Mangrove Sei Carang, Pariwisata Memukau Dibalik Rimbun Hutan Bakau

Mangrove Sei Carang  – Dari julukannya, tentu Kalian bisa tebak dong obyek pariwisata apa Mangrove Sei Carang itu. Yap, bener banget obyek pariwisata ini ialah sebuah tempat alami seperti hutan bakau yang sangat ngetop di kota Tanjung Pinang.

Obyek pariwisata yang baru dibuka pada tahun 2010 lalu ini mempunyai 3,000 jenis tumbuhan bakau sehingga amat menarik untuk didatangi. Selain rimbunnya hutan bakau, di sana Kalian juga dapat menemukan monyet-monyet yang mendiami hutan bakau. Kalian akan melihat mereka berlari-lari sembari bergelantungan di antara pepohonan bakau. Di sana, Kalian bisa berjalan-jalan merasakan panorama hutan bakau dengan berada di atas jembatan kayu yang tersedia.

Mangrove Sei Carang

Tanjungpinang memiliki paket wisata alam yaitu wisata alam Mangrove Sei Carang Tanjungpinang. Mangrove adalah tumbuhan liar yang di jaga pelestariannyayang tumbuh di pesisir-pantai. untuk menjaga dari terjangan ombak serta arus tinggi. atau disebut tanaman bakau.

Jalan-jalan menyusuri sungai dengan menikmati tanaman mangrove,  masuk kedalam wisata mangrove yang masih alami, meikmati keindahan alam dengan udara yang segar. disini pengunjung akan di suguhi berbagai hewan- hewan liar seperti monyet, biawak dan burung-burung.

Sungai carang

Merupakan salah satu sungai yang membelah kota tanjung pinang dan terdapat jembatan besar yang menjadi ikon kota tanjung pinang yaitu jembatan sungai carang. selain dengan keindahan tumbuhan mangrove yang indah sungi carang juga sering di gunakan untuk kegiatan lomba dragon boat internasional.

Jika kalian penasaran dengan keindahan alam ini dengan menaiki perahu sampan memasuki lorong hutan yang dikelilingi lebatnya mangrove liar tentu menguji adrenalin kalian karena berbagai binatang / hewan yang ada di hutan ini akan kalian lihat secara kasat mata. asyikan nggak tuh?

Pusat Kerajaan Johor

Kawasan ini dulunya merupakan pusat kerajaan yang secara resmi dipindahkan dari Johor pada masa Sultan Ibrahim Syah pada tahun 1677 sampai tahun 1685, dikenal berbagai kalangan dengan Kota Raja, Kota Lama dan terakhir dikenal dengan Kota Rebah. Menurut Suryatati A Manan yang menjabat Walikota Tanjungpinang ketika itu, hutan bakau di kawasan Kota Rebah ini memiliki keunikan tersendiri.

Dari 12 jenis hutan bakau di kawasan ini, ada jenis bakau yang disebut masyarakat lokal dengan nama Terutum. Jenis bakau ini menjadi tempat berkembangnya habitat kunang-kunang sehingga indah saat dilihat pada malam hari.Tak jauh dari Jembatan Gugus atau lebih dikenal dengan nama ‘jembatan rumah sakit’.

Baca juga: Mengenal Masjid Sultan Suriansyah, Salah Satu Masjid Tertua di Kalimantan Selatan

Rute menuju wisata alam Mangrove Sei Carang Tanjungpinang:
Dari arah RSUP, setelah melewati jembatan, lurus terus sampai ketemu simpang empat, kemudian belok ke kiri. Lurus lagi sampai ketemu masjid As-Syukri. Selanjutnya kita mengikuti jalan paving dari depan masjid. Begitu jalan pavingnya habis kita belok kiri. Lurus sampai ketemu bukit bauksit. Nah dari sini siap-siap belok kanan saat berjumpa belokan ke kanan. Ribet ya? Dikiit lagi sampe kok

Memasuki areal wisata alam Mangrove Sei Carang Tanjungpinang kita akan disambut oleh komplek pemakaman tua. Tapi tak usah takut.

Kesimpulannya, jalan-jalan ke wisata alam Mangrove Sei Carang Tanjungpinang ada tiga kesenangan yang bisa kita dapat:

Melihat-lihat ekosistem hutan bakau. Hutan di atas laut ini bukan sesuatu yang bisa kita saksikan sehari-hari.

Melihat monyet-monyet lucu. Ada banyak sekali monyet di wisata alam Mangrove Sei Carang Tanjungpinang dan relatif tidak takut manusia.

Foto-foto dengan background yang bagus. Rerimbunan pohon bakau, pelantar kayu panjang nan berkelok, dan jembatan gugus yang megah adalah background foto yang sayang untuk dilewatkan.

 

Obyek pariwisata alam ini amat cocok tuk dijadikan ajang refreshing, meningkatkan wawasan serta jadi spot menarik untuk foto-foto alias mengambil moment.ayo kunjungi keindahan alam Tanjung pinang ini.Nggak susah kok nyarinya  wisata alam Mangrove Sei Carang Tanjungpinang ini letaknya berada Di desa senggarang di hulu sungai carang kota tanjung pinang provinsi Kepulaian Riau.

Jika Anda berkesempatan untuk liburan ke kota tanjung pinang, jangan lupa masukkan Mangrove Sei Carang ke dalam bucket list Anda ya..

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.