Kunjungi 3 Tempat Wisata Ini di Kota Khatulistiwa !

Kota Khatulistiwa – Siapa yang tidak kenal dengan provinsi yang berada pada garis khatulistiwa atau garis Lintang 00 serta dilalui oleh sungai terpanjang di Indonesia yakni Sungai Kapuas ini. Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak keunikan. Selain dua hal di atas provinsi yang beribu kota Pontianak ini memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Anda bisa memulai perjalanan liburan anda dari ibu kota Pontianak yang menawarkan beragam daya tarik wisata. Yuk Simak, apa saja peta destinasi yang bisa anda kunjungi di Kota ini!

Kampung Benting

Kampung Beting merupakan salah satu kampung atau desa yang berada di Kota Pontianak. Menurut sebagian orang Pontianak, jangan mengaku asli orang Pontianak jika belum berkunjung ke Kampung Beting. Nah, jika anda ingin mengunjungi kampung ini anda bisa langsung menuju Kecamatan Pontianak Timur. Karena kampung ini berada di antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Kampung Benting merupakan kampung yang mana rumah-rumah penduduk berdiri di atas sungai dan jembatan kayu sebagai penghubung satu rumah dengan rumah yang lain. Selain itu di kampung ini anda akan melihat aktivitas masyarakat yang begitu banyak menggunakan sampan dan speadboot sebagai sarana menuju kota Pontianak. Anda bisa menikmati keceriaan dan warna-warni lukisan di Kampung Benting yang merupakan salah satu hasil gerakan sosial team destinasi wisata seni dalam kegiatan Beting street art.

Baca juga; Mengenal Masjid Sultan Suriansyah, Salah Satu Masjid Tertua di Kalimantan Selatan

Aloe vera Center

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman lidah buaya atau dalam bahasa ilmiahnya Aloe vera? Tentu tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi. Namun meski tidak asing, tidak salah tentunya jika anda ingin mengajak anak-anak anda untuk bisa menikmati keindahan kebun lidah buaya yang berada di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara. Atau anda bisa memulai perjalanan dari terminal Kapuas dilanjutkan menaiki angkutan umum menuju Siantan Hilir.

Di Aloe vera Center anda bisa melihat tanaman lidah biaya dengan ukuran besar yang memiliki berat kurang lebih 1,2 kg masing-masing pelepah. Selain itu anda juga bisa melihat langsung proses  pengolahan lidah buaya menjadi aneka makanan seperti dodol hingga ice cream. Bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh dari olehan lidah buaya ini, bisa langsung membeli di sini lho.

Tugu Khatulistiwa

Nah, jika anda berkunjung ke Kota ini jangan lupa untuk melihat tugu Khatulistiwa yang berada kurang lebih 3 km dari pusat kota. Jika anda ingin menyaksikan fenomena alam yang mana semua benda yang berada di atas garis ini tidak memiliki bayangan, anda bisa mengunjungi tugu ini pada tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September. Di sini tentu anda tidak hanya datang dan sekedar memandang tugu khatulistiwa. Anda bisa masuk dan belajar banyak hal tentang garis imajinasi bumi di Museum Khatulistiwa.

Tugu yang dibangun dengan 4 pilar ini menawarkan keunikan tersendiri. Karena dibangun menggunakan kayu belian dengan tulisan EVENAAR di antara dua pilarnya. Selain itu anda jika anda ingin membawa buah tangan.  Anda bisa berbelanja souvenir miniatur Khatulistiwa di toko-toko  yang berada di sekitar lokasi.

Demikianlah 3 destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di Pontianak pada tahun 2017 ini. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat dan menjadi guide perjalanan anda dan keluarga. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *