Mataram yang Menawan, Kota Cantik dan Terbesar se-Pulau Lombok

Kota Mataram merupakan ibukota provinsi dari Nusa Tenggara Barat yang menjadi kota terbesar di Pulau Lombok.

Saat mengunjungi kota ini, Anda dapat merasakan suasana adat Sasak dan adat Bali yang sangat kental di kota ini.

Hal ini dikarenakan masyarakat setempat sangat menghargai budaya yang ada. Sehingga kota ini menyimpan berbagai wisata budaya yang menarik untuk dieksplorasi.

Selain itu, kota ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang tak kalah menarik dan sangat recommended untuk dikunjungi. Yuk, simak ulasannya.

  1.   Pantai Senggigi

Keindahan Pantai Senggigi tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai yang berada di ujung barat pulau Lombok dengan alamat Jalan Raya Senggigi KM 6-10, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ini sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 15.000, Anda dapat bermain di pantai ini sepuasnya. Selama berada di pantai ini, Anda dapat menikmati keindahannya sekaligus melakukan berbagai aktivitas di sini.

Mulai dari menikmati udara segar di pantai dan hamparan laut biru yang menenangkan, sampai melihat aktivitas para nelayan yang sibuk mencari ikan.

Dikarenakan bentuknya yang berupa teluk, para wisatawan dapat berenang, snorkeling hingga bermain kano, kayak dan surfing.

Memancing juga dapat kalian lakukan di sini dan menjadi aktivitas yang tidak kalah seru untuk dicoba.

Saat sore hari tiba, Anda dapat bersantai sembari menunggu sunset yang dihiasi oleh pemandangan Gunung Agung di Bali dari kejauhan.

  1.   Pura Batu Bolong

Masih dengan kawasan yang sama dengan Pantai Senggigi, Anda dapat melihat keunikan sebuah pura yang terletak di pinggir pantai yang tentu akan mengingatkan Anda dengan indahnya Pura Tanah Lot di Bali saat mengunjungi Pura Batu Bolong ini.

Walaupun sekilas mengingatkan akan Pura Tanah Lot, pura yang satu ini berbeda karena terletak di atas karang dengan bagian tengahnya memiliki lubang besar, sehingga disebut batu bolong.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pura Batu Bolong ini adalah saat sore hari ketika matahari tenggelam di ufuk barat.

Hal ini dikarenakan saat sore hari, menyisakan pemandangan pura yang khidmat ditemani deburan ombak dan aroma bunga khas upacara agama Hindu. Untuk mengunjungi pura ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000.

  1.   Taman Mayura

Salah satu tempat yang wajib Anda coba untuk kunjungi adalah komplek Taman Mayura yang berlokasi di Jalan Purbasari, Mayura, Kecamatan Mataram, Kota Mataram.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500, Anda akan secara langsung disambut dengan suasana yang terasa unik karena di Taman Mayura Anda akan merasakan kombinasi suasana alam, religius, serta bersejarah.

Hal ini disebabkan adanya sebuah pura dengan kolam yang sangat cantik di dekatnya. Bila Anda mencari tempat wisata yang memberikan suasana damai, cobalah untuk mengunjungi Taman Mayura yang buka mulai dari jam delapan pagi hingga enam sore ini pada saat sore hari.

baca juga:

Jangan Salah Sebut, Ini Perbedaan Pulau Sumba dan Pulau Sumbawa

 

  1.   Masjid Islamic Centre NTB

Selain identik dengan pantai dan wisata alam yang eksotis, Pulau Lombok juga memiliki sebuah bangunan yang ikonik. Apalagi kalau bukan Islamic Center.

Masjid megah yang berada di Jalan Udayana, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ini memiliki menara yang menjulang tinggi hingga mencapai 114 meter.

Selain sebagai sebuah tempat ibadah, pengembang masjid ini juga menginginkan Islamic Centre NTB menjadi sebuah pusat kegiatan keagamaan, sehingga pusat pendidikan dan kebudayaan pun dibangun di sini.

Tidak hanya itu, daya tarik tempat ini juga ada di kubah masjidnya yang berhiaskan motif batik khas sasambo, motif batik khas dari NTB.

  1.   Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Bila Anda merupakan pecinta sejarah, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Museum ini menyimpan berbagai koleksi peninggalan sejarah masyarakat Nusa Tenggara Barat.

Di museum ini, Anda dapat melihat-lihat koleksi bersejarah. Seperti keramik hingga artefak budaya dengan jumlah koleksi mencapai 7000 buah.

Keunikan dari museum yang terletak di Jalan Panji Tilar Negara No. 6, Taman Sari, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, ini adalah adanya sebuah buaya muara yang diawetkan dan disimpan tepat di depan museum.

Konon, buaya ini sempat menggegerkan karena pernah memangsa warga setempat. Anda dapat mengunjungi museum ini di hari Selasa-Minggu pada pukul 08:00-15:00 WITA cukup dengan tiket masuk sebesar Rp 1.000.

Itulah beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi saat berada di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Bagaimana? Menarik bukan?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.