ditemukan sekalipun.

Misalnya saja ada pisang santan, air guraka, ataupun ayam bakar dalam bambu yang unik penyajiannya. Dijamin kita akan kenyang setelah mengunjungi Festival Teluk Jaijolo dan ingin segera mencicipi kuliner khas Maluku Utara lainnya!

 

Banyak agenda kegiatan di festival

Siapa bilang hanya kuliner khas Maluku Utara saja yang bisa ditemukan di Festival Teluk Jaijolo? Masih banyak agenda kegiatan lainnya yang sayang untuk dilewatkan di festival ini.

Misalnya saja ada Ritual Sigofi Ngolo, Pesta Panen Padi Ladang, Orom Sasadu, Spice Trip, Pagelaran Seni Budaya Suku asli Halmahera Barat, berbagai perlombaan.

Jangan sampai melewatkan Sasadu On The Sea yang menjadi daya tarik utama dari festival ini ya!

 

Jumlah wisatawan yang meningkat drastis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu tujuan Festival Teluk Jaijolo diadakan di Maluku Utara adalah untuk mendongkrak jumlah wisatawan di provinsi ini.

Ternyata strategi pemerintah ini berhasil lho! Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menyatakan jika jumlah wisatawan di Maluku Utara yang sebelumnya hanya berjumlah 250,000 orang pada tahun 2018 pun meningkat menjadi 300,000 orang pada tahun 2019.

Angka yang cukup fantatis untuk suatu penyelenggaraan festival budaya bukan?

Nah pastinya semakin penasaran kan tentang keseruan Festival Teluk Jaijolo? Yakin mau melewatkan Festival Teluk Jaijolo tahun ini? Yuk saksikan keseruan Festival Teluk Jaijolo bersama orang tersayang!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.