Jangan Ngaku Food Lovers, Kalo Belum Singgahi 5 Kuliner Wajib Dicoba di Malang

Malang adalah salah satu kota di Indonesia yang sering menjadi destinasi wisatawan. Tidak hanya karena wisata alam yang beragam, namun juga ada banyak sekali wisata wahana seru untuk liburan keluarga.

Yang paling penting saat berlibur ke Malang ialah wisata kulinernya. Kuliner khas Malang bisa membuat Anda lebih mengenal budaya Malang akan cita rasanya yang khas.

Mulai dari coffee shop, café, atau restoran yang harus Anda kunjungi. Apa saja rekomendasi kuliner wajib di Malang? Simak pembahasannya berikut ini.

 

  1. Nasi Goreng Resek / Sego Resek Kasin

malangculinary

 

Indonesia terkenal akan kuliner nasi goreng yang beragam. Malang tak mau kalah, Nasi Goreng Resek atau biasa disebut Sego Resek Kasin ini bisa menjadi destinasi wisata kuliner Anda selanjutnya.

Resek berarti sampah. Namun jangan salah, nama ini hanya sebuah penyebutan karena dulunya kuliner ini berjualan di dekat lokasi pembuangan sampah.

Soal rasa? Tidak ada duanya. Umumnya, kuliner ini merupakan nasi goreng khas Jawa dengan tambahan tauge dan mie. Rasanya gurih dengan aroma bawang yang khas. Ada beragam topping yang bisa Anda pilih.

Uniknya, penjual Nasi Goreng Resek bisa membuat nasi goreng untuk 80 porsi dalam sekali masak, lho!

 

  1. Putu Lanang

twimg

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner legendaris ini? Warung dengan spesialisasi putu ini memang sudah berdiri sejak 1935 lalu. Tak hanya putu, ada juga jajanan seperti lupus, klepon, dan cenil yang tak kalah legendarisnya.

Warung putu ini hanya buka 3-4 jam saja mulai dari 5 sore. Hal ini dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang hingga dagangan cepat habis.

Putu bisa dibilang sebagai “side dish”, apalagi didampingi teh atau kopi saat masih hangat.

 

  1. Pos Ketan Legenda

garnesia

Sesuai Namanya, kuliner satu ini juga cukup legendaris di Malang. Warung ini memiliki banyak cabang, apalagi saat Anda mampir ke Kota Batu. Setiap hari, ada banyak pengunjung yang mengantri untuk mencoba kulinernya.

Anda bisa memesan porsi ketan dengan aneka topping, mulai dari Nangka, durian, keju, susu, pisang, bahkan gula merah.

Ciri khasnya terletak pada topping dan cita rasanya yang legit. Yang paling direkomendasikan ialah ketan duren keju vla. Ketan yang manis dipadu dengan manisnya duren dan vla yang lumer di mulut.

Pos Ketan Legenda adalah destinasi wajib saat wisatawan datang ke Kota Malang. Biasanya buka hingga cukup malam. Hidangan yang hangat akan sangat nikmat terutama di Kota Malang yang berhawa dingin.

 

baca juga:

4 Destinasi Wisata Museum di Malang Untuk Liburan Keluarga

 

  1. Toko Oen

Surabaya – Liputan6.com

Rekomendasi yang satu ini adalah tempat makan dessert dengan suguhan vibes Zaman Belanda. Jika Surabaya punya Zhang Randy, Jakarta punya Ragusa, maka Toko Oen adalah versi Malang punya.

Anda dapat mencoba es krim dengan rasa otentiik dari 1930 yang tidak berubah oleh zaman. Gaya restorannya pun tetap dipertahankan, rasanya seperti nongkrong di Zaman Kolonial Belanda di Indonesia.

Akan lebih enak lagi jika berkunjung Bersama teman atau pasangan, sambil ngobrol dan berfoto dengan nuansa yang klasik. Seru abis!

 

  1. Mie Soden

global

Mie Soden tak pernah sepi pengunjung. Jangan heran bila warung ini ramai oleh pengunjung yang rela mengantri hingga 4 jam hanya demi seporsi mie.

Kuliner ini berada dekat dengan Taman Selecta. Meski terlihat biasa saja, warung bamboo ini ternyata sangat ditunggu pembeli yang rela mengantri, lho! Mie nya adalah mie instan kemasan yang dimasak dengan cara unik.

Sang pemilik yakni Pak Syamsudin memberikan beberapa bumbu tambahan sehingga rasa khas muncul. Kata orang Jawa, rasa Mie Soden agak “nyemek-nyemek” alias overcook. Mie nya memang enak, apalagi disantap berdampingan dengan hawa Kota Batu yang dingin.

Kota Malang tidak hanya soal wisata alam, melainkan ada banyak kuliner yang bisa Anda eksplor saat menginjakkan kaki ke Kawasan ini. Kota Malang keren ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.