Kokoh dan Megah, 8 Kastil Kuno Berusia Ratusan Abad yang Bersejarah

Animasi atau film yang bercerita tentang kerajaan dan sejarah biasanya berlatarkan kastil atau istana. Kastil yang ada dalam animasi tersebut terlihat megah, indah, dan cantik. Sebuah kastil dibangun untuk melindungi raja dan keluarga kerajaan.

Memang, kastil di dalam animasi atau film terlihat megah dan keren. Namun, hal tersebut juga berlaku di dunia nyata, lho!

Dulu, ada banyak istana yang dibangun secara megah untuk membuktikan kekuasaan para raja. Ternyata, beberapa kastil tersebut masih tetap bertahan hingga saat ini.

Kastil yang tersebar di beberapa negara ini masih terlihat megah dengan kecantikan yang tidak hilang. Inilah beberapa kastil bersejarah yang masih berdiri hingga saat ini.

1.  Istana Potala

Kuil yang pertama adalah Istana Potala yang terleta di kawasan Gunung Potala, Tibet. Istana ini dibangun dengan campuran batu serta tembaga pada dasar bangunannya yang tebalnya mencapai 5 meter.

Hal ini juga sekaligus mencegah adanya kerusakan ketika gempa bumi datang. Istana yang dibangun di tahun 1645 ini digunakan sebagai tempat kediaman sekaligus pertahanan Dalai Lama di masa pemerintahannya. Bangunannya tetap berdiri kokoh hingga saat ini dan sudah dijadikan sebagai museum oleh pihak negara.

2.  Mont Saint Michel

Kastil yang satu ini letaknya berada di tengah pulau yang ada di tengah lautan, tepatnya Normandi. Pulau yang sering disebut dengan sebutan Pulau Pasang ini akan terhubung dengan daratan ketika air sedang surut.

Daratannya terhubung dengan jembatan darat. Ketika air sudah pasang, jalur penghubung tersebut ditutup. Sebagai kastil yang masih berdiri megah hingga saat ini, Mont Saint Michel sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

3.  Istana Predjama

Kediaman bangsawan sekaligus Istana Predjama atau Castel Lueghi ini pertama kali dibangun di abad ke -13 secara bertahap. Istana ini dibangun di tebing setingi 123 meter yang ada di Slovenia bagian barat daya.

Uniknya, istana ini dibangun tepat di mulut goa pada tebing tersebut. Anda akan merasa tertantang untuk memasuki gua. Lokasi ini juga sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh.

4.  Kastil Neuschwanstein

Apa Anda ingin berkunjung ke istana seperti yang ada di dalam dongeng anak-anak? Jika iya, maka Anda bisa mewujudkannya dengan berkunjung ke Kastil Neuschwanstein.

Letaknya berada di puncak pegunungan Jerman. Dulunya, kastil ini dibangun oleh Raja Ludwig II, raja dari Bravia. Ia juga menjadi sosok penguasa Jerman yang populer.

Kastil ini sudah dibuka untuk umum sejak 1886 dan menjadi destinasi wajib bagi Anda saat travelling ke Jerman. Bahkan, ada 1,3 juta pengunjung tiap harinya.

5.  Istana Matsumoto

Istana yang satu ini terletak di Kota Matsumoto, Jepang. Bangunan bersejarah ini bahkan telah menjadi sebagai salah satu harta karun nasional Jepang. Keren, bukan?

Pembangunan kastil ini bertujuan sebagai benteng pertahanan disaat perang berlangsung. Istana Matsumoko memiliki 3 buah Menara yang sudah ada sejak tahun 1592. Pastikan Anda berkunjung ke istana ini saat berada di Jepang dengan kereta api dari kota Tokyo.

6.  Kastil Corvin

Mendengar nama Kastil Corvin, mungkin traveller akan langsung merinding. Menjadi kastil yang sedikit horror dan merupakan kastil yang terbesar di Eropa, tepatnya berada di Hunedoara, Romania.

Kastil ini dipercaya sebagai tempat Vlad III asal Wallachia ditahan 7 tahun lamanya. Konon, ia dikenal sebagai Dracula.

Oleh karena itu, Kastil Corvin memiliki bangunan seperti gaya Gothic yang besar dan megah. Dengan atap tinggi, serta Menara dan jendela dengan hiasan ukiran batu membuat bangunan ini terlihat semakin berkesan.

Baca juga:

Suku Alor, Kekayaan Tradisi dan Budaya Nusa Tenggara Timur yang Luhur

 

7.  Kastil Malbork

Bangunan dengan luas sekitar 52 are ini merupakan kastil yang berada di tepi tenggara Sungai Nogat. Uniknya, bangunan ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu bawah, tengah, dan atas.

Bangunan ini pernah rusak karena terbakar di tahun 1959 dan telah direnovasi di tahun 1962. Kini, kastil yang dihuni 3000 orang tentara ini telah menjadi situs warisan dunia pada Desember tahun 1997 oleh UNESCO.

8.  Kastil Sintra

Istana yang satu ini adalah bangunan yang cukup tua di Eropa karena dibangun di abad -15. Terinsipirasi dari Romantisisme Eropa, bangunan berwarna kuning ini dibangun di atas bukit pada kota Sintra.

Anda bisa melihat secara jelas bangunan ini dari ibukota Portugal di hari yang cerah. Ditambah lagi bangunan ini telah diklaim sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

***

Megah dan menakjubkan! Itulah dua kata yang bisa menggambarkan keunikan kastil dan istana warisan masa lalu yang masih berdiri kokoh hingga kini. Pastikan perjalanan Anda ke berbagai tempat wisata di seluruh Indonesia dan mancanegara hanya menggunakan jasa agen wisata terpercaya, Jari Adventure.

Hubungi

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.