Liburan Panjang, 6 Kota Menarik dan Hemat Budget untuk Mahasiswa Menjelajah

Semua orang pasti telah mengetahui betapa luasnya negara Indonesia. Indonesia juga terkenal akan keanekaragamannya yang unik di setiap daerahnya.

Ada banyak sekali tempat yang memiliki potensi wisata menarik yang bisa dikunjungi saat lebaran. Mulai dari wisata alamnya, sejarah, hingga pengetahuan seperti museum dan taman bermain.

Namun, masih banyak orang yang memilih berdiam diri di rumah saat liburan dengan alasan kehabisan uang tabungan untuk berlibur.

Apalagi bagi kalangan mahasiswa yang terkenal akan budget hematnya. Jika memang budget Anda pas-pasan, jangan pilih destinasi yang jauh dan membutuhkan banyak biaya. Indonesia itu luas, potensi wisatanya juga sangat menakjubkan.

Daripada menghabiskan waktu liburan di rumah tanpa melakukan apapun, ada baiknya jika Anda beranjak untuk melakukan travelling ke beberapa tempat terdekat. Apa saja destinasi liburan hemat budget mahasiswa yang patut Anda coba? Simak berikut ini.

1.    Surabaya

Mana nih arek arek Suroboyo? Surabaya sendiri adalah kota terbesar kedua setelah Ibukota Jakarta. Pantas saja ada banyak pengunjung yang masuk ke kota ini untuk berlibur.

Apalagi kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini sedang gencar melakukan pembangunan.

Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi di sini, mulai dari pusat perbelanjaan grosir, hingga berbagai lokasi wisata menarik.

Sseperti Suroboyo Carnival & Night Market, Museum Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, Jembatan Suroboyo, hingga Museum Rokok House of Sampoerna.

Spot fotonya juga tak kalah banyak, lho! Cukup untuk menghiasi feeds Instagram Anda.

2.    Yogyakarta

Kota Pelajar, Kota Yogyakarta memang sudah terkenal sebagai tempatnya destinasi liburan yang ramah di kantong. Semua bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, lho!

Mulai dari transportasi, penginapan, makanan, hingga oleh-oleh di setiap wisatanya. Meskipun terkenal dengan harga yang aman di kantong, bukan berarti destinasi di sini kurang diminati, ya!

Anda bisa berkunjung ke Candi Prambanan, Malioboro, Candi Borobudur, Alun-alun, Keraton, hingga beberapa pantainya yang eksotis.

Wisata paling hits di Instagram akhir-akhir ini adalah Wisata Mangunan. Jangan kaget jika Anda bertemu banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri karena Yogyakarta tidak kalah populernya dengan Bali.

3.    Batu – Malang

Jawa Timur juga punya tempat lainnya yang memiliki beragam destinasi wisata, salah satunya adalah Batu, Malang. Wisata alam di Batu bisa dibilang tidak terhitung jumlahnya.

Beberapa diantaranya yang sedang popular adalah Coban Talun dan Coban Rais. Memang ada banyak sekali wisata air terjun yang ada di Batu, namun setiap air terjunnya memiliki spot foto unik yang bisa menjadi latar foto menarik untuk feeds Instagram Anda.

4.    Bali

Tidak heran jika Bali selalu ramai pengunjung setiap harinya. Bahkan banyak sekali turis mancanegara yang datang jauh-jauh untuk mengisi liburan di Bali.

Jangan salah, Bali memang menjadi primadona di mata wisatawan. Namun tidak semua destinasi wisata di Bali yang dibandrol dengan harga selangit. Masih banyak wisata alam yang pas di kantong mahasiswa.

Beberapa di antaranya adalah Pantai Kuta, Dreamland, Lovina, atau Padang-padang. Untuk lebih menghemat biaya liburan, cobalah untuk menjadi traveler backpacker.

Pandai-pandailah dalam memilih penginapan hingga makanan yang murah. Pengalaman berharga juga akan Anda dapatkan.

5.    Bandung

Kota Bandung memiliki udara yang sejuk dan dingin sehingga cocok untuk Anda yang ingin melepas lelah dan penat. Tenang saja, ada banyak destinasi wisata yang ramah di kantong mahasiswa.

Mulai dari Kawah Putih, Gunung Tangkuban Perahu, Gedung Sate, Ranca Upas, hingga Trans Studio.

Jangan lupa untuk mencicipi berbagai jajanan khas Bandung yang juga murah meriah seperti seblak, cimol, dan siomay.

Untuk mendapatkan oleh-oleh namun tetap hemat, pergi saja ke kawasan Dago yang penuh dengan fashion outlet.

baca juga:

Cocok untuk Pasangan Pecinta Alam, Panduan Wisata Romantis ke New Zealand

 

6.    Lombok

Jika Anda sudah bosan dengan destinasi wisata yang ada di Bali, bagaimana jika Anda berkunjung ke pulau seberang yaitu Lombok?

Nusa Tenggara Barat memiliki banyak sekali potensi wisata, salah satunya adalah di Lombok. Lebih baik membawa kendaraan pribadi untuk lebih menghemat biaya.

Untuk penginapan, ada banyak hotel atau guest house yang bisa Anda sewa Bersama teman-teman. Semakin ramai, liburan akan terasa lebih hemat.

Itulah beberapa destinasi liburan yang tidak akan menguras kantong. Selain menyiapkan budget, Anda harus pintar dalam mengelola biaya seminim mungkin.

Banyak-banyaklah mencari informasi mengenai penginapan termurah hingga rumah makan terdekat. Sudah siap berlibur hemat ala budget mahasiswa?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.