Liburan ke Surabaya, Kunjungi 6 Museum Kota Pahlawan yang Edukatif Ini

Dikenal sebagai kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak museum – museum penting yang menyimpan berbagai benda antik dan bersejarah. Jika berkesempatan berkunjung ke kota berlambang hewan ikan hiu dan buaya ini jangan hanya jalan-jalan ke mall, tambah wawasan dan mendalami khazanah budaya di Jawa Timur melalui kunjungan ke museum.

Di Surabaya sendiri ada sekitar 10 museum yang terkenal dengan berbagai benda – benda koleksi yang antik dan menyimpan cerita penuh keunikan. Siap menjelajahi museum dan galeri di kota Pahlawan? Yuk, kita telusuri satu per satu 10 museum di Surabaya yang patut dikunjungi untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang kota Pahlawan:

1. House of Sampoerna

Berdiri dengan bayang – bayang perusahaan rokok ternama di Indonesia. House of Sampoerna merupakan saksi bisu sejarah pemilik perusahaan rokok Sampoerna yang legendaris. Bangunan megah ini bergaya kolonial Belanda yang dimiliki oleh pengusaha bernama Liem Sieng Tee. Dahulunya rumah ini adalah panti asuhan Belanda pada 1858. Namun, pada 1893 dibeli dan menjadi pabrik produksi rokok.

Seiring berjalan waktu, kini rumah yang berada di tengah kota Surabaya ini dibuka untuk umum sebagai galeri dan museum.

Di dalamnya, pengunjung bisa menjumpai beraneka koleksi milik perusahaan Sampoerna seperti peralatan dan mesin tradisional untuk menghasilkan produk rokok. Sedangkan, di lantai kedua, pengunjung juga bisa menyaksikan langsung proses produksi.

Lelah berkeliling, pengunjung dapat beristirahat di sebuah kafe yang menyuguhkan hidangan Jawa dan barat.

Uniknya lagi, House of Sampoerna memiliki sebuah bis pariwisata yang disebut Surabaya Heritage Track. Bis pariwisata ini bersedia memberikan layanan tour keliling kota secara cuma – cuma alias gratis.

2. Museum Sepuluh Nopember

Keunikan sudah tampak saat menjejakkan kaki di luar gedung. Bentuk bangunan ini memang unik. Yaitu terdiri dari 10, 11 dan 1945 yang membentuk setiap formula untuk tinggi, garis, dan ruas gedung. Angka tersebut sengaja dibuat sesuai dengan hari jadi Pahlawan yaitu 10 November 1945. Terdiri dari 2 lantai, di lantai pertama pengunjung bisa menyaksikan patung dan benda koleksi yang menjadi saksi perjuangan. Sementara, di lantai kedua ada berbagai senjata, foto dokumenter, dan benda milik Bung Tomo (pejuang 10 November).

3. Museum W.R. Soepratman

Pengarang lagu Indonesia Raya ini ternyata bertempat tinggal di Surabaya. Pada 1936, Soepratman bersembunyi di rumah ini dari kejaran pihak Belanda. Bahkan, saat wafat, beliau juga dimakamkan tidak jauh dari lokasi. alamatnya berada di Jl. Mangga Nomor 21 Surabaya. Di dalam museum, ada banyak benda koleksi W.R. Soepratman dan replika biola miliknya.

Baca juga:

Seram! 5 Tempat Wisata Unik di Indonesia Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding

 

4. Museum Surabaya (Siola)

Berada di dekat Jl Genteng Kali dan Tunjungan, bangunan Siola sudah ada sejak 1877. Sejarah bangunan ini begitu berliku. Mulai dari dikuasai pengusaha asal Inggris, Jepang, hingga direbut kembali oleh pemerintah Indonesia sebagai museum.

Di dalamnya, dipamerkan benda koleksi yang berhubungan dengan kota Pahlawan. Seperti sejarah Walikota Surabaya dari zaman Belanda hingga kini. Selain itu, juga banyak artefak, dan benda bersejarah milik tokoh penting di Surabaya.

5. Monumen Kapal Selam

Berlokasi di Jl. Pemuda, Monumen Kapal Selam memang sengaja dirancang dari sebuah kapal selam bernama KRI Pasopati buatan Uni Soviet yang dibeli pada 1962. Karena sudah tak lagi digunakan, maka pada 1989. Dibuat museum agar masyarakat tanah air bisa lebih memahami tentang seluk beluk kemaritiman di Indonesia.

Hebatnya lagi, di dalam museum pengunjung akan dipandu untuk tour menjelajahi setiap sudut kabin. Seperti periskop, kompas, torpedo, ruang kendali, ruang kemudi hingga kabin untuk tempat tidur para marinir yang unik.

6. Monumen Jalesveva Jayamahe

Satu lagi, museum yang akan menambah wawasan dan edukasi sang buah hati. Yaitu Museum Jalesveva Jayamahe. Berada di dekat pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, anak – anak tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang kelautan dan armada maritim di Indonesia.

Museum berisi foto – foto dokumentasi, ruang teater, ruang aula serta berbagai benda koleksi TNI Angkatan Laut Indonesia.

***

Bagaimana, sudah punya rencanak dengan buah hati di liburan akhir pekan mendatang? Silakan menikmati petualangan seru di museum untuk menambah edukasi bagi keluarga. Dijamin si kecil akan semakin cerdas dan ceria. Tim agen travel wisata, Jari Adventure mengucapkan selamat berlibur dan bersenang – senang ke museum..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.