Liburan Ke Kalimantan Barat, Kunjungi 9 Tempat Ini

Kalimantan Barat – Siapa bilang Kalimantan Barat tak punya tempat-tempat menarik yang menggoda. Nah, kali ini bagi anda traveler yang menyukai hal-hal baru wajib untuk mengunjungi 9 destinasi wisata yang buat anda jatuh cinta berkali-kali dengan Kalimantan Barat. Penasaran?Yuk simak apa saja 9 destinasi tersebut!

1. Pulau Randayan

 Pulau Randayan merupakan pulau yang terkenal dengan keindahan alam yang mempesona. Memiliki keindahan bahari serta air laut yang berwarna biru. Pulau indah yang masih alami ini terletak di Kabupaten Bengkayang dan dekat dengan Kepulauan Lemukutun

2. Pulau Temajuk

Adalah sepotong surga di Ujung Kalimantan Barat. Pulau satu ini hanya berjarak kurang lebih 4 km dari Telok Melano, Malaysia. Pulau yang lagi-lagi dapat diakses melalui Kota Singkawang ini memiliki pantai-pantai yang masih sangat alami dengan hamparan pasir putih dan susunan batu granit yang terhampar dari hingga Tanjung Datuk (Perbatasan Indonesia dan Malaysia). Di Pulau ini anda dapat menikmati indahnya sunset di Dermaga Panjang bersama pasangan.

3. Pulau Simping

Sama halnya dengan dua pulau indah di atas. Pulau Simping juga memiliki keunikan tersendiri, pasalnya Pulau Simping ini dijuluki pulau terkecil di dunia oleh PBB. Lagi-lagi pulau yang membuat anda jatuh cinta ini terletak kurang lebih 145 km dari kota Singkawang. Selain disebut pulau ini juga disebut sebagi Pulau Kelapa Dua karena terletak di Teluk Mak Jantu di Kawasan Sinka Island Park. Pulau ini pastinya menyuguhkan keindahan dan keunikan tersendiri bagi anda yang berkunjung ke sana.

4. Pulau Datok

Nusa yang satu ini terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Palun, Desa Sutra Kecamatan Sukadana. Datok sangat cocok untuk anda yang ingin mengisi liburan bersama sahabat. Pasalnya pulau ini menawarkan keindahan tersendiri. Anda bisa menikmati hembusan angin laut serta menikmati sunset  di shelter yang tersedia di sekitar pantai.

5. Sinka Island Park

Nah, Sinka Islans Park ini merupakan tempat wisata yang mana terdapat Pulau Simping. Jika anda mengunjungi Sinka Island Park, tentu anda tidak hanya mengunjuungi satu tempat. Di sini and ajuga dapat mengunjungi Sinka Zoo, berkeliling pantai dengan delman atau kuda. Selain itu anda juga bisa mengunjungi Pantai Bajau. Bagaimana? Keren kan?

6. Danau Sebedang

Beralih dari pulau dan pantai. Kalimantan Barat juga menyuguhkan destinasi wisata danau. Nah, jika anda penikmati ketenangan air danau, anda bisa mengajak pasangan anda menikmati indahnya Danau Sebedang di Kabupaten Sambas. Untuk menikmati keindahan danau anda bisa mengelilingi danau dengan perahu atau naik ke bukit-bukit di sekitarnya.

7. Taman Nasional Danau Sentarum

Merupakan danau unik nan cantik yang terdapat di Ujung Kalimantan Barat. Telaga yang sudah masuk daftar Taman Nasional  sejak tahun 1999. Memiliki luas sekitar 132.000 H yang terdiri dari hutan rawa tergenang dan daratan. Wilayah ini akan tergenang air selama 9-10 bulan dalam setahun dan pada musim kemarau sebagian danau menjadi kering. Mulanya, terbentuk pada zaman es juga memiliki kekayaan flora dan fauna. Jika anda suka berpetualang, maka Danau Sentarum tempatnya.

8. Danau Jemelak dan Kebiau

Kedua danau ini berada di Kabupaten Sintang. Bagi anda yang memiliki hobi memancing, bisa menjadikan dua danau ini sebagai destinasi liburan anda. Di kedua danau ini banyak akan Ikan Siluk atau Ikan Arwana, Ikan Belidak dan lain-lain.

9. Danau Biru Singkawang

Selain dua danau di atas, Kalimantan Barat juga menyuguhkan satu lagi danauang indah yakni Dnau Biru di Kota Singkawang. Danau memiliki Danau Biru ini memang memiliki warna air ‘biru’ . Danau yang merupakan hasil dari tempat pembersihan hasil galian tambang emas ini, benar-benar menggugah mata, pasalnya untuk sampai ke tempat ini anda juga bisa menikmati keindahan Gunung pasi.

Nah, bagaimana menarik bukan? Bagaimana? Siap berlibur ke Kalimantan Barat?

Tentu selain destinasi di atas masih banyak destinasi lain yang bisa anda jelajah jika mengunjungi Kalimantan Barat. Selamat Berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *