Masjid Raya Bandung, Wisata Religi Paris Van Java

Lokasi dan Rute Menuju Masjid Raya Bandung

Tak hanya sebagai masjid, Masjid Raya Bandung juga menjadi tempat bersantai warga lokal. Masjid yang memiliki luas bangunan 8.575 m2 ini dapat menampung hingga 14.000 jamaah.Layaknya taman kota, Masjid Raya Bandung memang didesain senyaman mungkin agar mereka yang datang betah. Spot favorit yang menjadi tempat bersantainya warga adalah rumput sintesis hijau dibagian halaman depan masjid.  Rute untuk menuju ke masjid cukup mudah kerena letaknya yang berada di Alun-Alun Bandung atau dekat ruas Jl. Asia – Afrika, yakni termasuk pusat Kota Bandung.

Yang Ditawarkan Oleh Masjid Raya Bandung

Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1810 dan jika dihitung telah mengalami perombakan sebanyak 13 kali sejak abad 19. Perombakan juga dilakukan pada konsep masjid, bila dahulunya bercorak khas Sunda, kini berubah menjadi bercorak Arab. Perombakan terbesar terjadi ketika menjelang Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Perubahan total dilakukan atas rancangan Presiden RI pertama, Soekarno. Renovasi terakhir dilakukan tahun 2001, sekaligus menjadi bagian dari rencana penataan ulang Alun – Alun Bandung. Masjid dan alun – alun seakan menjadi dua elemen yang tak terpisahkan, karena memang letaknya juga berdekatan karena menjadi pusat Kota Bandung.

Dahulunya Masjid Raya Bandung dikenal dengan Masjid Agung Bandung. Masjid ini memiliki dua menara kembar di sisi kira dan kanan setinggi 81 meter yang selalu dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu. Dari atas menara, anda bisa menikmati Kota Bandung dari ketinggian.

Harga tiket masuk

Sebelum masuk, terdapat loket yang berada di dekat lift. Biaya masuk menara saat hari biasa adalah Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa dan 3.000 untuk pengunjung anak – anak. Berbeda lagi ketika libur lebaran,  anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000 dari harga aslinya yakni Rp 7.000 bagi orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sebelum masuk lift, ada papan peringatan yang bertuliskan bahwa pengunjung yang akan menara diminta untuk tidak membawa alas kaki atau tas dan menitipkannya ke tempat penitipan barang. Anda akan dibawa menuju lantai 19 dibawa setara berada di ketinggian 80 meter.

baca juga: Masjid Keramat Pelajau, Tempat Wisata Religi di Hulu Sungai Tengah, Kalsel

Yang membuat masjid ini terkenal adalah rumput sintesisnya yang berada di halaman masjid. Ridwan Kamil selaku walikota Bandung menuturkan bahwa ia memilih rumput sintesis karena mudah dalam perawatan dan tentunya akan lebih awet. Karena lokasinya yang strategis, Masjid Raya Bandung sering menjadi tempat Tabliq Akbar atau kajian-kajian akbar lainnya.  Fasilitas yang disediakan berupa saran ibadah, ruang belajar baca qur’an, poliklinik, tempat parkir, taman, koperasi, aula, kantor seketariat dan perlengkapan pengurusan jenazah.  


Tips Untuk Anda Yang Ingin Berkunjung

Membawa Makanan

Selepas beribadah di masjid, anda bisa menikmati kota yang mendapat julukan Paris van Java ini dengan bersantai di halaman masjid. Sambil bersantai, tak ada salahnya menyantap bekal yang sudah anda bawa dari rumah. Lumayan agar anda bisa berhemat.

Hunting Foto

Terletak di pusat kota, anda bisa menyiapkan kamera untuk memotret hiruk pikuk Kota Bandung. Kota Mode ini selalu memiliki sisi menarik dari segi manapun, termasuk keindahan alam dan tata letak kotanya.

Menjaga ketertiban

Pengunjung yang menyempatkan diri berwisata religi di sekitar masjid atau menara, sebaiknya selalu menjaga kesopanan dan ketertiban. Pengunjung wanita harus memakai busana yang rapi dan sopan. Setidaknya, kenakan busana tertutup dan memakai selendang atau syal untuk menutupi rambut. Sedangkan, busana pria, masih diperkenankan memakai celana panjang atau celana tiga perempat. Namun, tidak boleh memakai celana pendek (boxer).

 

Membawa anak – anak

Mengajak anak – anak untuk melihat di sekeliling area masjid, orang tua perlu menjaga agar anak – anak tidak membuat kegaduhan sehingga bisa mengganggu pengunjung lain. Jangan lengah mengawasi putra – putri Anda karena terdapat banyak kendaraan lalu lalang di sekitar pelataran parkir. Di samping itu, ketika mengajak ke menara, memasuki lift anak – anak juga tidak diperkenankan membuat kegaduhan.

 

Nah, tunggu apalagi, mari nikmati keseruan wisata religi ke Masjid Raya Bandung…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *