Lembah Tercantik se-Indonesia, Keindahannya Menghipnotis

Banyak yang menyalah artikan keindahan dari wisata lembah yang diklaim kalah dengan pantai atau pegunungan. Namun, nyatanya ada banyak lembah yang memiliki segudang keunikan mulai dari segi keragaman hewan, tumbuhan, serta pemandangan yang sulit Anda temukan di destinasi lainnya.

Beruntung sekali, negara kita Indonesia menyimpan berbagai destinasi alam yang unik dan bisa dijelajahi, termasuk lembah.

Lembah-lembah di Indonesia Sebagian sudah dikembangkan menjadi objek wisata yang keren. Sebagian lagi dibiarkan alami untuk menghormati berbagai suku lokal yang hidup di dalamnya.

Apa saja lembah terindah di Indonesia? Check this out!

 

  1.       Lembah Baliem

Lembah yang satu ini berada di kawasan dataran dengan pegunungan Jayawijaya yang mengelilinginya. Kawasan ini sangat alami dan sejuk sejak ditemukan dulu.

Suku Lokal seperti Suku Dani mendiami kawasan ini sekaligus menjaga Lembah Baliem agar tetap alami. Mereka tidak mengizinkan hal modernisasi masuk ke dalamnya karena dianggap merusak keseluruhan alam.

Uniknya, suku di Lembah ini biasanya akan mengadakan festival besar setiap tahunnya. Biasanya digelar menjelang hari kemerdekaan negara Indonesia. Festival ini digelar selama 2-3 hari dengan menampilkan seni perang antarsuku.

Penampilan perang ini didasari untuk melestarikan tradisi serta mempererat tali persaudaraan para penghuni suku di lembah Baliem.

 

  1.       Lembah Bada

Lokasi lembah yang satu ini memiliki keunikan yang tidak akan Anda temukan di belahan dunia manapun. Lembah yang berada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah ini berbeda dengan lembah lainnya.

Tak hanya menyajikan keindahan alam, lembah ini juga memberikan pemandangan lain berupa patung Megalitikum. Jika dilihat-lihat, patung-patung di lembah ini terlihat mirip sekali dengan pemandangan di Pulau Paskah.

Patung-patung di kawasan ini ternyata berasal dari abad ke-14. Suku lokal yang mendiami kawasan ini dipercaya sebagai pembuat patungnya.

Meski begitu, arti dari patung-patung tersebut masih menjadi misteri. Memasuki lembah ini akan membuat Anda merasakan sensasi baru masuk dalam alam sekaligus melihat mahakarya dari masa lampau.

 

  1.       Lembah Anai

Salah satu lembah yang terkenal di Sumatera Barat ialah Lembah Anai, lembah yang masuk dalam kawasan Kawasan taman Nasional Lembah Anai.

Lembah ini berbeda dengan kedua lembah sebelumnya. Anda dapat menikmati pesona yang berbeda berupa air terjun yang salah satunya memiliki ketinggian mencapai 35 meter. Air terjun ini berada di jalan trans Sumatera yang padat pengemudi.

Tak hanya 3 air terjun, kawasan ini juga terdapat jalur kereta api kuno. Anda bisa mencoba sensasi melewati jembatan pada akhir pekan sambil menikmati pemandangan air terjun yang mengalir deras.

baca juga:

Mall Hingga Pulau Terbengkalai, 5 Destinasi di Kepulauan Riau untuk Liburan Akhir Tahun Seru

 

  1.       Ngarai Sianok

Lembah dengan nama Ngarai Sianok ini merupakan lembah besar di kawasan Sumatra, dengan patahan sedalam 100 meter.

Ngarai Sianok membelah Sumatra sepanjang 14 meter dengan lebar mencapai 200 meter, lho! Ditengah ngarai ada banyak sawah dan sungai dengan aliran yang sangat deras.

Ngarai ini sering dimanfaatkan sebagai objek wisata karena pemandangannya yang memukau. Dulunya, lembah ini disebut sebagai ngarai kerbau pada masa kolonialisasi oleh Belanda.

Tiap hari terdapat setidaknya ratusan kerbau yang dilepas di sawah. Kini, keindahan Ngarai Sianok masih terasa meski sudah terimbas era modernisasi.

 

  1.       Lembah Harau

Lembah yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat ini menyajikan keindahan tiada tara. Tak tanggung-tanggung, lembah ini bahkan disematkan julukan sebagai Lembah Yosemite ala Indonesia.

Anda bisa menemukan banyak hamparan sawah dengan aliran sungai yang menakjubkan. Ada juga air terjun Bunta dengan ketinggian mencapai 100 meter.

Di sini juga menyediakan 200 spot pendakian bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim. Tak perlu khawatir, lembah ini telah dikelola oleh 3 resort besar sehingga eksplorasi Anda dapat lebih aman.

 

Itulah kelima lembah terindah yang wajib Anda kunjungi sebagai alternatif wisata unik di Indonesia. Bagaimana? Tertarik berkunjung?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.