Klenteng Tien Hou Kong, Warna – Warni Kekayaan Suku di Tanjung Pinang

Klenteng Tien Hou Kong  – Bangunan bersejarah Klenteng Tien Hou merupakan tempat upacara keagamaan untuk orang-orang Tionghoa. Yang diperkirakan telah dibangun pada tahun 1857 oleh masyarakat Cina dari etnis Hokkien. Sudah beberapa kali diubah oleh masyarakat Tionghoa Tanjungpinang dan pada tahun 1975 klenteng ini dan diresmikan sebagai vihara.

Tak hanya itu, Klenteng Tien Hou Kong dikenal pula dengan nama Vihara Bahtra Sasana, bisa kita lihat dari atas bangunan ini saja terbagi menjadi tiga ruang. Sebagaimana halnya klenteng, Tien Hou Kong didominsi dengan warna yang sangat tidak asing lagi seperti klenteng-klenteng yang kita temui biasanya merah.  Sedangkan dinding, tiang, lantai hingga bagian atapnya didominasi oleh  warna pemberani.

Bagian – bagian Klenteng Tien Hou Kong

atap dari klenteng ini dihiasi oleh 2 buah naga saling berhadapan mengapit mutiara yang berada di dalam bara api.

ruang depan klenteng yaitu ruang pertama dan kedua terdapat beberapa dewa yang biasa dipuja oleh orang-orang Tionghoa antara lain:

  • Dewa Ma Chou (penjaga laut)
  • Tua Pek Kong (pelindung)
  • Cia Lan Pho Sak (agar sukses dalam belajar)
  • Chai Sheng Ya (banyak rejeki)

Sisi belakang bagian ruang klenteng, terdapat beberapa dewa-dewa antara lain :

  • Dewa Thai Soi Kong (untuk buang sial)
  • Kuan Ti Kong (keselamatan)
  • Lau Chau (dewa penyembuh)

Tujuan dibangun Klenteng Tien Hou Kong

Klenteng ini merupakan simbol kekerabatan Cina dan Melayu di Lingga dan for your information aja nih klenteng ini merupakan tempat upacara keagamaan orang-orang Tionghoa yang beragama Kong Fu Chu.

Bicara tentang hubungan kekerabatan warga Thionghua di Bunda Tanah Melayu sudah terjalin begitu lama. Bahkan menurut sumber, keberadaan warga Thionghua sudah ada sejak jaman Kesultanan Lingga masih berdiri lebih dari 200 tahun yang lalu di Daik Lingga.

Persaudaraan antara masyarakat melayu pribumi dan warga Thionghua telah terjalin dengan baik. Pada tahun 2012 silam, pemkab Lingga bersama BPCB Batu Sangkar bahkan menetapkan lima buah rumah ibadah warga Thionghua sebagai bagian dari Benda Cagar Budaya (BCB) Kabupaten Lingga. Kelenteng ini berada di jalan Merdeka, Kelurahan Tanjungpinang Kota, Kec. Tanjungpinang Kota.

Keberagaman Suku Melayu

Klenteng ini juga merupakan warisan budaya kita Indonesia. Maka marilah bersama-sama kita jaga semua aset budaya Negeri kita. Menurut pantauan di lapangan, jelang perayaan Tahun Baru Imlek, warga Thionghua mulai menghias Kelenteng dengan lampion-lampion. Lokasi yang berada di perkampungan tua Kampung Cina Jalan Datok Laksemana tersebut menambah semarak keberagaman suku bangsa di Bunda Tanah Melayu. 

Baca juga: Pulau Anambas Surga Tersembunyi di Bagian Barat Indonesia

Tips wisata ke Klenteng Tien Hou Kong

Tidak hanya memukau dari segi arsitektur, tetapi Klenteng Tien Hou Kong juga menawarkan nuansa wisata religi dari sisi spiritual. Terutama bagi warga masyarakat Tionghoa di kota tanjung pinang dan sekitarnya.

Klenteng Tien Hou Kong merupakan bukti bahwa meskipun bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, etnis dan bahasa, tetapi hal itu merupakan wujud dari kekayaan bangsa Indonesia sendiri.

Di Kab. Lingga tepatnya Kec. Tanjung pinang kota bisa dijumpai beragam suku yang berasal dari berbagai daerah.

Terlebih suku atau etnis Tionghoa. Berasal dari para pedagang atau saudagar yang dahulu berdagang sampai ke tanah Melayu, hingga beradaptasi dengan masyarakat lokal dan memiliki keturunan dari generasi ke generasi.

Etnis Tionghoa di kec. Tanjung pinang kota kebanyakan didominasi oleh warga yang bermta pencaharian sebagai pedagang atau pengusaha.

Nenek moyang mereka dahulu juga datang pertama kali ke tanah Melayu untuk berdagang aneka kebutuhan sehari – hari seperti makanan pokok (sembako), baju atau pakaian, kain sutra, hingga perabot pecah – belah dari keramik Cina.

Sungguh tidak rugi apabila berkunjung ke kec. Tanjung pinang kota kemudian menyempatkan diri untuk menengok khazanah kekayaan dari tanah melayu berupa Klenteng Tien Hou Kong. Nuansa berbeda yang diperoleh selama berwisata ke bangunan peribadatan umat Kong Hu Cu tersebut, pasti akan memberikan petualangan yang berbeda dan unik. Selamat berlibur ke kota tanjung pinang ya…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.