Luar Biasa, Ini 6 Agenda Wisata 2018 Riau Bikin Liburan Paling Mengagumkan Seumur Hidupmu

Potensi wisata di Indonesia tak habis – habisnya untuk ditelusuri. Semakin tahun ada begitu banyak agenda wisata yang dapat dikunjungi. Tak terkecuali, di provinsi Riau.

Kehidupan masyarakat yang arif, wisata bahari dan aneka jenis pertunjukan seni budaya sangat pas untuk mengisi jadwal liburan sepanjang tahun 2018. Nah, bagi kamu yang ingin mencari alternatif wisata rame-rame bersama teman-teman, yuk initip 6 agenda wisata 2018 di Riau sebagai berikut:

Batam International Culture Carnival

industry.co.id

Menjadi seakan – akan pintu masuk dunia luar kawasan Indonesia sisi barat, Batam merupakan kota yang seperti “negara” istimewa. Kota Batam adalah pulau yang terbentuk dari berbagai macam percampuran budaya dan tradisi. Mulai dari suku Melayu, Jawa, Cina hingga budaya dari luar seperti Malaysia dan Singapura.

Kamu bisa mengunjungi pesta budaya yang akan diselenggarakan pada 8 – 9 Desember 2018. Pesta ini diisi dengan berbagai jenis kegiatan dari para seniman dalam negeri dan mancanegara. Termasuk budaya multi suku, konser musik, pameran dan bazar murah, dan pertunjukan seni.

Bintan Triathlon

 

Masih berada di Kep. Riau, pulau Bintan tak kalah eksis dari kota Batam sendiri. Lokasi garis pantai yang indah berada di sisi timur Indonesia sangat memukau, tak kalah dari Karibia atau Maladewa.

Dalam agenda wisata olahraga yang akan digelar pada 19 Agustus 2018 mendatang, peserta dapat mengikuti olahraga renang, sepeda dan lari. Pertandingan triathlon ini memang sudah digelar setiap tahun dan diikuti oleh para atlit dari seluruh dunia. Tujuannya selain meningkatkan kesadaran olahraga juga menambah popularitas wisata pulau Bintan di mata dunia. Bintan Triathlon semakin populer dengan slogan yang didengung – dengungkan yaitu Iron Man 70.3 Bintan.

Festival Pulau Penyengat

wikimedia.org

Belum ke Riau jika kamu belum menjejakkan kaki ke Pulau Penyengat.  Pulau yang mempesona ini merupakan kawasan cagar budaya yang dilindungi dan dilestarikan oleh pemerintah maupun warga lokal.

Terdapat banyak bangunan bersejarah yang dahulu merupakan tempat tinggal dan istana para sultan kerajaan Riau. Mereka memerintah hingga masa kolonial Belanda datang. Pulau Penyengat merupakan pulau yang dipimpin oleh Sultan beragama Islam yang turut menyebarkan agama Islam di sekitar wilayah kep. Riau.

Di balik itu, ada banyak asimilasi atau percampuran antara Arab dan Melayu. Termasuk urusan seni dan budaya. Nah, pada Festival Pulau Penyengat nanti, akan menggelar berbagai pertunjukan seni dan budaya khas Melayu yang bertema kota Tanjung pinang.

Lokasi festival bakal digelar di kota Tannjung pinang sesuai namanya. Acara – acara yang digelar meliputi tari – tarian tradisional melayu, kesenian religi, dan bermacam lomba. Yang mau datang, persiapkan akomodasi dan tiket pesawat pada tanggal 14 sampai 18 Februari 2018.

Festival Bahari Kepri

tstatic.net

Memasuki bulan September, tepatnya pada 15 hingga 23 September 2018, agenda wisata di Kep. Riau akan menggelar Festival Bahari Kepri. Meski namanya Bahari, tetapi rangkaian acara tidak melulu tentang kelautan.

Ada parade pertunjukan musik dan seniman lokal, permainan tradisional, lomba – lomba seni yang diikuti kalangan umum ataupun pelajar, fashion budaya dan sebagainya.

Para peserta festival juga mencakup pulau – pulau yang ada di Kep. Riau yang akan turut memeriahkan acara. Diharapkan dengan adanya berbagai macam pertunjukan seni di Kep. Riau, akan menjadi daya tarik wisata bagi para turis asing yang biasanya berlibur dengan kapal pesiar dan berlabuh di sekitar Kep. Riau.

Tour de Bintan

pikiran-rakyat.com

Setelah beberapa tahun lalu sukses menggelar ajang lomba bergengsi yang sama, kali ini Pulau Bintan akan kembali menggelar Tour de Bintan. Pertandingan bagi para penggowes sepeda ini akan diikuti oleh para atlit dari berbagai macam negara seluruh dunia dengan standar Grand Fondo World Championship UCI.

Kelelahan saat mengayuh sepeda bakal terbayar lunas dengan menikmati pemandangan indah selama rute sepeda ditempuh. Rute sepeda melintasi hutan, pantai, hingga pemukiman warga.

Tak tanggung – tanggung acara yang digadang – gadang bakal diikuti hingga 4 ribu peserta asing ini boleh diikuti oleh warga atau masyarakat umum dengan rute untuk rekreasi. Catat ya, acara event Tour de Bintan tanggal 24 – 25 Maret 2018.

Kenduri Seni Melayu

lampungpro.id

Kenduri adalah kegiatan berkumpul dan makan bersama warga Melayu. Dalam kenduri seni Melayu, selain perjamuan makanan ada juga kegiatan seni musik, sastra dan teater dengan tema Melayu di atas panggung. Acara digelar pada 2 – 4 November 2018.

***

Tak mau ketinggalan agenda wisata Riau 2018, yuk siapkan akomodasi dan tiket liburanmu dengan menghubungi agen travel dan tour Jari Adventure..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *