Liburan Makin Ekonomis, Ikuti Tips Mudah Berburu Tiket Murah

Berencana liburan dengan transportasi udara atau pesawat? Kalau ya, berarti kamu harus pandai-pandai berburu tiket murah biar tidak mengambil porsi budget liburan kamu.

Apalagi menjelang masa liburan seperti ini, pastinya harga tiket bisa mahal seketika.

Harga tiket memang susah ditebak karena berubah sewaktu-waktu, namun ketidakpastian harga tiket kamu bisa mengikuti beberapa strategi dalam mencari tiket pesawat murah.

Nah berikut ini beberapa tips jitu untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

 

1.   Tentukan waktu keberangkatan

Kalau kamu mengambil cuti panjang, kamu bisa mengambil waktu pada hari rabu untuk keberangkatan karena biasanya harga tiket pesawat melonjak ketika akhir pekan.

Selain itu, kamu juga bisa memilih waktu liburan ketika hari libur nasional. Ambil penerbangan terakhir tengah malam atau penerbangan pertama pada dini hari.

Karena, biasanya banyak orang kurang minat untuk mengambil jam terbang waktu pagi atau malam hari sehingga kamu bisa beruntung mendapatkan tiket pesawat murah yang biasanya dijual pada jam tersebut.

 

2.   Gunakan situs aggregator seperti Skyscanner atau Google Flight

Jaman sekarang internet benar-benar memudahkan wisatawan untuk menemukan tiket pesawat yang lebih murah dibanding dulu.

Apalagi dengan keberadaan situs agregator yang mampu membandingkan harga tiket pesawat ke tujuan dan tanggal yang kamu inginkan.

Ditambah lagi aggregator juga bisa menampilkan kalender harga, dimana setiap kalender akan menampilkan harga-harga tiket pesawat termurah untuk menuju destinasi tujuanmu.

 

3.   Bandingkan tiket direct flight dengan connecting flight

Kamu ingin liburan ke tempat yang cukup jauh, berarti kamu harus membandingkan dengan harga tiket pesawat dengan connecting flights dengan dua maskapai berbeda atau langsung direct flight.

Misalnya, kamu memilih connecting flight dengan tujuan liburan ke Korea Selatan. Kamu perlu membandingkan harga tiket pesawat Jakarta – Seoul secara langsung atau Jakarta-Singapura + Singapura-Seoul dengan dua maskapai berbeda.

Kadang connecting flight bisa menghemat biaya akomodasi tiket pesawat kamu meskipun kamu harus repot transit atau bahkan transit dalam waktu yang lama.

 

4.   Pesan tiket sejak jauh hari atau beli tiket mendadak sebelum pergi

Rencanakan tujuan traveling kamu dari jauh-jauh hari sehingga mungkin kamu bisa membeli tiket pesawat sejak lama.

Misalnya, kamu membeli tiket sejak 6 bulan sebelum keberangkatan atau 1 tahun sebelumnya daripada kamu membeli tiket pesawat hanya beberapa bulan bahkan beberapa minggu sebelum keberangkatan.

Mungkin cara ini memiliki resiko seperti tiba-tiba ada kesibukan yang nggak bisa ditinggalkan.

Sehingga, jadwal keberangkatan jadi tertunda atau malah hangus karena nggak bisa di-refund.

Tapi, kalau kamu yakin bisa cuti atau libur di waktu penerbanganmu, cara ini bisa dicoba untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Atau sebaliknya kamu memesan tiket secara mendadak, karena terkadang ada penumpang yang membatalkan tiketnya 1-2 hari sebelum keberangkatan dan maskapai memutuskan menjual tiket itu kembali dengan harga yang lebih murah.

baca juga:

Tips Hemat Travelling Rame-rame ke Raja Ampat

 

5.   Gunakan kartu kredit

Cobalah menggunakan metode pembayaran kartu kredit untuk mendapatkan tiket murah. Karena fleksibel tak hanya saat memesan tiket pesawat tak terbatas waktu dan tujuan saja

Tapi juga fleksibel dalam urusan metode pembayaran. Selain bisa mendapatkan tiket murah, kamu juga bisa mendapatkan poin yang bisa ditukarkan untuk pemotongan harga tiket pesawat sehingga harga menjadi lebih murah.

 

6.   Terbang dengan maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC)

Ingin hemat maka terbanglah dengan maskapai Low Cost Carrier yang bisa menjadi pilihan kamu. Biasanya mereka rajin memberi kursi promo untuk menjelajah Asia.

Misalnya AirAsia yang sering memberikan kursi promo. Maskapai LCC lainnya antara lain : JetStar, Scoot, Cebu Pacific, Jeju, Malindo Air dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan informasi harga promo, kamu bisa berlangganan newsletter. Dan jangan lupa untuk membandingkan harga tiket pada aplikasi pembanding harga seperti SkyScanner untuk mendapatkan destinasi impian.

 

7.   Cari tiket satu orang

Saat mencari tiket untuk rombongan, usahakan jangan membeli tiket sekaligus melainkan lakukan dalam satu transaksi, karena biasanya maskapai memperlihatkan harga tiket tertinggi untuk satu rombongan.

Misalnya kamu mencari empat kursi, dengan harga kursi A harga Rp. 1 juta, kursi B Rp. 1,5 juta, kursi C Rp. 2 juta dan kursi D Rp. 2,5 juta. Maka, maskapai akan menghitung masing-masing harga kursi dengan kursi yang paling mahal yaitu Rp. 2,5 juta.

Sebaiknya, kamu mencari tiket untuk satu orang lebih dulu setelah checkout selesai, baru pilih kursi lainnya agar bisa duduk bersama-sama dengan rombongan.

 

8.   Aktifkan price alerts

Fitur ini memberikan notifikasi tentang harga dan waktu perjalanan yang paling pas dengan budget yang sesuai. Biasanya beberapa aplikasi pelayanan online memiliki opsi Price Alerts seperti Traveloka dan Skyscanner.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.