Liburan Murah Labuan Bajo, Cuma Budget 2,5 Jutaan

Kalau mendengar Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pasti langsung teringat dengan wisata alam yang luar biasa atau berkunjung untuk melihat komodo.

Labuan Bajo memiliki lanskap alam yang sangat menarik, garis pantai yang indah serta panorama yang indah tiada duanya sehingga tak salah kalau kamu menghabiskan waktu libur untuk berkunjung ke Labuan Bajo.

Salah satu tempat wisata yang nggak boleh kamu lewatkan adalah melihat keajaiban dunia, yaitu hewan Komodo yang berada di hutan lindung Flores.

Komodo menjadi salah satu daya tersendiri ketika berkunjung ke Labuan Bajo, melihat cara mereka hidup, makan, berinteraksi dengan lingkungan, semuanya luar biasa yang sayang untuk dilewatkan ketika berlibur kesini.

Liburan ke Labuan Bajo nggak harus identik dengan kapal pesiar yang mewah seperti artis-artis yang sering muncul di feed mereka, kamu bisa menikmati Labuan Bajo dengan biaya yang tak terlalu menguras kantong dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

 

1.   Menginap di hostel atau homestay

Ada banyak hostel dan homestay yang ditawarkan untuk menginap di Labuan Bajo mulai harga Rp. 150.000 per malam.

Nah, kalau kamu pergi rame-rame bisa lho melakukan negosiasi harga dengan pemilik akomodasi untuk mendapatkan diskon.

 

2.   Sewa Motor

Transportasi umum seperti trayek, bemo atau bus kota masih belum ada bahkan tidak ada di Labuan Bajo jadi kami sarankan untuk menyewa motor agar kamu bisa berkeliling Labuan Bajo. Tarif sewa motornya pun cukup murah yaitu Rp. 50.000 per hari

 

3.   Makan di warung

Kalau mau makan murah, ya jangan makan di restoran atau tempat yang banyak dikunjungi turis. Makanlah di warung makan yang banyak dijumpai dan dimasak oleh warga lokal langsung.

Cara paling murah untuk menemukan makanan murah dengan pergi ke daerah pasar tradisional dan mencari makanan disana, harga nya pun berkisar Rp. 15.000 – Rp. 35.000 untuk sekali makan.

 

4.   Sewa kapal bemo

Pengeluaran paling tinggi ketika berlibur di Labuan Bajo adalah menyewa kapal karena untuk mengunjungi komodo, snorkeling dan hoping island kamu memerlukan kapal.

Kapal paling murah adala kapal bemo (kapal kayu klotok), untuk mendapatkan harga paling murah adalah dengan datang langsung ke pelabuhan kapal wisata dan melakukan tawar menawar dengan pemilik kapal.

Biasanya tarif sewa per hari sekitar Rp. 2 juta apabila kamu membawa rombongan bisa kamu bagi agar lebih hemat.

 

5.   Living on Board (LoB) di kapal sederhana

Cara paling mudah untuk meringkas tiga pengeluaran diatas adalah dengan LoB, cari harga yang paling murah dengan kisaran Rp. 1.6 juta per orang untuk empat hari tiga malam di perairan TN Komodo.

Tenang, harga ini sudah termasuk makanan selama di kapal, diantara keliling pulau dan tidur di kapal. Namun kamu tidak boleh berharap akan mendapatkan kapal yang bagus seperti artis atau selebgram lain nya dengan harga seperti itu.

Nah berikut destinasi wisata saat di Labuan bajo yang bisa kamu kunjungi saat berada disana.

 

1.   Pulau Padar yang istimewa

Pulau Padar memiliki keindahan yang sungguh mengagumkan tak salah kalau banyak yang bilang bahwa Pulau Padar adalah secuil surga yang terserak di bumi karena memiliki pemandangan yang mengagumkan

 

2.   Wae Rebo, desa diatas awan

Desa ini sangat ikonik serta eksotik, bukan hanya karena lokasi dan bentuk rumah-rumah adat namun semua hal yang terkait dengan desa Wae Rebo memiliki sihir kuat yang tercipta di dalam bumi.

Kunjungan ke desa ini akan mengenalkan kamu kepada budaya dan kisah kehidupan suku Manggarai, nah kalau kamu tertarik tinggal disini kamu bisa menginap lho di salah satu rumah warga lokal.

 

3.   Sawah Sarang Laba-laba di Sawah Lingko

Kamu akan menemukan bentuk sawah seperti sarang laba-laba yang hanya ada di desa Cangar, Kabupaten Manggarai.

Petak sawah yang melingkar ini memang dibuat khusus sebagai pola pengelolaan lahan secara adat. Nah biar pengalaman berlibur kamu ke Flores semakin berkesan, tidak ada salahnya untuk menyewa guide lokal mengapa sawah itu dibentuk sedemikian rupa.

 

baca juga:

Hidangan Denmark Terpopuler Ini Cuma Disajikan Saat Istimewa

 

4.   Menjelajahi alam yang masih alami di Pulau Kelor

Kamu mencari alam yang masih natural dan belum banyak sentuhan peradapan? Berarti kamu harus ke Pulau Kelor, pulau kecil ini memiliki pasir yang putih dan tetumbuhan yang menghijau di bagian tengah.

Serta riak kecil ombak yang tenang. Tujuan wisata yang cocok untuk kamu yang sedang mencari ketenangan.

 

5.   Pantai pink yang cantik

Suka warna merah muda berarti tidak boleh melewatkan destinasi wisata ini saat di Labuan Bajo karena pantai ini dilihat dari manapun, spotnya asyik, keren dan cantik banget dengan perpaduan warna pink.

Di pantai ini kamu bisa hanya sekedar berenang, sunbathing atau snorkeling bisa kamu lakukan dan rasakan kepuasan batik dengan menyaksikan keindahan ciptaan tuhan ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.