Mampir ke Nepalnya Indonesia, Desa Butuh yang Lagi Hits di Dataran Tinggi Magelang

Beberapa dari Anda tentu tidak asing dengan Nepal, sebuah negara yang berada di daratan Asia Selatan. Meskipun hanyalah negara kecil, namun Nepal menyimpan keindahan yang luar biasa.

Seakan tak mau kalah, ada salah satu dusun di Indonesia yang mendapat julukan “Nepalnya Indonesia”. Apalagi kalau bukan Desa Butuh di Kabupaten Magelang.

Dusun Butuh sendiri berlokasi di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Tepatnya berada di kaki Gunung Sumbing dan diklaim menjadi dusun tertinggi di Kabupaten Magelang.

Untuk mengenal Dusun Butuh “Nepalnya Indonesia”, mari kita simak beberapa fakta mengenai Dusun Butuh di bawah ini.

 

1.                  Lokasi Dusun Butuh

Untuk mencapai lokasi dusun ini, Anda perlu menempuh setengah jam perjalanan (sekitar 20 km) dari Kota Magelang dengan sepeda motor.

Bisa juga ditempuh dengan menaiki mobil melalui Bandongan dan jalan raya Kaliangkrik, namun memerlukan waktu lebih yakni sekitar 1 jam.

Tak perlu ambil pusing, Dusun Butuh mudah dicari melalui Google Maps. Sebagian besar masyarakat di sini berprofesi sebagai petani sayuran seperti kentang, wortel, dan yang lainnya.

 

2.                  Nepalnya Indonesia

Berada di paling utara bagian Gunung Sumbing, pemandangan di dusun ini tak perlu diragukan. Tentu ada alasan mengapa dusun ini disebut bak Nepal.

Pada bulan Juni 2019 lalu, ada seorang pendaki senior yang tengah menjelajahi Dusun Butuh, yang tepatnya juga sempat berkunjung ke Nepal.

Ia berceloteh betapa miripnya dusun ini dengan Nepal, bahkan dibuktikannya dengan foto Dusun Butuh yang terlihat seperti Nepal.

Sebelum munculnya julukan Nepalnya Indonesia, dusun ini juga sempat disebut seperti Rio De Janeiro.

Dusun tertinggi di Magelang ini memang cukup jauh dari perkotaan, namun keindahannya tidak dapat ditutupi sehingga banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahannya.

 

3.                  Keindahan Dusun Butuh

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi dengan panorama yang indah serta pepohonan asri yang menyejukkan.

Di sebelah kanan dan kiri jalan, terdapat bentangan ladang pertanian warga yang sangat indah saat tertimpa cahaya matahari sore.

Ketika sudah sampai di lokasi, Anda akan bertemu patung pendaki emas. Patung ini menjadi tanda selamat datang di gerbang masuk Dusun Butuh.

Untuk melihat pemandangan Dusun Butuh bak Nepal, Anda cukup berjalan lurus di jalan yang agak menanjak.

Dari sini akan terlihat Nepalnya Indonesia yang luar biasa. Rumah-rumah terbangun beraturan sesuai dengan kontur kaki Gunung Sumbing yang memikat.

Sebelum rumah dibangun, awalnya lahan tersebut menjadi ladang pertanian warga. Susunan rumah tampak memanjang hingga mencapai lereng paling atas.

 

4.                  Menjadi Spot Instagramable

Ada banyak spot berfoto yang disukai pengunjung. Salah satu spot yang kerap menjadi incaran ialah spot di atas rumah salah satu warga, tepatnya di tikungan sebelum pasar.

Dari sini, pemandangan Dusun Butuh akan terlihat sempurna secara keseluruhan.

Namun, Anda bisa naik lebih tinggi lagi menuju pemukiman warga yang berada di atas untuk pemandangan yang jauh lebih luas.

 

5.                  Tanjakan Ekstrim dan Pemandangan dari Ketinggian

Untuk mencapai puncak, Anda perlu berhati-hati saat melalui tanjakannya. Itu karena tanjakannya cukup ekstrem.

Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki menuju basecamp Gunung Sumbing. Basecamp ini menjadi lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan.

Saat berada di ketinggian, panoramanya terlihat hampir 180 derajat. Keseluruhan dari Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo dapat terlihat dari ketinggian 1.620 mdpl.

Pemandangan pegunungan Menoreh dan Potorono juga dapat terlihat di depan mata. Saat cuaca cerah, akan tampak Candi Borobudur.

 

baca juga:

Makanan Asli Swiss yang Bikin Ngiler, Ada Keju Fondue Tergurih!

 

6.                  Kuliner Khas Dusun Butuh

Selagi menikmati pemandangan, tambahkan kenikmatan dengan mencicipi kuliner khas Dusun Butuh, yakni teh jawa. Teh ini memiliki bau yang harum serta rasa yang nikmat, asli dari Dusun Butuh.

Teh diproses secara manual serta menghasilkan rasa yang enak. Sayangnya, belum ada produk khusus untuk teh jawa ini karena tanamannya kian berkurang.

Jika tanamannya semakin tua, maka terlalu rimbun dan sering mengganggu tanaman lainnya. Meski banyak yang sudah ditebang, teh ini masih ada.

 

7.                  Kesenian dan Budaya Dusun Butuh

Terdapat kurang lebih 5 kesenian yang patut Anda lihat. Mulai dari Dayakan, Kuda Lumping yang kuno dan modern, Kubro Siswo, dan Topeng Ireng.

Tampak pula tradisi islam yang kental dengan masjid besar Baitul Taqwa yang megah. Kabarnya, masjid ini menghabiskan biaya pembangunan hingga 2,5 miliar.

Warga Dusun Butuh terkenal akan keramahannya. Mereka menganggap pengunjung sebagai tamu yang ingin bersilaturahmi.

 

Pengunjung pun bisa leluasa berkunjung. Bagaimana? Kapan Anda akan berkunjung ke Nepalnya Indonesia ini?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.