Liburan Bareng Anak, 5 Tempat Wisata Populer di Lamongan Jawa Timur

Liburan singkat di sekitar Jawa Timur, arahkan buckit list menuju ke Kabupaten Lamongan di sisi jalur Pantai Utara Pulau Jawa bagian timur. Di sini banyak terdapat destinasi yang menarik dan menjadi favorit terutama kalangan pelancong keluarga yang membawa anak – anak.

Salah satunya seperti Wisata Bahari Lamongan yang menjadi wisata unggulan di kota Lamongan khususnya dan Jawa Timur umumnya. Nah, kira – kira apa saja tempat wisata populer yang bisa dikunjungi di Lamongan Jawa Timur, berikut ini ulasannya..

1. Wisata Bahari Lamongan

Kalangan wisatawan di Jawa Timur pasti setidaknya pernah mendengar tentang Wisata Bahari Lamongan atau yang dikenal sebagai WeBeEl. Kebanyakan promo WBL ditempelkan di kaca belakang mobil – mobil yang sudah pernah berkunjung ke sana, sehingga membuat antusias para warga masyarakat yang mungkin belum pernah datang. Lokasi WBL berada di Kecamatan Paciran, tepat di sisi jalur Pantuara sekitar Tuban – Surabaya.

Wahana hiburan dan taman bermain ini sangat cocok untuk wisatawan keluarga yang membawa anak – anak. Pasalnya, ada berbagai jenis atraksi wisata seperti water boom, wahana ekstrim, rumah hantu, dan museum serta galeri seni yang mengedukasi. WBL buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

2. Mazola

Di Jawa Timur, Lamongan termasuk wilayah yang terkenal dengan keindahan wisata alam berupa gua. Salah satunya adalah Gua Maharani dan Gua Lamongan yang disingkat dengan Mazola. Selain menjadi tempat rekreasi dan berlibur para warga lokal, Goa Maharani juga kerap menjadi jujukan study tour para pelajar atau instansi pendidikan atau para peneliti. Tempat ini dikonsep dan dikelola dengan baik sebagai tempat wisata, konservasi serta kebun binatang dan gua. Pengunjung bisa membeli tiket terpisah atau tiket terusan ke dua gua tersebut.

Gua Maharani terkenal dengan interior yang sangat indah dan megah. Jadi, tak ada pengunjung yang melewatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang keindahan Gua Maharani. Sementara, masih di dalam kawasan tersebut ada kebun binatang seluas 3 hektar yang menjadi tempat tinggal bagi hewan peliharaan sejumlah 115 spesies. Terdiri dari berbagai jenis binatang asli Indonesia atau diperoleh dari luar negeri. Seperti burung, macan, monyet, dan lain – lain.

3. Gunung Pegat

Satu lagi yang unik dari Lamongan adalah Gunung Pegat. Namun sayangnya, gunung yang didapat dari asal kata bahasa Jawa “pegat” yang berarti cerai ini membuat khawatir para pasangan yang akan berkunjung. Pasalnya, konon dikabarkan apabila ada sepasang kekasih yang berkunjung ke atraksi wisata ini, maka hubungannya akan segera terpisah alias putus.

Entahlah, tidak ada yang tahu kebenaran mitos tersebut. Namun yang pasti, keindahan Gunung Pegat memang tiada duanya. Bebatuan kapur yang menjulang memberikan panorama indah teristimewa untuk menyaksikan pemandangan wilayah Desa Karang Kembang, Kec. Babat, Lamongan. Bonusnya, untuk memasuki area ini dipungut tiket masuk cuma – cuma alias gratis.

4. Gunung Ratu

Jika Anda pernah mendengar tentang tokoh penting kerajaan Majapahit, Gajah Mada, maka Gunung Ratu merupakan tempat tinggal dari sang ibunda Gajah Mada, yaitu Dewi Andung Sari. Gunung Ratu merupakan salah satu tempat yang dipercaya ada hubungannya dengan tempat lahirnya Gajah Mada saat sang ibunda diasingkan ketika tengah hamil tua.

Meski lokasinya cukup terjal dan mendaki, namun para pelancong yang gemar olahraga ekstrim, akan menikmati 3 km jarak tempuh menuju puncak dari pos awal Kantor Koramil Kec. Ngimbang. Selama perjalanan, suguhan panorama hutan yang asri dan udara sejuk tentu akan menjadi hiburan tersendiri.

 

Baca juga:

Dimana Tempat Kuliner Khas Surabaya, Rawon yang Paling Enak & Nikmat?

5. Wisata Pohon Trinil

Inovasi Desa

Bicara tentang Trinil sebenarnya selain di Lamongan juga ada sebuah museum di wilayah Ngawi, Jawa Timur yang juga bernama Trinil. Namun, dua lokasi ini cukup jauh dan berbeda kategori. Bukan sebuah museum fosil, namun Trinil di Lamongan merupakan sebuah pohon yang luar biasa unik dan eksotis.

Dimulai pada sekitar Juli 2017, ada seorang warga yang menemukan secara tidak sengaja akar pohon Trinil. Kemudian, ia menggunakannya sebagai tali pengikat hewan ternaknya. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata belum pernah ada pohon yang bentuknya sedemikian unik.

Mengunjungi wisata pohon Trinil, Anda akan seolah berada di negeri dongeng ala Harry Potter yang pohonnya bisa meliuk – liuk dan saling terkepang satu sama lain.

Setelah banyak warga lokal yang berkunjung, akhirnya wisata pohon ini menjadi viral di media sosial dan diambil alih pengelolaannya oleh Perhutani Lembor sebagai tempat konservasi pohon Dedalu seluas 6,3 hektar. Bila Anda berminat berkunjung datang saja ke Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kec. Brondong, Lamongan.

***

Asyik banget kan, wisata bareng keluarga ke Kabupaten Lamongan? Mulai dari taman hiburan keluarga hingga tempat wisata Instagrammable ala Harry Potter ada di Lamongan. Jadi, kapan Anda ke Lamongan? Agen travel wisata Jari Adventure siap memfasilitasi perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.