Liburan di Medan? Pilih Tempat Wisata Ini

Medan sebagai kota terbesar keempat di Indonesia menawarkan banyak hal menarik untuk dinikmati selama liburan . Mulai dari berkunjung ke Istana Sultan Maimun, museum atau bangunan bersejarah hingga melihat kawanan buaya di kawasan Taman Buaya Asam Kumbang. Semua aktifitas yang Anda lakukan di berbagai tempat wisata di Medan ini bakal memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda dan keluarga. Bila Anda termasuk wisatawan dengan tujuan Kota Melayu Deli ini, Anda dapat memilih tempat wisata berikut sebagai tempat liburan beserta keluarga.

Istana Sultan Maimun

Terkenal sebagai salah satu istana terindah dan termegah di Indenesia, tak heran apabila Istana Sultan Maimun  begitu ramai dikunjungi saat liburan . Istana yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso ini merupakan peninggalan Kerajaan Deli. Dibangun oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1888.  Bangunan ini memiliki arsitektur yang unik yang merupakan perpaduan antara unsur kebudayaan Melayu bergaya Islam, Inida, Italia dan Spanyol dan terdiri dari 30 ruangan. 

Istana dengan luas keseluruhan sekitar 2.772 m2 ini terbuka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Setiap harinya dengan tarif masuk per kepala sebesar 5000 rupiah untuk dewasa dan 3000 rupiah untuk anak-anak. Tak jauh dari tempat wisata di Medan ini, Anda bisa menemukan Masjid Al-Maksum atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Taman Buaya Asam Kumbang

Menyaksikan kawanan buaya di Taman Buaya Asam Kumbang juga tak kalah menarik untuk dilakukan saat menikmati liburan  bersama keluarga. Taman buaya yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Medan ini mempunyai koleksi buaya dengan berbagai ukuran dan spesies dengan jumlah sekitar 2000 ekor. Selama berada di taman ini, Anda dapat menyaksikan predator-predator ini beraktifitas seperti makan maupun tidur serta dapat juga mempelajari tentang hewan-hewan ini lebih jauh lagi. Tempat wisata di Medan ini juga menyediakan berbagai souvenir dengan bahan kulit buaya bagi Anda yang tertarik untuk membawakan oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Taman Buaya Asam Kumbang ini buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 5000 rupiah saja.     

Museum dan Bangunan Bersejarah

Ada beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi di Medan. Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara yang terletak di Jalan H.M. Joni No. 15, sekitar 3 km dari kantor Gubernur Sumatera Utara, ini misalnya. Anda juga bisa mampir ke Museum Batak yang berada di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Museum yang didirikan 2005 dan dibangun menyerupai rumah adat Batak dan berbentuk segi empat ini akan mengenalkan Anda dengan adat dan budaya Batak lebih terperinci.

Medan juga memiliki vihara yang sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. Maha Vihara Maitreya namanya. Berdiri sejak 1991, vihara yang berada di dalam kompleks Perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara, ini menjadi salah satu vihara terbesar di Indonesia. Selain menikmati keindahan bangunan vihara, Anda juga dapat melihat ratusan burung yang dipercaya sebagai burung imigran dari Australia dan Eropa yang  ada di taman burung di dalam komplek vihara serta kolam ikan koi yang berada di sisi sebelah kiri vihara. Bagi pengunjung yang membawa serta buah hati, Anda bisa mengajak anak-anak bermain di Taman Avolokitesvara yang menyediakan sarana permainan anak. 

 

Baca Juga : Keindahan di Balik Legenda Danau Toba

 

Danau Toba

Meski lokasinya jauh dari Kota Medan, Danau Toba tetap mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menghabiskan liburan  mereka di sana. Danau terluas di Asia Tenggara sekaligus tebesar kedua di dunia ini memang memiliki panorama alam yang luar biasa indah. Dan beserta pulau Samosir dengan segala eksotikanya. Tak perlu risau dengan akomodasi sebab kawasan wisata Danau Toba dan Pulau Samosir telah didukung dengan fasilitas penginapan lengkap. Mulai homestay/ guest house hingga resort mewah dengan tarif yang selangit. Berlibur ke Medan bila tak mampir ke tempat wisata di Medan yang fenomenal ini bagaikan makan sayur tanpa garam alias hambar.

Kuliner dan Belanja

Berlibur, apalagi saat , kurang lengkap rasanya bila tak berbelanja serta mencicipi kuliner khas daerah. Begitu pula saat di Medan, Anda bisa mendatangi pusat perbelanjaan dan mall yang tersebar di kota ini. Bagi penyuka barang antik, Anda dapat langsung menuju ke Jalan A. Yani yang menyediakan berbagai macam barang antik khas suku Batak, Aceh dan Minang. Anda juga bisa melihat-lihat barang PL atau second seperti baju, jaket, sepatu, tas dan sebagainya di Monginsi di Plaza (Monza). 

Penasaran dengan buah durian yang paling enak di Medan? Anda bisa menemukan penjualnya di Jalan Iskandar Muda, Sunggal, Pinang Baris dan sekitar Pasar Melati. Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas medan seperti pancake durian, bika ambon dan sirup markisa di Jalan Majapahit.  

Dengan referensi lima tempat wisata di Medan ini, Anda diharapkan tak bingung lagi memilih tujuan wisata saat liburan  nanti. Selamat bersenang-senang!   (Jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.