Makam Pangeran Agung di Tanah Bumbu

Makam Pangeran Agung – Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan merupakan tanah pusaka yang menjadi tempat peristirahatan teraakhir banyak pejuang dan tokoh ulama Islam dari bumi Banjar.

Sebutlah salah satunya adalah Pangerang Agung atau Adji Pati. Pemimpin asli dari tanah Banjar Kalimantan selatan ini namanya harum dan kerap tercatat di sejumlah referensi atau literature tempo dulu. Buku – buku yang menyebut nama Adji Pati merupakan karangan dari penulis atau sastrawan dari bangsa Belanda.

Literatur yang mencantumkan nama Adji Pati

Buku yang berjudul Kaart van het Eiland Borneo/samengesteld onder leiding van Dr. A.W. Nieuwenhuis. Menggambarkan peta lokasi tanah bumbu serta menuliskan nama pemerintah yang berkuasa, buku ini dipublikasikan dan dicetak pada 1902, di Leiden, Belanda. Dalam buku  yang ditulis oleh E. J. Brill tersebut, nama Adji Pati ditulis sebagai Adji patti dengan dobel huruf T. Meskipun sudah mangkat sejak 1848, tetapi nama Adji Pati seolah tetap dikenang dan hidup hingga beberapa dekade ke depan. Tepatnya di sekitar awal 1900- an.

Lokasi Makam Pangeran Agung

Pangeran Agung sendiri dimakamkan di sebuah desa yang dikenal dengan nama Bangkalaan Melayu. Butuh 25 kilometer perjalanan dari kota Cantung ke sebelah utara. Wilayah makam Pangeran Agung bisa dikatakan masih sulit ditembus kendaraan roda empat. Karena memang karakteristik daerah Kalimantan selatan yang masih dipenuhi belantara rimba dan sungai – sungai besar.

Makam Pangeran Agung berada bersebelahan dengan makam sang istri yang bernama, Ratu Intan 2. Di sekitar kota cantung banyak terdapat makam – makam raja dan bangsawan yang gugur sebagai pejuang melawan penjajah Belanda.

Selain makam Pangeran Agung dan makam Ratu Intan 2, bisa dijumpai pula beberapa makam. Seperti makam Ratu Intan 1 dan makam Raja Aji Jawa.

Semua makam ini sering didatangi peziarah. Terutama pada hari libur atau menjelang bulan Puasa. Uniknya lagi, sebagai makam leluhur yang menjadi cikal bakal keturunan para raja di tanah Bumbu. Makam Raja Aji Jawa dan makam Ratu Intan 1 kerap dikunjungi para peziarah atau wisatawan yang ingin mengambil bibit pohon jati.

Pohon jati dari makam raja Aji Jawa dianggap membawa keberkahan dan sering dijadikan oleh – oleh. Hal ini tentu sangat positif untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga: Yuk, Wisata Sejarah di Kompleks Makam Pangeran Antasari di Banjarmasin!

Bangkalaan Dayak

Dari kota Cantung ke daerah Bangkalaan Melayu, wisatawan yang akan menuju makam Pangeran Agung bisa menyewa mobil pribadi. Tarif bervariasi antara Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu.

Wilayah Bangkalaan melayu berada persis di seberang Bangkalaan Dayak. Mayoritas masyarakat sudah memeluk agama Islam, berkat perjuangan para ulama dan Pangeran Agung beserta istri, Ratu Intan 2 yang menyebarkan agama Islam di tanah bumbu.

Sebagai cagar budaya dan warisan pusaka yang harus dilestarikan. Makam Pangeran Agung beserta makam Ratu Intan 2 mendapat pemugaran dari pemda setempat di kota baru.

Rute lokasi

Tempat peristirahatan terakhir Pangeran Agung atau adji pati sendiri berada di kota Cantung atau Kelumpang Hulu. Butuh waktu sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan untuk menempuh 311 kilometer dari Bandara Samsudin Nur Banjarmasin menuju ke kota Cantung.

Kendaraan yang bisa dipakai menuju lokasi adalah mobil sewaan atau rental travel dengan tarif perjalanan sekitar Rp 250 ribu rupiah.

Kota Cantung pada zaman dahulu bernama Banua Lawas. Lambat laun berkembang menjadi wilayah pemukiman dan desa yang padat penduduk. Bahkan pada sekitar tahun 1982, pemerintah setempat akhirnya membuat jalan raya yang bisa menembus kota Cantung via Jalan Raya Trans Kalimantan Selatan. Padahal, di masa lalu, jalur transportasi di kota Cantung hanya mengandalkan jalur sungai Cantung. Dari jalan raya trans kalsel menuju Cantung atau Banua lawas masih membutuhkan jarak 6 kilometer lagi, untuk menuju kompleks pemakaman raja – raja termasuk Pangeran Agung dan makam Ratu Intan 2.

Nah, mari persiapkan liburan ke Kalimantan selatan bersama agen tour and travel Jari Adventure, yang berlokasi di jalan sarimanah, Bandung. Kami siap melayani 24 jam untuk perjalanan wisata terbaik dan mengesankan bersama rombongan atau keluarga. (image Kerajaan Cantung dan Kerajaan Tanah bumbu)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *