Makam Raja Abdul Rahman, peristirahatan terakhir Tuan Muda Riau ke 7

Makam Raja Abdul Rahman  – Raja Abdulrahman adalah Yang Dipertuan Muda VII kerajaan Riau Lingga. Beliaulah  yang membangun mesjid pulau Penyengat, yang terkenal karena bahan pembuatannya dicampur dengan putih telur. Sekaligus menjadi masjid tertua di Kepulauan Riau. Luar biasa!

Pada masa pemerintahannya terjadi pengacauan oleh bajak laut, dan campur tangan pihak Inggris mempersulit kedudukan Raja Abdulrahman. Raja Abdulrahman wafat pada tahun 1843, dengan gelar post humousnya adalah Marhum Kampung Bulang. Makamnya terletak di atas sebuah bukit yang memaparkan pemandangan pada mesjid yang dibangunnya.

Lokasi Makam Raja Abdul Rahman

Makam Yang Dipertuan Muda (Raja) Riau VII Raja Abdul Rahman terletak pada sebuah lereng bukit sekitar 300 meter dari masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat, Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Propinsi Kepulauan Riau. Raja Abdul Rahman adalah Yang Dipertuan Muda Ke-VII yang memerintah pada tahun 1832-1844. Setelah meninggal Yang Dipertuan Muda Riau VII dikenal dengan sebutan Marhum Kampung Bulang. Menurut catatan sejarah Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat dibangun pada masa pemerintahan Yang Dipertuan Muda Riau VII (Raja Abdul Rahman).34

Kompleks makamnya  Raja Abdul Rahman terletak pada sebuah tanah yang berbukit. Di kompleks makam ini terdapat 50 makam lainnya yang terbagi menjadi dua bagian yaitu makam-makam yang terdapat di dalam pagar tembok dan makam-makam yang terdapat di luar tembok.

Bentuk bangunan makam

Makam Raja Abdul Rahman terletak di depan pintu gerbang dan posisinya di tengah arah pandang pintu gerbang. Jirat dan nisannya terbuat dari batu granit. Nisannya ditutupi dengan kain kuning sebagai tanda berkaulnya para peziarah.

Kompleks Makam Raja Abdurrahman terletak di atas bukit, di belakang Masjid Raya Pulau penyengat. Untuk sampai ke lokasi harus naik anak tangga. Kompleks ini dikelilingi oleh tembok yang dihiasi dengan ukiran timbul, terutama di bagian depan tembok.

Pada tiap-tiap sudut temboknya di bagian atasnya terdapat pahatan seperti kendi. Pintu masuk ke dalam kompleks terdapat di tengah. Bagian atasnya membentuk setengah lingkaran, daun pintunya dua buah. Di atas lengkungan terdapat hiasan seperti kelopak/daun dan di atasnya terdapat kendi. Di kiri pintu terdapat sejenis tiang dengan pelipit di bagian atas dan di atas pelipit tersebut diletakkan kendi.

Baca juga: Asri dan Alaminya Obyek Wisata Air Terjun Resun di Lingga, Kep. Riau

Desa Penyengat

Makam Raja Abdurrahman lokasinya terletak di Desa Penyengat, Kecamatan Tanjung Pinang Barat, Kabupaten Kepulauan Riau, Provisnsi Riau. Makan Raja Abdurrahman terdapat di sebelah kanan pintu masuk. Jirat pada makam terdiri atas tiga tingkat, makin ke atas makin kecil. Jirat ini polos dan di atasnya terdapat dua buah nisan berbentuk gada.

Untuk latar belakang sejarahnya sendiri Raja Abdurrahman Yang Dipertuan Muda VII yang dikenal dengan sebutan Marhum Kampung Bulang memerintah pada tahun 1832-1844. Beliau adalah seorang pemrakarsa pembangunan Masjid Raya Pulau Penyengat.

Sedangkan Riwayat Pemugarannya sempat dipugar pada tahun anggaran 1981/1982 – 1985/1985/1986 Makam Raja Abdurrahman dipugar oleh Proyek Pemugaran dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Riau.  

Ayo rame-rame mengeksplore kota Tanjungpinang!

Dari tempat makam Raja Abdul Rahman kita juga dapat melanjutkan destinasi menuju ke tempat- tempat yang pastinya menarik.

Berikut adalah referensi untuk kamu – kamu yang tertarik dengan harta karun wisata pulau penyengat:

Makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji (Gurindam 12), dan makam Engku Putri  0.3 km

Makam Raja Ja’afar dan makam Raja Ali (Marhum Kantor)  0.3 km

Makam Pahlawan Raja Haji Fisabililah  0.5 km

Pemakaman Muslim  5.6 km

TPU Kristen Bt 7  7.7 km

TPU Bt 7  7.8 km

Makam Kristen  26 km

Pemakaman Pengungsi Vietman  31 km

Belian Grave  45 km

Kuburan Nongsa  45 km

Tempat terdekat :

Pelabuhan Pulau Penyengat  0.4 km

Tepi Laut Waterfront City  2.3 km

MALAY CAMPS SENGGARANG  2.5 km

SENGGARANG KOTA ( CHINES OF SENGGARANG)  2.7 km

BOUXITE AREA  3.1 km

Komplek Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, FKIP UMRAH  4 km

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.