Libur Lebaran ke Malaysia yuk, Ada 5 Tempat Wisata di Kota Melaka yang Patut Dikunjungi

Pernah mendengar kota Melaka? Bagi yang pernah berlibur ke Malaysia, pasti sudah tidak asing lagi dengan kota yang satu ini.

Kota Melaka tergolong kawasan bersejarah karena sempat diduduki bangsa Portugis beberawa waktu silam. Yang lebih menarik lagi, kota Melaka juga dibilang hampir mirip dengan Sawahlunto serta Padang Panjang di Indonesia.

Selain menjadi kota dengan penuh sejarah, Melaka juga memiliki berbagai wisata menarik yang patut Anda kunjungi. Oleh karena itu, simak beberapa kawasan wisata popular di Melaka di bawah ini.

1.    Windmill Dutch Square

Dari Namanya saja semua pasti tahu bahwa kawasan ini berkaitan erat dengan Belanda. Ada sebuah gereja dan bagunan Menara jam dengan cat merah di kawasan ini, bahkan ada juga kincir angin kecil di sana.

Windmill Dutch Square merupakan alun-alun yang dikenal oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Oleh karena itu, tempat ini bisa menjadi tujuan pertama ketika berada di Melaka.

Ajak keluarga Anda bersantai sambil menikmati pemandangan kota yang sangat menakjubkan, apalagi ketika menjelang sore dan malam.

Anda bisa menemukan kendaraan seperti becak yang ditarik manual di sini, lho! Coba naiki itu dan rasakan sensasinya. Selain tu, kendaraan ini juga dihias dengan dekorasi yang unik.

Bersantai Bersama keluarga di alun-alun dengan suasana Belanda memang hal yang terbaik. Jangan lupa membawa minuman ketika berkunjung di siang hari yang terik. Alun-alun ini buka 24 jam, jadi Anda bisa kapan saja ke sini.

2.    Melaka Sultanate Palace Museum

Sama halnya dengan Kuching, kota Melaka juga memiliki museum yang tak kalah terkenalnya, yaitu Melaka Sultanate Palace Museum.

Museum ini dibangun di tahun 80-an. Sesuai Namanya, Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai sejarah dari Kesultanan Melaka.

Dari segi bangunan, museum ini terlihat seperti miniature dari istana Kesultanan Melaka. Di dalamnya juga terdapat benda bersejarah seperti senjata, pakaian adat, bahkan ada rupa kamar tidur Sultan di museum ini.

Arsitektur bangunannya juga sangat indah. Tiket masuk menuju museum ini hanyalah sekotar RM 5, yaitu 17 ribu rupiah per orangnya.

3.    Melaka Botanical Garden

Kawasan perkotaan memang sering memberikan dampak buruk untuk tubuh, contohnya adalah Lelah dan penat akan hiruk pikuknya.

Oleh karena itu, wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda untuk rehat dari padatnya kota. Melaka Botanical Garden berada di kawasan Ayer Keroh dengan pemandangan hijau yang sangat cantik.

Apalagi udara di sini juga sejuk karena penuh dengan pepohonan rindahng.

Bahkan, Anda dapat berkunjung ke Museum Kehutanan Melaka di kawasan ini. Ada juga Taman Prasejarah yang berisi patung hewan prasejarah. Ajak anak dan keluarga pula untuk mengunjung Taman Rusa atau Deer Park.

Dengan wisata sebanyak itu, ternyata Melaka Botanical Garden tidak memungut biaya apapun alias bebas tiket masuk. Namun, untuk menyewa sepeda tentu saja ada sedikit biaya tambahan.

4.    Kuil Cheng Hoon Teng

Bagi Anda yang beragama Buddha atau Konghucu, maka jangan lupa untuk berkunjung ke Kuil Cheg Hoon Teng Kuil. Kabarnya, kuil ini telah ada dari abad ke-17, lho!

Arsitektur ala Tiongkoknya masih sangat kentak hingga saat ini, Uniknya lagi, kuil ini mengangkat 3 doktrin yaitu Konghucu, Taoisme, serta Buddhisme. Kuil indah ini wajib banget Anda kunjungi.

baca juga:

Berisi Masakan Gosong, Ada 5 Museum Koleksi Terunik di Muka Bumi

5.    Baba – Nyonya Heritage Museum

Selain Melaka Sultanate Palace Museum, ada lagi museum yang wajib Anda kunjungi.

Baba-Nyonya Heritage Museum akan memberikan banyak informasi tentang sejarah dan asal mula peranakan Tionghoa yang ada di Melaka. Bahkan, museum ini telah dibangun sejak abad ke -17.

Tak hanya mengenai asal usul peranakan Tionghoa di Melaka, museum ini juga berisi barang peninggalan yang unik mulai dari mahjong kayu hingga gramofon jadul.

Awalnya, museum ini merupakan tempat tinggal dan akhirnya disulap menjadi bangunan yang menyimpan banyak sejarah.

Sebagai negara yang sangat dekat dengan Indonesia, Malaysia bisa menjadi pilihan untuk tujuan liburan Anda selanjutnya. Dari ke 5 rekomendasi wisata di Melaka, Malaysia, tempat mana dulu yang ingin Anda kunjungi?

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.