Mango Sticky Rice, Kuliner yang Patut Dicoba Untuk Liburan Tahun Baru ke Thailand

Musim mangga di Indonesia terjadi antara bulan Agustus hingga November. Maka tak mengherankan jika pada bulan – bulan tersebut kita akan menjumpai banyak pegadang buah mangga di pinggiran jalan.

Mangga sendiri merupakan komoditi buah yang sangat mudah dijumpai di seluruh pelosok tanah air. Tepatnya di kota Probolinggo (Jawa Timur), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Makassar (Sulawesi Selatan), dan Padang (Sumatera Barat).

Buah mangga hasil produksi pertanian dan perkebunan di Indonesia, terkenal sampai ke mancanegara dengan kualitas ekspor yang sangat unggul. Buahnya besar, manis, dagingnya tebal serta biji atau peloknya kecil. Jenis mangga di Indonesia juga cukup banyak dan sepanjang tahun, produksi panen buah mangga senantiasa berlimpah.

Oleh karena itu, banyak pengusaha buah atau pebisnis buah yang kemudian berusaha dan menggandeng sejumlah pihak terkait untuk memberdayakan hasil mangga yang berlimpah agar lebih tepat guna.

Salah satu yang bisa dijumpai untuk kuliner dan makanan sedang hits saat ini adalah mango sticky rice. Memiliki tekstur lembut dan bercita rasa manis, mangga menjadi salah satu buah favorit bagi sebagian orang. Kuliner olahan mangga seakan tak ada habisnya, termasuk mango sticky rice yang sedang digandrungi para pecinta buah yang satu ini.

Apakah Itu Mango Sticky Rice?

Mango sticky rice merupakan makanan asal negeri 1001 pagoda, Thailand, yang biasanya dijadikan sebagai makanan penutup alias dessert. Disajikan berupa buah mangga yang telah dipotong kotak – kotak kecil bersama nasi ketan lalu disiram dengan santan dan terakhir diberi taburan wijen. Rasa mangga yang manis berpadu nasi ketan dan santan yang gurih, menjadi pilihan tepat sajian pencuci mulut anda.

Tempat Yang Tepat Untuk Mencicipi Mango Sticky Rice di Thailand

Mango Tango

Terletak di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Thailand yakni Siam Square, Mango Tango bisa anda nikmati sembari berburu oleh – oleh disana. Namun siap – siap mengantre karena kedai ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Karena letaknya di dalam sebuah mall maka jam bukanya pun menyesuaikan, Mango Tango buka mulai pukul 11.30 hingga 10 malam. Yang unik dari Mango Tango ialah penambahan topping berupa es krim atau pudding dalam menu mango sticky ricenya. Tak hanya mango sticky rice, kedai ini juga menyediakan menu lain diantaranya adalah Mango Aloha, Mango Salsa dan Mango Ska yang dibanderol mulai dari 75 baht hingga 160 baht.

Baca juga:

Boonsap Thai Dessert

Berkunjung ke Thailand, kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi mango sticky rice. Salahsatu kedai bernama Boonsap Thai Dessert yang berlokasi di 1478, Thanon Charoen Krung, Bang Rak, Bangkok, siap menggoyang lidah dengan berbagai menu dessert dan menu yang paling populer disana ialah mango sticky rice. Jika kesulitan menemukan lokasinya, anda bisa bertanya pada warga lokal. Kedai ini juga menyediakan aneka jajanan tradisional Thailand, wah semakin tidak sabar untuk kesana ya!

Harga untuk satu porsi mango sticky rice disana 1.000 THB atau setara Rp 40.000, meski sedikit mahal namun tak perlu khawatir, rasa sebanding dengan harga kok. Rasa ketan yang pulen, mangga yang lembut dan saus santan yang begitu gurih, membuat anda tentunya ketagihan. Boonsap Thai Dessert buka mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore, jangan lupa catat jam bukanya ya agar tidak kehabisan.

Pratunam Sticky Rice

Tepat berada di seberang hotel Berkeley yang ada di Thailand, Pratunam Sticky Rice menjadi rekomendasi selanjutnya untuk anda yang ingin mencicipi mango sticky rice. Jika Boonsap Thai Dessert buka sejak pagi hingga sore, Pratunam Sticky Rice buka mulai sore sampai malam menjelang. Jadi bila anda kehabisan di tempat lain, tempat yang satu ini bisa menjadi penggantinya.

***

Tertarik mencicipi mango sticky rice langsung di negeri asalnya, Thailand? Jangan khawatir. Pasti bisa kok. Apalagi, jika kamu booking tiket dan akomodasi lebih awal sebelum keberangkatan atau hari liburan. Jari Adventure yang bakal membantu menyempurnakan liburanmu tanpa harus repot mengurus sendiri. Kalau ada agen travel wisata yang berpengalaman dan bikin bujet liburan hemat, kenapa harus repot mengurus sendiri? Yuk, liburan ke Thailand dan selamat icip – icip mango sticky rice…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *