Mengenal Kuliner Khas Tulungagung, Sudah Pernah Cobain?

Wisata nggak melulu soal tempat rekreasi melainkan juga makanan yang akan dibeli di kota tersebut. Selain dapat mengenal makanan khas daerah dengan wisata kuliner perut pun jadi kenyang.

Nah, mungkin salah satu dari kalian sedang berkunjung ke Tulungagung dan penasaran kuliner apa saja yang bisa disantap saat di Tulungagung ini.

Tulungagung merupakan kabupaten di Jawa Timur, kamu akan melewati kota ini ketika hendak menuju Jawa Tengah.

Dengan berangkat lebih dulu dari Malang atau Blitar menggunakan kereta api ataupun bus. Berikut  makanan khas Tulungagung yang bisa kamu incip :

 

1.   Ayam Lodho Pak Yusuf

Makanan ini merupakan kuliner khas Tulungagung dengan sajian ayam panggang berkuah pedas cocok dipadukan dengan nasi hangat.

Walau banyak restoran di Tulungagung, ayam lodho paling legend adalah ayam lodho pak yusuf yang berlokasi di barat pasar Ngemplak.

Memiliki daging ayam yang empuk dan lembut, ayam lodho Pak Yusuf terkenal dengan bumbu rempah yang nendang.

Ditambah lagi nasi uduk yang gurih menambah cita rasa khas tersendiri dari ayam lodho pak yusuf, bahkan warung ini membuka cabang di Trenggalek.

 

2.   Soto Ayam Condong Raos

Meskipun banyak dijumpai di seluruh Indonesia, namun demikian selalu ada rasa khas dari masing-masing daerah.

Sehingga, tidak ada salahnya untuk mencoba soto ayam ini. Salah satu tempat soto terkenal adalah Soto Ayam Condong Raos yang dinikmati bareng nasi dan kuah soto yang menggiurkan.

Soto Ayam ini memiliki kuah yang bening dengan tambahan telur asin membuat soto ini lebih gurih dan memiliki ciri khas rasa yang berbeda dari soto-soto yang lainnya.

 

3.   Warung Pecel Bu Kitun

Sering lapar saat jam tidur menyerang. Tenang langsung aja cobain Warung Pecel Bu Kitun yang buka pada jam malam.

Meskipun lokasi masih masuk dalam gang dan tidak terletak di pinggir jalan besar, lokasi warung ini tidak jauh dari alun-alun Tulungagung.

Warung pecel Bu Kitun ini buka dari jam 21.00 – 03.00 menyediakan nasi campur dan bubur pecel. Lauk yang disediakan pun bermacam-macam mulai dari tempe & tahu, bakwan jagung, telur puyuh dan masih banyak lainnya.

 

4.   Kepiting sambal ijo

Pecinta kuliner seafood, wajib cobain Kepiting Sambel Ijo ini yang pastinya bikin kamu ketagihan. Kepiting diolah dengan bumbu rahasia sehingga memiliki rasa yang berbeda dengan daerah-daerah lainnya.

Kamu bisa memilih ukuran ditambah lagi kepiting ini dalam keadaan fresh.

 

5.   Tahu Lontong Mbah Ganong

Ingin mencoba makanan yang unik, maka cobalah tahu lontong mbah ganong ini. Memiliki perpaduan tahu serta lontong yang disiram.

Dengan bumbu kacang akan menghasilkan perpaduan rasa manis, gurih dan pedas yang memanjakan lidah. Selain itu harganya pun rama di kantong.

 

Baca juga:

Menjelajah Pulau Buru, Pulau Cantik Sang Sastrawan

 

Karena perut sudah kenyang sekarang giliran untuk menjelajah destinasi wisata yang khas dari Tulungagung ini.

 

1.   Tebing Banyu Melok

Kamu akan menemukan pemandangan hamparan rumput hijau dengan view pantai coro dan pantai dadap yang memiliki keindahan tersendiri ketika berada di tebing ini.

Tebing Banyu Melok ini berada di Popoh, Kecamatan Besuki. Saat di Tebing ini kamu akan mendapatkan gelombang laut yang terhempas pada dinding tebing dan menimbulkan efek pelangi yang cantik.

 

2.   Air Terjun alas kandung

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang bervariasi, dengan air yang jernih dan segar membuat siapa saja jadi tergoda untuk merasakan kesejukan yang ditawarkan.

Terdapat di lokasi Tanen, Kecamatan Rejotangan, kamu sudah bisa merasakan kesejukan dan hunting foto untuk menambah koleksi potret liburan.

 

3.   Pantai Kedung Tumpang

Terdapat tebing batu karang yang unik dan menawan di pantai ini, bahkan tak kalah indah dengan pantai dreamland Bali. Mengapa begitu?

Karena kamu akan menjumpai dinding batu karang yang terkikis oleh ombak sehingga membentuk cerukan alami seperti laguna yang memiliki warna biru jernih.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu harus melewati jalan setapak yang curam. Nah kalau kamu ingin berenang pastikan terlebih dulu ombaknya agar tetap aman saat berenang.

 

4.   Pantai Coro

Pantai ini menawarkan sensasi liburan yang berbeda dan tak terlupakan. Dengan keindahan alam dan pantai yang eksotis, menjadi surga untuk Kabupaten Tulungagung.

Lingkungan ini begitu asri dengan hamparan pasir putih dan gelombang yang cukup besar. Ditemani keindahan khas laut selatan, kamu bisa bersantai sambil menghirup segarnya aroma laut.

 

5.   Pantai Lumbung

Pesona alam yang ditawarkan pantai lumbung ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Di pantai ini kamu akan menemukan watu lumbung yang ikonik.

Lokasinya di pinggiran pantai menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai ini.

Namun sayang kamu tidak dapat berenang di Pantai Lumbung ini karena memiliki ombak yang besar sehingga tidak memungkinkan untuk berenang. Tapi tenang saja kamu tetap bisa kok main air di bibir pantai jika air laut sedang surut.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.