Pesona Kawasan Wisata Mandeh di Pesisir Selatan Sumbar

MandehSumatera Barat banyak memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi. Ada jam gadang, Goa Jepang di Bukit Tinggi, Danau Maninjau, Istana Pagaruyung di Batu Sangkar, Danau Singkarak, Pantai Air Manis, Pantai Padang dan masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang belum begitu dikenal. Bila Anda tertarik dengan wisata pantai, Sumatera Barat mempunyai sebuah kawasan wisata yang keindahannya tak kalah dengan Raja Ampat, yakni kawasan Wisata Mandeh.

Kawasan wisata Mandeh memang belum banyak dikenal karena memang tergolong salah satu surga tersembunyi paling populer di Nusantara. Meski begitu, potensi yang dimiliki Mandeh bisa disejajarkan dengan obyek wisata Raja Ampat di Papua hingga banyak yang menyebutnya sebagai Raja Ampatnya Sumatera. Seperti apa potensi yang dimiliki kawasan wisata Mandeh? Yuk, cari tahu di artikel berikut ini!

Lokasi Mandeh

Mandeh adalah kawasan wisata yang berada di Kecamatan Pesisir Selatan, Sumbar, dan berbatasan langsung dengan Kota Padang. Luas kawasan wisata ini sekitar 1800 Ha. Dari Kota Padang, Mandeh berkarak sekitar 56 km dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat dengan mobil selama 70 menit.

Cubadak Paradiso

Di dalam kawasan Mandeh sebenarnya terdapat sebuah pulau besar yang bernama Cubadak yang juga dikenal sebagai salah satu pulau paling senyap di dunia. Pulau ini telah lama dikembangkan oleh investor asal Italia menjadi salah satu destinasi wisata turis international yang dikenal dengan julukan Cubadak Paradiso. Karena keindahan dan pesona alam baharinya yang luar biasa indah, kawasan Mandeh pun mulai dikenal dikancah baik national maupun international.

Kampung Mandeh

Dikenal sebagai kawasan wisata Mandeh sebab di lokasi ini terdapat sebuah kampung yang bernama Mandeh. Kawasan wisata ini merupakan perpaduan antara perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau -pulau kecil yang terletak dibagian tengah Teluk Carocok Tarusan.

Teluk ini tergolong landai dan tidak begitu berombak sebab dilindungi oleh pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya, seperti Pulau Traju, Pulau Sironjong besar dan kecil, Pulau Setan Kecil, dan tentu saja Pulau Cubadak yang sudah kesohor itu. Gugusan pulau-pulau kecil yang ada di Mandeh ini mempunyai kekayaan biota laut yang beragam dan inilah yang membuat kawasan ini dianggap sebagai kembaran Raja Ampat. Karena pantainya yang landai dan tidak berombak serta biota lautnya yang kaya inilah yang membuat kawasan wisata Mandeh ini sangat cocok untuk menyelam dan juga snorkeling.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dekat Tentang Festival Tabuik di Pariaman, Sumatera Barat

Puncak Mandeh

Kawasan Mandeh juga dapat dinikmati dari ketinggian perbukitan yang mengelilinginya. Bila Anda benar-benar menginginkannya, Anda dapat mengunjungi Puncak Mandeh yang memiliki spot view terindah di kawasan ini. Dari sana, Anda dapat menikmati panorama gugusan pulau-pulau kecil yang nampak menawan beserta kegiatan para nelayan di atas kapal-kapal mereka.

Pulau Cubadak

Banyak yang bilang bahwa pesona keindahan Mandeh baru dapat dinikmati bila Anda berada di Pulau Cubadak, yang bisa ditempuh dengan berlayar selama 30 menit dari teluk Carocok Tarusan. Di sini, wisatawan dapat menikmati kemegahan karya seni sang Pencipta ditengah kesunyian dan ketenangan. Pulau yang begitu sunyi dan tenang berpadu dengan keindahan alam dan pesona bahari nya ini tentu saja banyak menarik minat wisatawan dunia.

Bila Anda sudah berada di Mandeh, tak lengkap rasanya bila tak singgah di Pulau ini. Selain pesona bahari yang ditawarkan, Anda juga dapat melakukan berbagai hal menarik di sana, sebut saja menjelajah hutan hujan yang masih alami. Terdapat beragam satwa liar yang akan menemani Anda di sepanjang perjalanan, seperti rusa, monyet, serta aneka jenis burung.

Dengan menginap di Pulau Cubadak ini Anda akan merasakan pengalaman “kembali ke alam.” Cottage dan vila yang berlokasi di bibir pantai dibuat dari bahan anyaman rotan dan kayu dengan dilengkapi atap rumbia memberikan kesan alami yang sangat kental. Sayangnya, pulau ini sulit dimasuki penduduk pribumi karena biaya yang dipatok sangatlah tinggi hingga kebanyakan hanya turis asing saja yang dapat menikmatinya. 

Bila Anda benar-benar tertarik mengunjungi Pulau Cubadak, rencanakan keuangan Anda dengan seksama  sebab semua fasilitas di pulau ini harus dibayar dengan dolar. Selamat menabung dan nikmati sendiri kesenyapan di Mandeh.

Tips wisata ke kawasan wisata Mandeh

Menjelajah pesona keindahan nusantara seperti di Pulau Mandeh seakan tiada pernah jemu. Di setiap sudut pulau Mandeh, memberikan sejuta pengalaman berbeda. Terlebih, sudah tersedia fasilitas akomodasi bagi para pelancong yang sangat indah, yaitu Cubadak Paradiso. Nah, sebelum mengunjungi kawasan wisata Mandeh, jangan lupa untuk menyimak tips-tips berkunjung ke Mandeh berikut ya…

Naik kapal

Mengunjungi pulau Mandeh, para pelancong akan disuguhi panorama laut yang sangat memukau dan bersih. Di kejauhan tampak air laut yang biru berkilau-kilau diterpa sinar matahari. Jangan lupa untuk membawa handuk saat berlayar atau menaiki kapal, karena jika tubuh Anda basah kemudian terkena angin, sangat rentan terkena masuk angin yang bisa mengganggu liburan.

Membawa tas yang tahan air

Selama menjelajah pulau, kita tidak pernah tahu cuaca yang akan datang. Untuk bersiaga dan mewaspadai kondisi, jadilah pelancong yang cerdik dengan membawa tas yang tahan air atau waterproof. Kondisi barang-barnag di dalam tas seperti gadget dan pakaian harus selalu kering. Jika tidak ada tas water proof, Anda juga bisa membungkus barang-barang bawaan dengan plastik zip lock agar tidak terkena air/embun.

Membawa pelindung tubuh

Berjalan-jalan di sekitar pulau Mandeh, tidak akan lengkap tanpa membawa topi, kacamata hitam dan tabir surya. Kenapa begitu? Karena cuaca terik sangat mengganggu kenyamanan. Dengan perlindungan beberapa perlengkapan liburan dijamin akan terasa lebih menyenangkan.

Bawa baju ganti

Saat menuju ke suatu pulau yang mengadakan acara berenang atau snorkeling jangan lupa membawa baju ganti di dalam tas. Jangan buru-buru mandi atau membilas tubuh usai berenang, agar suhu tubuh tidak berubah drastis. Segera keringkan tubuh, pakai baju kering, dan nanti bisa mandi air tawar setelah di hotel/penginapan.

Bergabung dengan agen travel wisata

Berwisata ke Mandeh, disarankan untuk bergabung bersama komunitas atau rombongan. Hal ini lebih mudah dilakukan jika Anda bergabung di agen travel wisata. Dalam satu paket wisata Mandeh, sudah termasuk transportasi boat, makan, persewaan snorkeling dan perjalanan wisata ke pulau-pulau di sekitar Mandeh. Harganya relatif lebih miring, daripada harus membayar sendiri.

Air minum

Bawalah persediaan air minum yang cukup agar tidak kehausan atau kesulitan untuk masalah sanitasi, meskipun tidak dipakai untuk mandi, setidaknya Anda tidak akan sulit mencari air bersih untuk sekadar membasuh muka atau mencuci tangan dari air asin.

Perbekalan makanan

Selain membawa air minum agar tidak dehidrasi, jangan lupa untuk membawa pernekalan seperti camilan atau snack. Misalnya roti tawar, roti sandwich atau camilan ringan lainnya.

Membawa alas

Alas sangat multi guna untuk dipakai di pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Misalnya, sebagai alas duduk, alas berbaring, alas saat makan/piknik, bahkan untuk beribadah sholat bagi para pelancong muslim yang melaksanakan kewajiban solat 5 waktu saat berlibur di pulau-pulau tidak berpenghuni.

Akses transportasi

Jika memiliki moda transportasi umum, hal ini masih sulit dilakukan karena keterbatasan transportasi dan jauhnya medan. Biasanya, para pelancong yang akan ke Mandeh, memilih untuk menyewa mobil dengan tarif harian sekitar Rp 500.000,-. Atau Anda bisa memakai jasa agen travel wisata. Mereka akan memberikan paket harga wisata Mandeh lengkap dengan tranportasi, akomodasi dan makan.

Hati-hati banyak anjing liar

Ketika akan berkeliling di pulau yang sepi atau tidak berpenghuni. Sebaiknya hindari untuk meninggalkan makanan atau minuman di kapal tanpa penyimpanan yang rapi. Di beberapa kasus, seringkali terjadi pencurian makanan para pelancong di kapal oleh hewan-hewan liar seperti anjing liar atau kucing liar. Kotak makan siang yang sejatinya akan dikonsumsi ketika makan siang, bisa disimpan rapat di ruang terkunci sebelum Anda pergi menjelajah ke dalam pulau atau meninggalkan kapal.

Semoga sedikit tips yang kami berikan bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang merencanakan liburan ke Mandeh. Kami siap melayani perjalanan wisata Anda ke Mandeh. (jari adventure-det -image: Suara Pembaruan)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.