Makam Gusti Buasan di Tabalong, Saksi Perjuangan Leluhur Lawan Penjajahan

Makam Gusti Buasan – Gusti Buasan merupakan salah satu tokoh perjuangan yang melawan bangsa Kolonial di Tabalong.

Pada masa Pemerintahan Hindia-Belanda, Gusti Buasan siap mengangkat senjata untuk menentang penjajah. Perang rakyat Banjar ini kemudian makin berkobar di bawah kepemimpinan pangeran Antasari dan Pangeran Hidayat yang beragama islam.

Lokasi Makam Gusti Buasan

Bertempat di Desa Lampahungin, Kec. Haruai, Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan. Gusti Buasan sendiri wafat pada tahun 1904 karena luka terkena tembakan penjajah Belanda. Dalam perjalanan berjuang melawan Belanda, Gusti Buasan memberikan perlawanan yang cukup sengit dan berhasil membunuh sejumlah tentara Belanda.

Sejarah Singkat Gusti Buasan

Gusti Buasan lahir pada 1849 di Desa Pulau, Kec. Kalua. Berasal dari golongan darah biru atau bangsawan, gelar Gusti juga disematkan pada saudara – saudaranya.

Selama dibesarkan hingga remaja, Gusti Buasan bersembunyi di dalam hutan bersama suku dayak Kinarum dan suku Dayak Upau. Kampung yang ditempati bernama Marindi dengan kepala kampung bernama Gusti Abu Bakar yang berasal dari kalangan ulama.

Setelah beranjak dewasa, Gusti Buasan kemudian menikah dan memulai perjalanan karir sebagai angkatan muda yang berjuang melawan penjajah Belanda.

Karena perlawanan yang getol dan sengit, pada tahun 1904, pihak Belanda melakukan sayembara kepada masyarakat yang dapat menangkap Gusti Buasan dengan imbalan hadiah yang besar.

Salah seorang pengkhianat yang menjadi anak buahnya mengatakan pada Belanda persembunyian Gusti Buasan. Akan tetapi, Gusti Buasan bersama sang istri dan adiknya bisa lolos dari penyergapan dan mengalami luka tembak yang cukup serius. Luka tembak ini pada saat itu sulit diobati dan kian parah, hingga Gusti Buasan menghembuskan napas yang terakhir.

Beliau akhirnya dikubur di Desa Lampahungin, tempat peristirahatan yang terakhir saat ini.

Baca juga: Yuk, Wisata Sejarah di Kompleks Makam Pangeran Antasari di Banjarmasin!

Tips wisata ke Makam Gusti Buasan

  • Sebelum berangkat ke luar daerah, sempatkan untuk mencari informasi pariwisata daerah lokal di website resmi dinas pariwisata setempat ataupun berbagai situs festival dan pagelaran Kalimantan selatan. Selepas mengunjungi makam gusti buasan, Anda juga bisa menyaksikan atraksi wisata menarik lainnya.
  • Berada di luar ruangan selama beberapa waktu, jangan lupa memakai pelindung. Seperti kacamata anti UV, sun block atau tabir surya, topi yang lebar atau topi pet, maupun payung.
  • Bila perlu pesan atau reservasi hotel untuk penginapan. Karena di beberapa daerah lokal yang terpencil, cukup sulit mendapatkan penginapan saat liburan.
  • Cari tiket promo saat low season pengunjung agar biaya dan bujet liburan termasuk tiket pesawat atau hotel bisa lebih hemat.
  • Gunakan losion anti nyamuk atau anti serangga agar liburan di daerah – daerah pelosok atau daerah terasa lebih nyaman.

Rute transportasi dan Cara ke Tanjung Tabalong

  • Dari Banjarmasin, bisa menyewa kendaraan atau naik mobil L300 ke Tanjung. Biaya relatif mahal antara Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.
  • Opsi kedua naik pesawat dari bandara syamsudin nur Banjarmasin ke bandara kecil di Tanjung.
  • Kemudian naik taksi ke kota tanjung. Atau naik ojek menuju ke terminal angkutan umum yang akan melewati tanjung. Tarif ojek sekitar Rp 20 ribu, sedangkan naik L300 sekitar Rp 60 ribu.
  • Selain itu, ada juga penerbangan komersial lokal yang melalui rute Tanjung – Balikpapan dan sebaliknya. Tarif rata – rata Rp 600 ribu sampai Rp 700 ribu.
  • Bagi yang ingin lebih praktis dan cepat, bisa juga menyewa mobil atau naik travel menuju tabalong dengan tarif Rp 300 ribuan.
  • Setelah berada di kota Tabalong, bisa meminta diantar ke makam gusti buasan dengan tarif yang bisa dinegosiasikan.

Nah, sudah tak sabar ingin berkunjung ke tanah pangeran Antasari yang termashyur? Siapkan dulu bekal liburan dengan reservasi kea gen tour and travel jari adventure. Kami siap membantu mengakomodir perjalanan wisata Anda yang berkesan ke Tabalong, Kalimantan Selatan maupun destinasi wisata lainnya di seluruh tanah air.

Hubungi kami segera untuk layanan Tour Organizer | Gathering | Outbound | Tour Packages| Exhibition di alamat Jl. Sarimanah I no. 10, Sarijadi, Bandung, 40151 atau Telp : 022-82001990, HP : 0812-22279979, WA : 0877-78906999. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.