Yuk, Kunjungi Destinasi Wisata di Blitar yang Menawan ini!

Sebagai kabupaten terkecil kedua di Provinsi Jawa Timur, Blitar melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ekonomi daerah agar tidak tertinggal dengan wilayah lain, salah satunya melalui sektor pariwisata. Pingin tahu seperti apa wisata yang ditawarkan Blitar kepada pelancong? Simak ulasan beberapa destinasi wisata di Blitar yang menawan berikut ini:  
  1. Kedung Entong

Tempat wisata Kedung Entong masih sangat sepi karena terbilang masih baru dan belum dikenal wisatawan dari luar Blitar. Lokasi wisata alam ini memang cukup tersembunyi sehingga pas untuk Anda yang ingin bersantai dan rileks. Kedung Entong berada di Desa Pulerejo, Kecamata Bakung, Blitar. Jika ingin berlibur di sana, pilih rute Blitar – Kademangan – Suruhwadang – Maron dan Pulerejo. Setelah sampai di Desa Pulerejo, Anda bisa minta petunjuk pada warga setempat di mana letak Kedung Entong. Jika tak ingin melewatkan keindahan destinasi wisata di Blitar ini, Kedung Entong harus masuk list destinasi wisata Anda.

  1. Curug Badrun

Ada lagi destinasi wisata di Blitar yang patut dieksplor, yaitu Curug Badrun. Berada di sungai perbatasan antara Desa Bululawang dan Desa Tumpakoyot, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, wisata alam ini masih bersih dan alami karena memang belum banyak dikunjungi wisatawan. Meski belum begitu popular, keindahan Curug Badrun tak bisa diabaikan begitu saja. Sekali tiba di sana, Anda pasti ketagihan dan selalu ingin kembali menikmati nuansa alam yang disajikan curug ini. Akses ke tempat ini pun tak begitu sulit karena jalannya kebanyakan sudah beraspal.

  1. Gua Luweng

Blitar sepertinya tak mau berhenti memperkenalkan destinasi wisata baru pada khalayak. Salah satu destinasi wisata di Blitar yang masih prawan adalah Gua Luweng yang berada di Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Kecamatan Kademangan, Blitar ini belakangan telah menjadi buah bibir di media sosial karena keindahannya. Tak butuh waktu lama untuk mencapai gua ini dari kota Blitar, hanya sekitar satu atau dua jam saja. Destinasi wisata di Blitar ini mempunyai daya tarik yang berupa adanya air terjun di dalam gua. Ada setidaknya 10 air terjun dalam gua ini yang menjadi ikon dari Gua Luweng.    

  1. Candi Penataran

Ingin melihat jejak-jejak sejarah masa lampau Kota Blitar, Anda bisa mengunjungi Candi Penataran . Destinasi wisata ini merupakan kompleks candi berlatar belakang Hindu yang sudah ada sejak kerajaan Kediri . Karena letaknya yang berada di lereng barat daya Gunung Kelud, candi, yang dipercaya bernama Candi Palah ini, menawarkan pesona alam tersendiri bagi para pengunjung . Berwisata sejarah tak kalah menariknya dengan wisata alam loh, buktikan saja sendiri…

  1. Pantai Serang

Pantai Serang berada di pesisir Samudra Hindia, atau lebih tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo. Obyek wisata yang satu ini menjadi salah satu andalan Blitar untuk menarik para wisatawan karena pesona sunsetnya yang menawan dan warna pasir pantainya yang putih. Setelah sunset berlalu, Anda bisa sepuasnya bermain air di pantai, mencari obyek foto yang indah atau sekedar berdiam diri di pantai menikmati semilirnya angin. Semuanya bebas Anda lakukan di sini. Tak hanya itu, Pantai Serang juga sering dijadikan tempat berlangsungnya ritual tradisional larung saji yang sayang sekali jika dilewatkan. Butuh sekitar 30 menit untuk mencapai destinasi wisata di Blitar dari pusat kota. Tak begitu jauh bukan, ayo segera berkunjung!

  1. Rambut Monte

Rambut Monte berjarak sekitar 30 km dari kota Blitar, tepatnya berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari. Destinasi wisata di Blitar ini sangat menarik karena memiliki sebuah telaga, candi, dan petilasan serta dikelilingi oleh pemandangan hijau dari perkebunan teh dan ladang persawahan warga sekitar. Anda juga bisa menemukan ikan yang oleh masyarakat sekitar dinamai ikan dewa. Karena keberadaan ikan inilah Anda tidak diperbolehkan berenang di telaga meski airnya sangat jernih menggoda. Sayang sekali, tapi tak ada salahnya mematuhi aturan yang ada bukan? Toh Anda masih bisa tetap menikmati sejuknya desiran angin dan segarnya udara di kawasan ini tanpa harus terjun ke telaga.

Siapa bilang liburan berkesan harus ke luar negeri, di negeri sendiri masih banyak destinasi wisata yang belum kamu eksplor. Jadi, yuk segera eksplor keindahan destinasi wisata di Blitar! (Jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Yuk, Kunjungi Destinasi Wisata di Blitar yang Menawan ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *