Malang Flower Carnival, Jadi Event Kota Malang yang Dinantikan

Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang menjadi sorotan karenaa banyaknya destinasi wisata yang cocok untuk tujuan liburan.

Bisa dibilang jika wisatawan di Kota Malang pun selalu bertambah dari waktu ke waktu, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pesona Kota Malang bukan hanya pada keindahan alamnya saja, namun juga pada keragaman budaya. Bahkan banyak festival yang diadakan di Kota Malang dengan tujuan mempromosikan budaya lokal.

Salah satu festival ternama dari Malang adalah Malang Flower Carnival. Memang apa sih keunikan festival ini daripada festival lainnya?

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang Malang Flower Carnival yang menarik untuk diketahui:

 

Sudah diselenggarakan berkali-kali

Pastinya banyak dari kita yang bertanya-tanya sejak kapan event ini diselenggarakan. Malang Flower Carnival ternyata bukan festival yang baru lho!

Festival yang hanya diselenggarakan satu hari ini sudah berlangsung sejak 8 tahun lalu. Tidak heran jika nama event ini tidak hanya menyedot perhatian wisatawan lokal.

Namun juga wisatawan mancanegara.

Untuk Malang Flower Carnival 2019 kemarin sendiri ada 5 negara yang jadi kontestan festival ini, di mana mereka berasal dari Mali, Hungaria, Jerman, Mesir, dan juga Belanda.

 

Masuk ke dalam 100 Calendar of Event

Bukan rahasia lagi pastinya jika festival yang masuk ke 100 Calendar of Event merupakan prestasi yang membanggakan bagi warga setempat.

Selain itu, masuknya Malang Flower Carnival ke 100 Calendar of Event ini juga berarti mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Prestasi yang membanggakan dari warga Malang bukan?

baca juga:

Mengagumi Keunikan Kalimantan di Festival Babukung

 

Tema festival yang selalu berubah

Apa hanya sampai di situ saja keunikan dari Malang Flower Carnival? Tentu saja tidak! Keunikan selanjutnya dari Malang Flower Carnival adalah tema festival yang selalu berubah tiap tahun.

Misalnya saja pada Malang Flower Carnival 2019 kemarin mengangkat tema Padma Nusa, yang berarti mengeksplorasi keindahan bunga teratai Indonesia.

Terbayang kan betapa serunya Malang Flower Carnival dengan tema festival yang selalu berubah?

 

Tiap peserta yang mengenakan kostum daerah

Keunikan berikutnya yang bisa kita temukan selama Malang Flower Carnival berlangsung adalah kostum yang dipakai oleh para peserta.

Yup, tiap peserta event ini wajib menggunakan kostum bertema bunga nusantara. Tema kostumnya pun selalu berubah sesuai dengan tema festival tahun itu.

Bisa dipastikan jika kostum yang dipakai peserta Malang Flower Carnival tahun ini pun tidak ditemukan pada tahun depan. Yakin mau melewatkan Malang Flower Carnival tahun ini?

 

Hanya diselenggarakan sehari

Lalu kapan sebenarnya Malang Flower Carnival diselenggarakan? Perlu diingat jika Malang Flower Carnival diselenggarakan tiap tahun dengan tanggal yang selalu berbeda.

Tenang saja karena Malang Flower Carnival hanya diadakan sehari sehingga kita tidak usah kerepotan mengambil cut kerja.

Selain itu, durasi event ini pun termasuk cukup singkat dan biasanya berlangsung pada sore hari.

 

Unsur penting di balik Malang Flower Carnival

Selain menampilkan keberagaman budaya Malang, ada nilai yang lebih penting lagi di balik diselenggarakannya event ini.

Yup, festival ini memadukan tiga unsur yang tidak akan ditemukan di festival lain yaitu Atraksi, Amenits, dan juga Aksebilitas.

Ketiga nilai inilah yang membuat event ini semakin sukses dari tahun ke tahun dan semakin dikenal oleh masyarakat.

 

Menyedot ribuan pengunjung

Seberapa besar sih sebenarnya animo masyarakat terhadap event ini? Eits jangan main-main untuk hal satu ini mengingat jumlah pengunjung event ini yang tiap tahunnya sudah mencapai ribuan.

Misalnya saja pada Malang Flower Carnival ini sudah berhasil mendatangkan 7,000 pengunjung dengan total pesertanya ada 296 orang.

Sedangkan pada Malang Flower Carnival 2019, jumlah pengunjungnya sudah mencapai angka 10,000 dan pesertanya sendiri sampai 350 orang. Jumlah yang luar biasa untuk suatu festival bukan?

 

Memiliki reputasi yang positif

Tingginya angka pengunjung di Malang Flower Carnival tentunya dibarengi dengan reputasi yang baik.

Hal ini terbukti dari Malang Flower Carnival yang pernah menjuarai kompetisi Best Perform dan Best Custom di Rusia pada tahun 2014 silam.

Pastinya tambah penasaran kan dengan keseruan Malang Flower Carnival setelah mengetahui fakta unik yang disebutkan barusan? Yuk segera rencanakan perjalanan ke Malang dan mampir ke Malang Flower Carnival!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.