Mangrove Wonorejo, Belantara Asri di Kota Metropolitan Surabaya

Surabaya merupakan kota metropolitan kedua yang ada di Indonesia. Anda pasti tahu betapa sibuk dan macetnya kota Surabaya.

Apalagi ditambah suhu udara dan polusi yang sangat tinggi membuat gelar kota metropolitan menjadi lebih terbukti.

Surabaya adalah kota besar dengan gedung-gedung tinggi. Meskipun begitu, ternyata beberapa tahun terakhir ini Pemerintah Kota Surabaya sedang melakukan banyak perubahan akan lingkungan yang ada di kota Surabaya.

Salah satunya adalah membuat Surabaya menjadi lebih asri dan hijau sehingga dapat mengurangi tingkat polusi udara di kota ini.

Hutan Mangrove Wonorejo

queertransgeek

Selain taman kota yang membantu mengurangi tingkat udara kotor di kota ini, ternyata pemerintah sudah membangun sebuah wisata berupa Hutan Mangrove Wonorejo.

Kawasan ini menjadi bukti sendiri bahwa meskipun menjadi kota metropolitan, Surabaya masih peduli lingkungan.

Tujuan dibangunnya Hutan Mangrove ini adalah Pemerintah Surabaya berharap agar hutan ini bisa mengurangi abrasi pada Pantai Timur Surabaya.

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo ini terntunya terletak di Jl. Raya Wonorejo No. 1 Rungkut, Surabaya.

Untuk menuju lokasi ini, Anda cukup membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Bandara International Juanda. Jaraknya hanya sekitar 17.4 km jika melalui Jalan Tol Waru-Juanda.

Saran Pelestarian Alam dan Edukasi

Travellink Indonesia

Selain menjadi kawasan wisata, ternyata Hutan Mangrove ini juga menjadi tempat khusus bagi sarana pendidikan dalam menjaga kelestarian alam.

Mereka melakukan penanaman bibit mangrove. Kawasan ini sudah mencapai wilayah seluas 200 hektar dengan banyak pohon Mangrove yang asri dan rimbun.

Bahkan, di sini juga menjadi tempat tinggal tersendiri bagi 30 spesies hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

Jika Anda beruntung, Anda bisa menjumpai beberapa spesies contohnya kera ekor panjang. Beberapa burung pantai juga kerap menyinggahi kawasan hutan ini.

Spot wisata

vltrends.com

Untuk mengunjungi kawasan Hutan Mangrove, Anda harus melewati beberapa titik dan medan yang sedikit sulit. Titik pertama adalah daerah pintu masuk kawasan Hutan Mangrove.

Di sini ada sebuah pendopo sehingga Anda bisa beristirahat sejenak. Setelah itu, Anda harus berjalan ke area dermaga yang memiliki banyak kapal.

Kapal itulah yang akan Anda tumpangi untuk menuju kawasan Hutan Mangrove. Untuk tips, sebaiknya Anda menyediakan minuman dan beberapa makanan karena di kawasan hutan tidak ada penjual makanan.

Tiket masuk

akurat.co

Untuk tiket masuk ternyata cukup murah, hanya dengan sebesar 25 ribu saja, Anda bisa masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Untuk anak kecil, hanya akan dikenakan biaya sebesar 15 ribu saja. Bahkan, harga ini sudah termasuk biaya tumpangan kapal dan perahu saat Anda menyebrangi sungai.

Kapal yang disiapkan di kawasan ini ada 3 macam. Yaitu Kapal Jaya Samudra dengan kapasitas hingga 60 orang, 40 orang, serta speed boat dengan kapasitas 6 orang namun dikenai tiket sebesar 300.000 sekali jalan.

Anda tidak perlu khawatir saat melewati sungai karena memiliki air yang cukup tenang. Hewan liar serta burung beterbangan juga akan menyambut kedatangan Anda.

Namun, sayangnya Anda bisa saja menemukan sampah yang mengambang di area sungai. Mungkin ini akan menjadi salah satu perhatian pemerintah untuk menjaga sungai agar tidak kotor.

Anda akan melewati sungai selama 15 menit saja. Setelah itu, Anda bisa turun dari perahu dan melewati lintasan dari anyaman bamboo untuk menyusuri kawasan Hutan Mangrove.

Baca juga:

Keindahan Air Terjun Madakaripura yang Tak Terkira, Bikin Mulut Ternganga!

 

Fasilitas pengunjung

Fasilitas yang ada di kawasan ini salah satunya adalah 2 gazebo. Gazebo ini didirikan khusus oleh pihak kepolisian Surabaya dan salah satu perusahaan BUMN Indonesia.

Fasilitas ini dapat Anda manfaatkan untuk beristirahat dan bersantai setelah mengelilingi kawasan hutan. Bahkan, Anda bisa saja melakukan piknik bersama keluarga dan kerabat.

Untuk batasan waktu yang diberikan adalah sekitar 1.5 jam saja. Jadi pastikan Anda mengingat waktu Anda agar Anda tidak tertinggal untuk kembali ke dermaga.

Fasilitas lainnya adalah musholla, toilet, kios-kios pedagang batik mangrove, bahkan restoran juga ada di kawasan ini. Jadi Anda tidak perlu kawatir lagi jika kelaparan setelah mengelilingi kawasan hutan mangrove.

Hutan Mangrove bisa menjadi pilihan Anda untuk dapat menikmati keindahan hutan yang hijau dan asri di tengah hiruk pikuk kota Surabaya. Ajaklah teman dan saudara agar sama-sama mendapatkan sensasi dan pelajaran baru saat berlibur. Selamat traveling ke Surabaya dari Jari Adventure!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.