Tarempa, Kota Tua Sambut Turis Dengan Hangat Kopi dan Mie

Tarempa  – Jika anda belum mengunjungi Kota Tua Tarempa itu artinya anda belum mengunjungi Kabupaten Kepulauan Anambas. Pasalnya Kota Tarempa merupakan Ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas [KKA]. Kota ini merupakan kota yang berusia tua dari pulau-pulau lainnya di Siantan. Kota ini bagaikan kota yang hilang karena jarang sekali bahkan baru-baru inilah dijamah pembangunan.

Menelurusi Tarempa

Tarempa merupakan salah satu ibu kota kabupaten yang terletak di sebelah Timur Negara Malaysia. Di daerah ini harga-harga melambung tinggi bahkan dari harga di Singapura. Bahkan yang lebih menariknya masyarakat di Tarempa jauh lebih suka menggunakan transportasi laut dari pada darat, hal ini dikarenakan mata pencaharian masyarakat di sini menjadi nelayan. Nah, jika anda berkunjung ke kota ini jangan heran jika anda lebih sering menempukan produk makanan dari Malaysia. Karena hanya dari Malaysia distribusi makanan lebih cepat. Namun dibalik keadaan itu, Tarempa tetaplah gugusan pulau yang memiliki keindahan tersendiri.

Tarempa sebuah kota yang sudah berumur cukup tua namun nampak seperti muda ini memiliki kisah sejarahnya tersendiri. Kota Tarempa  memang sudah terdengar sejak tahun 60-an, terkenal dengan hasil lautan dan daratan yang banyak menjadikan Tarempa sebuah kota sebagai tujuan mencari penghidupan. Namun sejak terpisah dari Pulau Natuna, kota Tarempa terpilih menjadi Kota Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Anambas [KKA]. Inilah yang membuat Kota Tua Tarempa menjadi terlihat muda kembali karena adanya pembangunan kembali di kota ini.

Sejarah Kota Tua Tarempa

Konon, dahulu kala, Tarempa merupakan pulau tak berpenghuni. Namun setelah datang Pangeran Merte maka terbentuklah Tarempa. Saat memilih tempat sebagai negeri barunya, Pangeran Merte menggunakan cara dari adat-istiadat masyarakat Brunai. Adat isiadat ini cukup unik yakni menggunakan batu yang dirempak. Batu-batu yang dicari dari tempat berbeda sebanyak dua tempurung itu akhirnya dirempak. Hingga salah satunya dari kedua tempurung berisi batu tersebut dapat diterempak [dapat dikunyah]  menjadi kampung pada saat itu. Dan saat ini kampung itu telah menjadi ibu kota Kabupaten Anambas [KKA] serta berubah menjadi Tarempa.

Jika anda ingin mengunjungi Kota Tarempa ini, anda bisa naik Kapal Ferri Blue Sea Jet 1 yang beroperasi dengan rute Batam-Letung-Tarempa. Anda takkan menyesal jika sudah dikarenakan terdapat aliran air dingin dan panasnya ini menjadi surganya ikan. mengunjungi Tarempa, karena di sini anda bisa dengan puas melihat bahkan belajar menangkap ikan di tempat ini. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai perjalanan laut anda, karena di Pelabuhan Tarempa menjadi salah satu pelabuhan yang dapat disinggahi kapal wisata [Yacht] serta menjadi pelabuhan masuk dan keluar untuk kapal wisata asing [Entry and exit point for yacht].

Baca Juga: Serunya Jelajahi Pesona Pulau Bintan

Ada beberapa tempat pariwisata yang bisa anda kunjungi di kota tua ini seperti Pulau Penjalin. Pulau Penjalin memiliki keindahan yang mempesona. Pantai yang berada di Kecamatan Palmatak ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih serta di kelilingi oleh bebatuan. Anda tentu bisa menyelam dan snorkeling di Pantai yang berada di Pulau Penjalin. Tidak hanya itu anda juga bisa menjejalah bukit kecil dengan jalur menantang dan disekitar di kelilingi tumbuhan mangga serta jeruk. Anda hanya perlu melakukan perjalan selama kurang lebih 90 menit dari pusat kota Tarempa.

Selain itu anda tentunya bisa menikmati makanan khas Kota Tua  Tarempa yaitu Mie Tarempa. Kelezatan Mie Terempa ini berbeda dengan mie-mie kebanyakan yakni mie yang berbentuk pipih ini disajikan dengan taburan ikan tongkol, touge serta potongan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng di atasnya dengan rasanya yang pedas. Nah, bagi anda pencita makanan berasa pedas, perlu mencoba Mie Tarempa.

Selain itu tidak hanya Mie Terempa yang unik di sini namun yakni penjualan ikan yang tak perlu ditimbang. Para pedagang hanya mengira-ngira saja beratnya saja dari bentuk badannya.  Hal ini dikarenakan pulau ini memiliki kekayaan laut yang berlimpah. (jari adventure-det)

Nah, bagaimana? Anda tertarik menelusuri lebih dalam tentang Kota Tua Tarempa. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.